Brilio.net - Di tengahnya persaingan industri perfilman dunia, film India ternyata masih tetap memiliki tempat di hati para penggemarnya. Di Indonesia sendiri, film India pernah begitu populer dan digandrungi berbagai kalangan. Bahkan sampai saat ini pun, masih ada stasiun TV menayangkan film-film India legendaris.

Ada beberapa keunikan film India yang tidak dimiliki film lain. Misalkan saja lagu-lagu dan tarian yang ditampilkan para aktor dan aktrisnya. Bukan hanya sebagai ikon, lagu-lagu yang diletakkan dalam film dinilai mewakili suatu jalan cerita dan perasaan sang tokoh. Karena itulah, emosi penonton pun akan dimunculkan. Dengan segala kelebihannya tersebut, tak heran jika film India banyak menyajikan cerita-cerita sedih yang menguras air mata.

Biasanya durasi film India juga cukup lama, yakni bisa mencapai 3 jam. Jadi, lebih mudah untuk menampilkan scene-scene penting tentang suasana sedih dengan lagu yang sendu. Beberapa karya film India dengan kisah sedih juga dinilai sukses memuaskan para penikmat film.

Nah, jika kamu termasuk penggemar film-film dengan kisah sedih yang bisa menguras air mata, ada beberapa film India yang cocok untukmu. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/1), berikut 10 film India paling sedih dan dijamin bisa bikin yang nonton nangis.

Loading...

1. Taare Zameen Par.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Menjadi salah satu film yang sukses meraih banyak penghargaan, Taare Zameen Par mengisahkan tentang seorang anak bernama Ishaan. Ia mengidap penyakit disleksia sehingga sulit membaca dan menulis.

Sering dianggap sebagai anak bodoh dan menyusahkan, orangtuanya pun memasukkan putranya ke sekolah khusus difabel. Padahal Ishaan sebenarnya memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Dengan menonton film ini, perasaanmu akan tersentuh karena hal menyedihkan yang dialami Ishaan. Film ini juga berpesan bahwa setiap anak itu terlahir istimewa dengan kelebihannya masing-masing.

2. Devdas.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Diadaptasi dari novel karya Sharat Chandra Chatopadhyay, film Devdas mengisahkan tentang kisah cinta Devdas dan Paro yang berakhir sedih. Keluarga Devdas tak menerima Paro karena perbedaan kasta sosial.

Mereka merasa bahwa Devdas tak layak menikah dengan gadis miskin seperti Paro. Tak terima atas hinaan yang diberikan pada putrinya, keluarga Paro pun menikahkannya dengan seorang duda yang lebih kaya dibanding Devdas.

Sementara itu, Devdas merasa hancur dan tertekan karena tak bisa bersanding dengan kekasih pujaannya. Ia terjerumus ke dunia malam yang penuh dengan alkohol dan obat-obatan terlarang. Film yang rilis pada tahun 2002 ini, dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Aishwarya.

3. My Name Is Khan.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film My Name Is Khan menampilkan Shah Rukh Khan yang dipasangkan dengan Kajol. Berhasil menjadi film yang mampu menguras air mata, film ini mengisahkan tentang pria bernama Rizwan Khan.

Ia adalah seorang muslim yang mengidap Aspergen Syndrome. Meski sering dianggap berbeda, Rizwan berhasil menikahi janda beranak satu, Mandira. Kala itu, marak aksi teroris yang membuat identitas muslim tercoreng. Anak laki-laki Mandira yang menggunakan marga Khan akhirnya ikut mendapatkan dampak buruk. Ia dikucilkan dan diserang oleh teman-temannya hingga tewas.

Terpukul dengan kepergian anaknya, Mandira jadi menyalahkan dirinya sendiri. Sementara itu, Rizwan bertekad menemui Presiden Barack Obama untuk mengatakan bahwa dirinya bukanlah teroris.

Setiap kesempatan, Rizwan selalu berkata "My name is Khan, and I'm not terrorist". Perjuangan Rizwan dalam membantu orang-orang di sekitarnya dan membuktikan dirinya bukan teroris, sukses membuat para penonton meneteskan air mata.

