Brilio.net - Sejak lama film selalu dijadikan sebagai salah satu hiburan yang paling diminati banyak orang. Meski pada zaman dahulu film memiliki durasi yang cukup lama dan tanpa suara, namun tetap dinanti bagi para penontonnya. Seiring berjalannya waktu, dunia perfilman semakin berkembang. Berbagai macam genre muncul, di antaranya action, komedi, horor, sci-fi, fantasi, dan masih banyak lagi.

Bahkan di berbagai negara, kini saling berlomba-lomba untuk membuat sebuah karya film terbaik supaya menarik perhatian khalayak dan meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Untuk mencapai hal itu, pihak produser rela mengeluarkan dana besar untuk mencari insan perfilman terbaik, agar filmnya terealisasikan secara maksimal. Seperti yang dilakukan di industri besar seperti Hollywood, Bollywood, hingga Korea Selatan.

Berbagai macam film yang diproduksi Korea Selatan sudah dianggap mampu bersaing dengan negara besar seperti Amerika Serikat. Banyak film produksi Korea Selatan yang mendapatkan rating yang cukup tinggi.

Nah, kali ini brilio.net membahas tentang beberapa film dari Korea Selatan yang bisa membuat kalian mengeluarkan air mata. Buat kalian yang belum pernah nonton dan penasaran dengan ceritanya, 10 film ini bisa jadi referensi nonton kamu lho, dijamin nggak akan bikin kecewa.

1. Miracle in Cell No 7.

film korea sedih Istimewa

foto: imdb.com

Film Miracle in Cell No 7 ini pernah tayang dan populer pada tahun 2013. Salah satu film yang bergenre drama komedi ini ternyata berhasil menghipnotis para penontonnya. Miracle in Cell menceritakan tentang seorang ayah bernama Yong Goo, yang memiliki gangguan mental, dan harus merawat anak perempuannya Ye Seung sendiri tanpa seorang istri. Meski ayahnya memiliki gangguan mental, namun Ye Seung tetap mencintai ayahnya apa adanya.

Hingga suatu saat ia sedang berada di pasar, dan melihat anak kecil yang terpeleset dan pingsan. Niat hati ingin menolong dengan memberi nafas buatan, namun ia dituduh telah melakukan pelecehan seksual terhadap anak tersebut dan harus menerima hukuman mati. Seiring berjalannya waktu anaknya Ye Seung tumbuh dewasa, dan ingin membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah.

2. Hello Ghost.

film korea sedih Istimewa

foto: imdb.com

Hello Ghost merupakan salah satu film bergenre komedi, drama yang pernah populer pada tahun 2010. Di dalam film tersebut mengisahkan tentang seorang pria yang hidup sebatang kara, dan merana, bernama Sang Man. Pria tersebut menjalani hidup tanpa arah dan tujuan yang jelas, bahkan Sang Man tidak memiliki pekerjaan tetap.

Karena putus asa, ia sering melakukan percobaan bunuh diri namun selalu gagal. Hingga suatu saat ia mencoba bunuh diri lagi dengan menelan pil, Sang Man hanya pingsan dan dirawat di rumah sakit.

Setelah sadar ia merasa bahwa dirinya telah di surga, tetapi kenyataannya tidak. Malah semenjak kejadian tersebut, ia bisa melihat beberapa sosok tak kasat mata yang mengganggu. Bukannya menakutkan, tingkah hantu yang sering mengganggu Sang Man bisa membuat penontonya tertawa dan terhibur.

Selama kalian menonton film tersebut, pasti bertanya-tanya kan siapa sih sebenarnya hantu tersebut? Kalau masih penasaran dengan film tersebut langsung saja tonton, dan pasti kalian turut merasakan kesedihan yang mendalam.

3. Wedding Dress.

film korea sedih Istimewa

foto: imdb.com

Berikutnya film Wedding Dress yang mengisahkan tentang designer terkenal bernama Go Eun, dan anak perempuannya bernama So Ra. Di dalam film tersebut, Go Eun diceritakan sebagai sosok yang gila kerja. Sedangkan anaknya So Ra memang terkesan cuek terhadap sang ibu, namun sebenarnya ia sangat sayang kepada ibunya. Hingga suatu saat Go Eun dinyatakan mengidap penyakit yang mematikan.

Sedihnya meski Go Eun sang ibu menutup-nutupi penyakitnya dari So Ra, namun pada akhirnya anaknya tahu dan tak ingin ibunya meninggalkannya. Bahkan selama di rumah sakit So Ra selalu menemani Go Eun, hingga pada akhirnya anaknya tahu bahwa ibunya sudah tiada. So Ra berusaha menahan tangisnya, dan menganggap ibunya hanya tidur.

4. The Preparation.

film korea sedih Istimewa

foto: wikipedia.com

Salah satu film ini juga bisa bikin menangis saat kalian menontonnya. The preparation mengisahkan tentang salah seorang ibu yang menderita sakit keras, namun harus tetap merawat putranya yang memiliki keterbelakangan mental.

