Brilio.net - Siapa yang tidak kenal dengan aktor tampan berbadan kekar satu ini. Ya, Abdul Rashid Salim Salman Khan atau lebih sering disapa dengan Salman Khan. Salman Khan lahir di Mumbai pada 27 Desember 1965. Ia terlahir dengan darah seni dari sosok sang ayah, Salim Khan. Ayahnya merupakan seorang penulis terkenal pada masanya.

Bersama dengan dua Khan lainnya, Shahrukh dan Amir Khan, ia menguasai perfilman Bollywood dengan film-film hits di era 1990-an. Bahkan karirnya terus melonjak dan masih aktif berakting hingga saat ini.

Salman memulai karier perfilmannya sejak bermain dalam film Maine Pyar Kiya pada tahun 1989. Sejak saat itulah nama Salman Khan mulai mengudara. Film-film terbaik India sukses ia perankan dengan baik sejak masa debutnya.

Kepopuleran yang tidak ada habisnya juga membuat ia mendapat banyak pujian dari penonton. Penasaran film apa saja yang ia mainkan? Berikut brilio.net merangkum dari berbagai sumber, 10 Film India terbaik diperankan oleh Salman Khan, Rabu (22/1).

Loading...
2 dari 3 halaman


1. Tere Naam.

foto: IMDb.com

Tere Naam merupakan drama percintaan yang disutradari oleh Satish Kaushik yang menceritakan tentang perjodohan Nirjara dan pemuda polos Rameshwar. Nirjara yang berkuliah di salah satu perguruan tinggi di kota bertemu dengan Radhe Mohan yang diperankan oleh Salman Khan.

Penghayatan Salman Khan dalam memerankan karakter utama, Radhe Mohan, sangat baik dan meyakinkan. Film ini sering disebut sebagai film dengan penampilan akting terbaik dari Salman Khan.

2. Baghban.

foto: IMDb.com

Pada film garapan Ravi Chopra, Salman Khan berperan sebagai anak angkat dari karakter utama yang diperankan oleh Amitabh Bachchan. Meski tidak berperan sebagai karakter utama, aktingnya yang sangat memukau membuat Salman Khan juga masuk nominator sebagai Best Supporting Actor.

3. Partner.

foto: IMDb.com

Partner merupakan film yang disutradarai oleh David Dhawan. Pada film bergenre komedi romantis ini Salman Khan beradu akting dengan Katrina Kaif. Keduanya dipasangkan sebagai sosok kekasih yang tidak sengaja jatuh cinta. Padahal seharusnya, Salman menjodohkan Katrina dengan kliennya. Tanpa diduga ia malah jatuh cinta dengan Katrina.

4. Veer.

foto: IMDb.com

Salman Khan berperan dalam film aksi India yang disutradarai Anil Sharma. Film ini juga dibintangi Zareen Khan, Mithun Chakraborty, dan Jackie Shroff.

Veer menceritakan tentang Prithvi yang mencoba balas dendam pada Gyanendra Singh. Ia mengirim anaknya Veer ke Inggris untuk mempelajari rencana jahat mereka. Namun, ketika menjalankan misinya, Veer jatuh cinta dengan anak Gyanendra.

5. Bodyguard.

foto: IMDb.com

Bodyguard adalah film komedi aksi India yang disutradarai oleh Siddique. Film ini merupakan remake yang ketiga dari film Malayalam pada 2010 dengan judul yang sama dan yang kedua adalah film Tamil pada 2011.

Bodyguard menceritakan tentang Singh yang diperankan oleh Salman Khan, seorang pengawal yang jatuh cinta dengan gadis yang ia kawal, Divya (Kareena Kapoor).

3 dari 3 halaman


6. Ek Tha Tiger.

foto: IMDb.com

Film yang disutradarai oleh Kabir Khan ini menunjuk Salman Khan sebagai agen RAW yang mengembangkan sisi lembut terhadap karekter Zoya. Ia mendekati Zoya untuk memperoleh informasi rahasia darinya. Akting keduanya benar-benar membuat penonton jatuh cinta.

7. Bajrangi Bhaijan.

foto: IMDb.com

Film yang penuh petualangan ini diproduksi sendiri oleh Salman Khan. Kisah persahabatan, cinta, dan kejujuran, mampu diolah dengan baik dalam film yang mengisahkan tentang Hindu India dan Islam Pakistan. Film ini kemudian sukses secara kualitas dan komersil.

Bajrangi Bhaijan masuk nominasi dalam beberapa ajang penghargaan film internasional, juga di negara sendiri, film ini dinominasikan pada tiga kategori. Salman Khan sebagai aktor juga ikut dalam salah satu nominasi.

8. Sultan.

foto: IMDb.com

Film yang disutradarai oleh Aditya Chopra ini menampilkan Salman sebagai pegulat yang sukses dalam karirnya tetapi menjadikan kehidupan pribadinya tidak berjalan baik. Bersama Anushka Sharma yang menjadi kekasih hatinya, Salman menampilkan akting yang cukup baik dan membawa kesuksesan bagi film ini. Film ini masuk sebagai salah satu film Bollywood termahal dan terlaris.

9. Tiger Zinda Hai.

foto: IMDb.com

Film bernuansa laga yang dibalut dengan romantisme ini sempat menjadi perbincangan di Bollywood karena pendapatan yang fantastis, yaitu sebesar 500 Crore atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Tiger Zinda Hai merupakan sekuel dari film Ek Tha Tiger yang diperankan oleh Salman Khan dan Katrina Kaif. Film ini menceritakan perjuangan Salman dan Katrina yang tinggal di Innsbruck bersama putra mereka setelah 8 tahun melarikan diri.

10. Bharat.

foto: IMDb.com

Kembali dipasangkan dengan Katrina Kaif, Salman Khan sukses membuat baper penonton. Film yang disutradarai oleh Ali Abbas Zafar ini menceritakan tentang Katrina yang mempertemukan Salman Khan dengan saudaranya yang hilang. Seiring berjalannya waktu mereka saling jatuh cinta. Namun karena Salman takut dengan komitmen pernikahan, ia menolak untuk menikah dengan Katrina Kaif.

Reporter: Hameda Rachma

RECOMMENDED BY EDITOR