Brilio.net - Dalam dunia perfilman Bollywood, kita banyak disuguhi film dengan berbagai genre, mulai dari romantis sampai misteri. Namun banyak juga film yang mengisahkan tentang dunia pendidikan India. Lewat film-film itu kamu bisa tahu kondisi pendidikan di sana, yang beberapa kisahnya tidak jauh beda dengan pendidikan di Indonesia. Tentunya film India ini bikin kamu bernostalgia dengan masa-masa sekolahmu.

Film bertema pendidikan tak kalah seru dengan film genre lainnya. Tak jarang banyak nilai kehidupan dan penuh inspirasi dalam film bertema pendidikan. Selain bernostalgia, kamu pun juga dapat terhibur sekaligus mendapat pelajaran baru dari film tersebut.

Maka, tak ada salahnya menonton film Bollywood bertema pendidikan. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, ini 10 film India tentang pendidikan paling seru, Rabu (22/1).

Loading...
2 dari 3 halaman


1. Chalk n Duster.

foto: IMDb.com

Film yang dibintangi oleh Juhi Cawla dan Shabana Azmi ini bercerita tentang Jyoti dan Vidya, dua orang guru yang memiliki hubungan emosional erat dengan muridnya. Pasalnya mereka memiliki cara mengajar yang asyik. Namun masalah terjadi ketika kedatangan kepala sekolah baru, Kamini Gupta yang mengubah sistem serta peraturan sekolah yang cenderung membuat para siswa dan guru menderita. Jyoti dan Vidya berjuang untuk mengembalikan keadaan menjadi seperti semula.

2. Three Idiots.

foto: IMDb.com

Film yang disutradarai Vidhu Vinod Chopra ini bercerita tentang tiga orang mahasiswa teknik, Ranccho, Raju, dan Farhan yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Mereka menjalani kehidupan kampus yang keras tapi Rancho memiliki cara unik untuk belajar dibandingkan mahasiswa lain. Film ini juga mengangkat konflik tentang keinginan orangtua dan anak yang tidak selalu sejalan, termasuk dalam memilih program studi.

3. Taare Zameen Par.

foto: IMDb.com

Film yang disutradarai sekaligus dibintangi oleh Aamir Khan ini menceritakan tentang seorang anak bernama Ishaan yang menderita disleksia. Karena sering berbuat nakal, orangtuanya memindahkan Ishaan ke sekolah asrama.

Berada di sekolah barunya, Ishaan sering dimarahi oleh gurunya karena sering melamun dan tidak pernah mencatat tugas yang diberikan, hingga membuat ia tertekan. Suatu hari Ram Shankar, guru baru yang mengajar kesenian mengetahui bahwa Ishaan menderita disleksia yang kemudian mengajarinya cara mengenal huruf dengan cara yang unik.

Film ini sendiri mengangkat isu tentang betapa pentingnya melihat anak dari berbagai sudut pandang.

4. Super 30.

foto: IMDb.com

Film garapan Vikas Bahl merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang matematikawan India bernama Anand Kumar. Ia memiliki program pendidikan Super 30, sebuah program pendidikan untuk 30 anak dari kalangan tidak mampu. Film yang dibintangi oleh Hrithik Roshan ini menceritakan bagaimana Anand Kumar bertahan dengan program pendidikan Super 30 dan berbagai konflik yang mengelilinginya.

5. Hindi Medium.

foto: IMDb.com

Hindi Medium yang disutradarai oleh Saket Chaudhary bercerita tentang suami istri yang kaya raya, Raj dan Mita Batra yang berusaha memasukan anak mereka ke sekolah swasta terbaik India. Mereka melakukan berbagai cara agar sang anak diterima.

Sayangnya sang anak tidak masuk sekolah yang diinginkan. Namun anak salah satu pegawainya justru diterima di sekolah itu melalui jalur khusus bagi yang tidak mampu. Raj dan Mita tertarik untuk untuk mencoba jalur itu dan mereka berpura-pura menjadi orang miskin.

3 dari 3 halaman


6. Nil Battey Sannata.

foto: IMDb.com

Film yang dibintangi oleh Swara Bhaskar ini berkisah tentang seorang ibu tunggal berpendidikan rendah. Sang ibu bekerja sebagai pelayan. Ia memiliki satu orang anak bernama Appu yang duduk di kelas 10.

Appu tidak memiliki keinginan dan cita-cita yang kuat karena nilainya buruk dan ia merasa tidak memiliki kemampuan apa pun. Atas saran dari majikannya, ibu tunggal ini memutuskan untuk kembali bersekolah agar anaknya juga semangat. Ia bahkan tidak merasa malu tinggal di kelas yang sama dengan sang anak.

7. Hickhi.

foto: IMDb.com

Film India yang digarap oleh Sidhart Malhotra ini akan membuatmu tidak ingin berhenti menonton. Mengisahkan Naina Mathur, seorang wanita yang memiliki Taurette Syndrome yang melamar ke berbagai sekolah untuk menjadi guru. Namun karena penyakitnya itu, tidak ada satu pun yang menerima.

Setelah ke sekian kali melamar, akhirnya Naina diterima si salah satu sekolah. Namun ia harus mengajar murid-murid yang terkenal nakal. Berkat kerja kerasnya di tengah-tengah kekurangannya, ia bisa membawa murid-muridnya pada masa depan yang lebih cerah.

8. I Am Kalam.

foto: IMDb.com

Film garapan Nila Madhab Panda yang dibintangi oleh Harsh Mayar menceritakan tentang perjuangan dan kerja keras dalam belajar. Chotu merupakan seorang anak yang cerdas tapi berasal dari keluarga miskin. Ia berjuang untuk tetap belajar meski harus bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarganya. Chotu pun terinspirasi dengan kehidupan luar biasa Presiden Kalam.

9. Why Cheat India.

foto: IMDb.com

Film ini mengangkat kisah tentang perjokian di dunia pendidikan India dan perilaku kebanyakan orangtua yang anaknya harus sesuai dengan versi masa depan yang diinginkan orangtua. Film yang disutradarai oleh Soumik Sen dan dibintangi oleh Emraan Hashmi. Shreya Dhanwanthary membuka mata kita tentang dunia pendidikan yang seharusnya.

10. Alif.

foto: IMDb.com

Film yang disutradarai Zaigham Imam ini menceritakan tentang seorang ayah yang ingin anaknya menjadi seorang dokter. Namun ia mendapat reaksi keras dari para anggota keluarga dan tetangganya yang menginginkan Ali menjadi cendekiawan Quran.



RECOMMENDED BY EDITOR