Tentunya akan mengingatkan kalian tentang perjuangan seorang ibu yang rela berkorban demi anaknya, tak peduli kondisi anaknya yang seperti apa. Apalagi jika membayangkan kalian berada di posisi tersebut, pasti tak ingin kehilangan sosok seorang ibu dari hidup kalian. Untuk kalian yang ingin mengetahui kelanjutan film tersebut, jangan sampai nggak nonton ya.

5. Canola.

film korea sedih Istimewa

foto: imdb.com

Salah satu film yang bisa menguras air mata kalian ini, diperankan oleh Kim Go Eun dan Youn Yuh Jung. Canola mengisahkan tentang seorang nenek (Gye Choon) yang tinggal di bersama cucu perempuannya (Hye Ji) di sebuah pedesaan. Sayangnya keduanya harus terpisah di keramaian saat mengunjungi pasar, untuk menemukan cucunya sang nenek tidak pernah berhenti mencari.

Setelah 12 tahun berpisah ia bertemu dengan sosok perempuan di kota yang diyakininya sebagai cucunya. Namun Hye Ji berubah menjadi sosok yang tidak baik dan terlibat dalam kasus pencurian. Penasarankan dengan apa yang dilakukan oleh sang nenek? Kalau kalian penasaran dengan film ini, dan ingin mengetahui ending ceritanya, jangan lupa tonton.

6. My Brlliant Life.

film korea sedih Istimewa

foto: imdb.com

My Brilliant life merupakan salah satu film yang antimainstream. Mengisahkan tentang seorang pria bernama Dae Soo yang memiliki sifa pendiam dan perempuan bernama Mi Ra, seorang wanita yang suka berbicara kasar.

Namun saat berusia 17 tahun, Mi Ra harus hamil karena melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Setelah sembilan bulan lamanya, anaknya lahir dan diberi nama Ah Reum. Hal yang tidak disangka oleh Mi Ra yaitu ketika sang anak didiaknosa memiliki kelainan yang disebut genetik progeria, dan Ah Reum juga tidak bisa memiliki umur yang panjang.

7. Hope.

film korea sedih Istimewa

foto: imdb.com

Film yang dirilis pada tahun 2013 ini juga wajib kalian tonton. Hope mengisahkan seorang anak perempuan bernama So Won yang mengalami pelecehan seksual di usia 8 tahun. Akibat peristiwa terebut ia trauma dengan pria dewasa termasuk ayahnya.

Jika ingin bertemu dengan anaknya, sang ayah harus menyamar menjadi tokoh kartun yang disukai So Won. Perjuangan sang ayah ini tentunya mampu membuat getar hati para penontonya.

8. Always (Only You).

film korea sedih Istimewa

foto: imdb.com

Buat kalian yang senang dengan salah satu aktor korea bernama So Ji Sub, pastinya tahu tentang film Always ini. Sedangkan yang belum, jangan sampe lewatkan film tahun 2011 ini, karena bisa bikin kamu terharu dengan sosok Cheol Min.

Film Always menceritakan tentang seorang petinju yang memilih untuk pensiun, dan menjadi pegawai serabutan seperti penagih utang, tukang galon, hingga tukang parkir. Bahkan hidupnya pun kacau, namun ketika bertemu dengan seorang gadis tunanetra yang bernama Jeong Hwa, dan sering bersama, Cheol Min menyadari sesuatu yang membuatnya merasa bersalah.

Ingin mengetahui kelanjutan ceritanya? Tonton film ini, dan pastinya akan membuat kalian merasa terharu.

9. More Than Blue.

film korea sedih Istimewa

foto: imdb.com

Bagaimana perasaanmu jika seseorang yang kalian sukai ternyata mencintai orang lain. Pastinya membuat kalian merasa sedih bukan? Nah hal ini juga terjadi pada Kay, seorang pria yang didiaknosa menderita penyakit kanker ganas.

Kay memiliki sahabat perempuan bernama Cream yang sudah ia kenal sejak kecil, karena sering bersama Kay menaruh hati pada Cream. Belum sempat menyatakan perasaan sayangnya, Kay sudah mengetahui bahwa Cream jatuh cinta pada pria lain yang berprofesi sebagai dokter. Hingga akhirnya Cream dan dokter tersebut memutuskan untuk menikah.

Kay yang tak ingin memendam perasaannya sendiri berusaha untuk mengungkapkannya kepada sahabatnya Cream. Penasaran apa yang akan dialami oleh KAY selanjutnya? Siapkan tissu sebanyak-banyaknya dan tonton film More Than Bleu ini sampai habis.

10. One Day.

film korea sedih Istimewa

foto: imdb.com

Tahun 2017 lalu, sudah tayang film berjudul One Day, yang diperankan oleh Kim Nam Gil dan Chun Woo Hee. Film tersebut mengisahkan tentang seorang pegawai pemeriksa asuransi yang mengalami depresi berat usai ditinggalkan oleh istrinya.

Setelah beberapa waktu kemudian Gang Soo bangkit dari keterpurukannya dan melanjutkan pekerjaanya. Saat bekerja ia menangani kasus salah seorang wanita yang mengalami kecelakaan bernama Mi So, wanita tersebut sedang mengalami koma dan nyawanya sedang berkeliaran di luar tubuhnya. Hanya satu orang aja yang bisa melihat jiwa Mi So, yaitu Gang Soo.

 

mgg/vaulika rinjani