4. Ashiqui 2.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Bergenre musical, film Ashiqui 2 juga tak kalah menguras air mata. Film ini mengisahkan Rahul dan Arohi yang sama-sama bekerja di bidang musik. Rahul menciptakan lagu, sedangkan Arohi adalah penyanyinya.

Arohi pun berhasil menjadi bintang ternama. Namun kesuksesan sang kekasih, jutru membuat Rahul merasa tak berguna dan hanya bisa menyusahkan Arohi.

Ia pun terjerumus dalam dunia malam dan memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Trauma atas kejadian tragis tersebut, Arohi yang patah hati pun memilih melupakan kariernya dan berhenti menjadi penyanyi.

5. Kal Ho Na Ho.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Cinta segitiga memang kisah yang klasik namun tetap menarik. Kal Ho Na Ho merupakan film yang mengangkat kisah tersebut. Dibintangi Shah Rukh Khan, Preity Zinta, dan Saif Ali Khan, mereka memerankan tokoh Aman, Naina, dan Rohit yang terlibat cinta segitiga.

Mulanya, Aman dan Naina saling mencintai. Namun Aman memilih menolak dan melepaskan Naina agar bisa bersama Rohit. Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan, namun karena Aman mengidap penyakit serius. Sayangnya, hal itu baru diketahui Naina sesaat setelah ia menikah dengan Rohit.

6. Fanaa.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Fanaa mengangkat kisah sedih dari tokoh bernama Zooni Ali Beg yang diperankan oleh Kajol. Ia digambarkan sebagai gadis yang buta. Zooni memiliki kekasih bernama Rehan dan berencana untuk segera menikah.

Namun terjadi ledakan hebat di stasiun tempat Rehan berada. Zooni pun begitu sedih karena mengira bahwa Rehan sudah meninggal. Pada akhirnya Rehan dan Zooni dipertemukan kembali setelah tujuh tahun berlalu.

7. Stanley Ka Dabba.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Berpusat pada tokoh bernama Stanley, ia adalah anak yang berasal dari keluarga tak mampu. Sekolah tempatnya belajar, mewajibkan setiap muridnya membawa bekal makan. Namun karena kondisi ekonomi keluarga yang kekurangan, Stanley pun hanya membawa kotak makan kosong dan bersembunyi agar tak ketahuan.

Teman-teman di kelasnya pun mulai mengetahui kalau Stanley sering bersembunyi di kamar mandi. Akhirnya mereka pun saling berbagi makanan dan mengisi kotak makan Stanley.

8. Ghajini.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Mengisahkan tentang pria bernama Ghanjini yang berusaha membunuh seorang wanita bernama Kalpana. Namun kekasihnya bernama Sanjay menghalangi usaha Ghanjini dan menyebabkannya mengalami amnesia.

Sanjay divonis mengalami ingatan jangka pendek. Jadi, ia hanya bisa mengingat kejadian selama 15 menit saja. Tak ingin melupakan kekasihnya dan kejadian yang menimpanya, Sanjay pun terus mentato seluruh tubuhnya dan menggali tiap informasi tentang Ghanjini.

9. Bajrangi Bhaijaan.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Mengisahkan tentang tokoh bernama Bajrangi yang diperankan oleh Salman Khan, ia bertemu dengan gadis kecil asal Pakistan yang kehilangan keluarganya. Namun niat baik Bajrangi justru disalah artikan karena menganggap bahwa kehadirannya bukan murni menolong, melainkan bertujuan untuk menjadi mata-mata. Bajrangi bahkan sempat dimasukkan ke dalam penjara.

10. Veer Zaara.

Film India Paling Sedih Bikin Menangis © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Masih mengisahkan konflik India dan Pakistan, film ini mengisahkan halangan cinta antara perwira India, bernama Veer dan gadis Pakistan, bernama Zaraa. Tak direstui, orang tua Zaraa berusaha menikahkan putrinya dengan pemuda pilihan keluarga.

Veer juga harus mendekam di penjara selama 22 tahun akibat masuk ke wilayah Pakistan dan dianggap sebagai pemberontak. Meski dibuat sedih pada sepanjang cerita, namun akhir dari kisah ini tak mengecewakan kok.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR