Brilio.net - Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata Iran? Mungkin sebagian akan langsung terbayang tentang tembak-tembakan atau perang senjata yang mencekam. Ya, meski negara yang berada di Timur Tengah ini sedang menjadi perhatian dunia lantaran tengah perang dengan Amerika Serikat, ternyata Iran juga memiliki segudang film yang berkualitas yang layak untuk ditonton lho.

Ya, meski tak sepopuler film-film dari Asia seperti Korea dan China, namun karakteristik dan tema yang dihadirkan dalam film-film Iran begitu unik. Konflik dan tema permasalahan kehidupan banyak diangkat dan diceritakan kembali lewat sentuhan yang humanis. Bahkan terkadang juga mengangkat tentang sebuah kritikan terhadap permasalahan yang dihadapi negara itu.  

Nah, untuk menyegarkan pikiran dan menambah referensi tentang dunia perfilman, nggak ada salahnya kamu menonton film Iran terbaik dan terlaris ini. Film Iran terbaik ini banyak mengandung nilai moral dan juga terdapat kisah motivasi yang bisa kamu petik.

Bagi kamu yang sedang mencari referensi pilihan film Iran terbaik dan terlaris, berikut 10 film tersebut, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (9/1).


1. A Separation.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: Instagram/@doctorfilmlove



Film satu ini merupakan karya sutradara Asghar Farhadi yang berhasil menyabet piala Oscar 2012, di mana menceritakan tentang sepasang suami istri yang mengalami perpisahan. Di awal pembukaan adegannya, sepasang suami ini mengemukakan alasan perceraian mereka di pengadilan. Lalu bergulir pada akibat perpisahan mereka.

Ya, pasangan ini awalnya mengalami dilema di mana dihadapkan pada pilihan harus ke luar negeri untuk pendidikan anaknya atau harus mengurus ayah dari suaminya. Drama ini begitu menarik karena juga turut mengangkat isu kelas sosial, gender, hingga isu agama.


2. The Past.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: imdb.com



Masih dari garapan sutradara yang sama dengan A Separation, drama ini juga mengambil tema tentang pernikahan yang hancur. Namun, film ini lebih menarik lantaran melakukan kolaborasi dari tiga negara, yakni Prancis, Italia, dan Iran.

The Past menceritakan Ahmad, pria asal Iran yang akan menyelesaikan masalah perceraiannya dengan istrinya Marie. Tetapi saat suaminya akan menyelesaikan perceraiannya tersebut, ternyata istrinya telah menjalin hubungan dengan pria lain. Hal itu membuat anak mereka merasa stres hingga ingin bunuh diri.


3. Turtle Can Fly.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: google.com



Rekomendasi film berikutnya yaitu Turtle Can Fly, di mana mengambil lokasi di sebuah kampung pengungsian Kurdi yang merupakan perbatasan antara Irak dan Turki.

Drama ini lebih menampilkan karakter anak-anak dan remaja yang semuanya yatim piatu. Salah satunya Satellite, seorang anak yang menjadi pimpinan di antara anak-anak lainnya.

Ia meminta anak-anak lainnya untuk mengumpulkan ranjau yang ditinggalkan Amerika untuk dijual kembali ke pedagang senjata. Selain bercerita tentang film perang, film ini juga dibumbui dengan kisah asmara Satellite dan Agrin.


4. Jafar Panahi's Taxi.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: YouTube/@kinolorber



Film ini diperankan langsung oleh sutradara Jafar Panahi, di mana ia merupakan salah satu figur besar dalam dunia perfilman Iran. Ia dianggap musuh pemerintahan Iran, lantaran film-filmnya kerap dianggap membawa propaganda melawan pemerintah.

Dalam film ini, Jafar menjadi seorang sopir taksi yang berkendara mengantarkan penumpang dengan beragam latar belakang, watak, serta konflik. Film ini menyajikan komedi satir yang cukup kental di dalamnya.


5. The White Balloon.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: Instagram/@eden_papillon



Film yang rilis tahun 1995 ini merupakan kolaborasi antara Jafar Panahi dengan Abbas Kiarostami. Di mana Jafar sebagai sutradaranya sedangkan Abbas Kiarostami mengambil peran sebagai penulis skenario.

Film ini menggambarkan perjuangan seorang anak perempuan untuk mendapatkan seekor ikan mas untuk peliharaan. Penonton diajak melihat sosok protagonis kecil, di mana ia dihadapkan pada suatu situasi harus menyelesaikan konflik dengan orang-orang dewasa sekitarnya. Lebih-lebih ia juga berhadapan dengan ketidakberuntungan dalam pencariannya itu.


6. The Salesman.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: Instagram/@doctorfilmlove



Selain A Separation, The Salesman juga berhasil mendapatkan penghargaan Piala Oscar. Film ini menggambarkan cerita sepasang suami istri di mana mereka bergabung dalam pentas teater berjudul Death of Salesman.

Tetapi ada suatu kejadian tak mengenakkan dialami oleh istrinya, di mana istrinya mendapatkan serangan sehingga membuatnya trauma. Sang suami pun berusaha mencari identitas pelaku penyerangan sembari membantu memulihkan trauma istrinya.  


7. The Willow Tree.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: google.com



Film garapan sutradara Majid Majidi cocok ditonton karena mengandung pesan penting akan perlunya bersyukur dengan yang telah kita miliki. Drama ini bercerita tentang seorang pria bernama Youssef yang mengalami kebutaan akibat kecelakaan. Namun di balik itu ia tetap hidup bahagia.

Hingga suatu saat Youssef mendapatkan kesempatan untuk mengobati kebutaannya. Setelah dapat melihat ternyata ia tak dapat mengontrol egonya sendiri hingga membuatnya kehilangan fokus atas apa yang membuatnya dulu lebih bahagia.


8. About Elly.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: Instagram/@photographer_grl



Film yang satu ini juga layak untuk kamu tonton ulang. Bahkan film ini juga mendapat respons positif dari publik. About Elly mengusung konfik yang dinamis yang menceritakan tentang sekelompok teman kampus yang sedang liburan. Namun, suasana itu berubah menjadi penuh  kemarahan dan kecurigaan.

Film drama ini memperlihatkan kompleksitas dan problematika masyarakat menengah di Iran. Film ini mengulik kembali tentang moral dan ketidakjujuran yang tercipta akibat dari tertutupnya masyarakat.


9. Children of Heaven.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: Instagram/@karelerlefilmler



Selanjutnya ada film Children of Heaven yang mengangkat tema tentang keluarga, yang dapat menyentuh hati para penontonnya. Bahkan film ini berhasil masuk nominasi Oscar.

Children of Heaven menceritakan tentang perjuangan kakak adik. Seorang anak kecil bernama Ali, ia menghilangkan sepatu milik kakaknya, Zahra. Dengan latar belakang keluarga tak mampu, akhirnya Ali berusaha menemukan sepatu sang kakak hingga menyusuri berbagai sudut tempat yang susah dijangkau. Bahkan ia juga rela berbagi sepatu untuk sang kakak.


10. The Colour of Paradise.

10 Film Iran terbaik dan terlaris Instagram/@doctorfilmlove  imdb.com

foto: Instagram/@seyirdefterim_filmkitapmuzik



Selain Cildren of Heaven, ada pula film The Colour of Paradise yang juga mengangkat cerita tentang keluarga dan anak-anak. Film ini mengisahkan tentang seoarang anak laki-laki buta yang bernama Muhammad, yang dijemput ayahnya di sekolah untuk liburan.

Ia dibawa ayahnya ke desa di mana neneknya tinggal. Sang nenek sangat menyayanginya. Tetapi sang ayah merasa malu dan lelah menjaga Muhammad. Lantas ia berencana untuk menikah lagi setelah ditinggal istrinya selama lima tahun.