Brilio.net - Menonton film adalah salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu luang. Dengan menonton film, kita bisa mendapat hiburan, terutama menonton film fantasi. Sensasi bertarung dengan para monster, menjelajah dunia lain yang tidak dapat dilakukan di dunia nyata bisa kita temukan dalam film. Hollywood menjadi yang terbaik dalam memproduksi film fantasi.

Film fantasi adalah film-film yang masuk dalam genre fantasi dengan tema-tema fantastik, yang biasanya melibatkan sihir, peristiwa supranatural, mitologi, atau cerita rakyat. Genre tersebut dianggap sebagai bentuk dari fiksi spekulatif bersama dengan fiksi ilmiah, mitos, keajaiban, dan keluarbiasaan.

Berikut brilio.net merangkum dari berbagai sumber, 10 film Hollywood fantasi yang bisa kamu nikmati, Rabu (15/1).

1. Harry Potter

film hollywood terbaik istimewa

Loading...

foto: IMDb.com

Harry Potter adalah film serial yang diadaptasi dari seri tujuh novel fantasi yang dikarang JK Rowling. Film yang didistribusikan oleh Warner Bros ini terdiri dari tujuh judul, yang cerita terakhirnya dibagi menjadi dua chapter. Film yang diproduksi dari tahun 2001 sampai 2011 ini dibintangi oleh Daniel Radclife, Emma Watson, Rupert Grint, dan Tom Felton. Robert Pattinson juga ikut ambil peran pada Harry Potter and The Goblet of Fire.

Film yang menceritakan petualangan seorang penyihir bernama Harry Potter bersama sahabatnya, Ronald Weasley dan Hermione Granger, yang merupakan pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts untuk melawan Voldemort, sang Raja Kegelapan.

Film ini berhasil meraih penghargaan pada Satellite Award, Evening Standard British Film Awardd, Saturn Award, dan Critics' Choise Movie Award. Selain itu seri Harry Potter telah menghasilkan berbagai merek dagang dengan nilai lebih dari USD 15 miliar.

Karena kesuksesan novel dan film-filmnya, Harry Potter dijadikan sebagai tema taman hiburan, The Wizarding World of Harry Potter. Pada 2016, karya novel yang ke-8 dari serial ini, Harry Potter and The Cursed Child ditampilkan dalam konsep drama panggung yang mengisahkan Albus Severus Potter, putra kedua Harry Potter.

2. The Lord of The Rings

film hollywood terbaik istimewa

foto: IMDb.com

The Lord of The Rings merupakan trilogi yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya JRR Tolkien. Film fantasi ini mulai tayang pada 2001 sampai 2003 yang disutradarai oleh Peter Jackson dan didistibusikan oleh New Line Cinema. Film yang dibintangi oleh Elijah Wood, Ian McKellen, Liv Tyler, dan Sean Astin menceritakan tentang seorang hobbit dan sembilan pembawa cincin yang melakukan perjalanan untuk menghancurkan One Ring, yang berarti juga menghancurkan pembuatnya, Dark Lord.

Film ini untung besar dan diterima dengan baik. The Lord of The Rings berhasil mendapat 17 dari 30 nominasi pada Academy Awards. Film terakhirnya, The Return of the King menyabet semua 11 Nominasi Academy Awards.

3. The Chronicles of Narnia

film hollywood terbaik istimewa

foto: IMDb.com

The Chronicles of Narnia adalah serial epik fantasi dari Walden Media berdasarkan novel yang ditulis CS Lewis dengan judul yang sama. Film pertama tayang pada 2005 dan yang kedua 2008. Kedua film ini disutradarai oleh Andrew Adamson dan didistribusikan oleh Walt Disney Pictures. Sedangkan film ketiga yang tayang pada 2010 disutradarai oleh Michael Apted dan didistribusikan oleh 20th Century Fox.

Film yang diperankan oleh William Moseley, Anna Popplewell, Skandar Keynes, Georgie Henley, Liam Neeson, dan Ben Barnes menceritakan tentang empat bersaudara yang memulai petualangan ke Narnia, sebuah negeri dongeng. Mereka harus memerangi para penjahat keji yang berniat mencegah pangeran menduduki takhta kerajaan.

Film ini memproleh penghargaan pada Academy Award, Saturn Award, Ursa Major Award, Satellite Award, British Academy Film Award, dan Critics' Choise Movie Award.

4. Fantastic Beasts

film hollywood terbaik istimewa

foto: IMDb.com

Fantastic Beasts adalah film fantasi yang disutradarai oleh David Yates dan didistribusikan oleh Warner Bros Pictures. Film yang diproduseri dan ditulis oleh JK Rowling ini merupakan subseri dari seri film Harry Potter. Film ini dibintangi oleh Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Dan Fogler, dan Alison Sudol. Film yang rilis pada 2016 ini menceritakan tentang makhluk-makhluk ajaib dan aksi penangkapan Grindelwald.

Masih melanjutkan kisah pertama, film kedua yang tayang pada 2018 melanjutkan kisah Newt bersama Albus Dumbledore untuk kembali menangkap Grindelwald yang ingin menghancurkan tatanan dunia. Kisah ini merupakan kisah sebelum Harry Potter lahir.

Kabarnya seri ketiga akan tayang pada 2021 mendatang. Film ini berhasil menyabet piala Oscar 2017 dan beberapa penghargaan pada Empire Award dan Academy Award.

5. Maleficent

film hollywood terbaik istimewa

foto: IMDb.com

Maleficent adalah film fantasi berseri yang disutradarai oleh Robert Stromberg dan ditulis oleh Linda Woolverton. Film yang didistribusikan oleh Walt Disney Studios ini dibintangi oleh Angelina Jolie, Sharlto Copley, dan Elle Fanning. Seri pertama yang tayang pada 2014 menceritakan tentang Maleficent, sosok peri baik hati yang dikhianati kekasihnya, Stefan. Bertahun kemudian, ia memberi kutukan pada putri Stefan untuk membalas dendam. Seri kedua yang tayang pada akhir 2019 lalu melanjutkan kisah pertama di mana Maleficent mulai berseteru dengan Aurora. Pernikahan yang diinginkan Aurora ditentang oleh Maleficent.

Film ini sukses besar dan memperoleh penghargaan pada Kids' Choise Award Colombia, Nicklelodeon Kids Choise Award, dan People's Choise Award.

6. A Monster Calls

film hollywood terbaik istimewa

foto: IMDb.com

Film ini merupakan film drama fantasi berdasarkan novel karya Patrick Ness dengan judul yang sama yang tayang pada tahun 2016 dan disutradarai oleh JA Bayona. Film yang dibintangi oleh Lewis MacDougall, Sigourney Weaver, Felicity Jones, Toby Kebbell, dan Liam Neeson ini menceritakan tentang Connor, seorang anak yang selalu diganggu oleh teman-temannya. Ia mulai berubah saat monster kuno membawanya ke dalam petualangan penuh makna dan membantunya mengatasi berbagai kesulitan hidupnya.

Film ini memperoleh banyak penghargaan pada Goya Award, Platino Award, Gaudi Award, dan Fenix Film Award.

7. Star Wars

film hollywood terbaik istimewa

foto: IMDb.com

Star Wars seri film yang rilis sejak tahun 1977. Semenjak dirilisnya serial ini, film ini terlah menjadi sebuah fenomena budaya dan menghasilkan banyak produksi film, buku, serial televisi, video game, dan produk lainnya. Century Fox masih memegang hak distribusi untuk film ini sampai Mei 2020 mendatang. Bertemakan keseimbangan antariksa, cerita pada Star Wars ini berlatar di luar angkasa dan menggunakan motif-motif cerita yang biasa dijumpai pada fiksi ilmiah dan mitologi klasik.

Film yang sudah diproduksi sejak puluhan tahun mendapat berbagai penghargaan dan menduduki posisi ke-4 untuk keuntungan terbesar. Film terakhirnya, Star Wars: The Rise of Skywalker tayang pada Desember 2019.

8. Jumanji

film hollywood terbaik istimewa

foto: IMDb.com

Jumanji pertama tayang pada 1995 yang kemudian kembali tayang pada 2017 dengan judul Jumanji: Welcome to the Jungle. Film ini merupakan komedi fantasi yang disutradarai oleh Jake Kasdan dan ceritanya ditulis oleh Chris McKenna berdasarkan novel Jumanji karya Chris Van Allsburg. Film ini dibintangi oleh Dwayne Johnson, Jack Black, dan beberapa artis lain. Setelahnya adalah Jumanji: The Next Level yang merupakan sekuel kedua dari Jumanji.

Film yang tayang pada 2019 ini masih mengangkat cerita permainan tua bernama Jumanji. Mereka ditarik masuk ke dalam permainan tersebut dan harus bertahan hidup agar dapat kembali ke dunia nyata. Pada sekuel kedua ini saat mereka kembali ke permainan, banyak tempat baru yang belum dijajah.

Film ini memperoleh penghargaan pada Kids Choise Award, MTV Movie & TV Award, Saturn Awards, dan Teen Choise Awards.

9. Percy Jackson

film hollywood terbaik istimewa

foto: IMDb.com

Percy Jackson adalah film berseri dari novel yang ditulis oleh Rick Riordan. Film pertama yang berjudul Percy Jackson & The Olympians: The Lighting Thief tayang pada 2010 dan film kedua dengan judul Percy Jackson: Sea of Monster tayang pada 2013. Meski ada lima seri novel, namun baru dua yang sudah difilmkan. Film yang dibintangi oleh Logan Lerman, Alexandra Daddario, dan Jake Abel ini menceritakan tentang petualangan putera-puteri dari dewa-dewi Yunani yang berlatar di Amerika era modern.

Film ini juga masuk dalam berbagai nominasi pada ajang penghargaan seperti Saturn Award, HPA Award, Blimp Award, MTV Movie & TV Award, dan Teen Choise Award.

10. The Maze Runner

film hollywood terbaik istimewa

foto: IMDb.com

Film ini adalah seri film yang diadaptasi dari novel karya James Dashner dengan judul yang sama. Film ini disutradarai oleh Wess Ball dan dibintangi oleh Dylan O'Brien, Kaya Scodelario, Thomas Brodie, Will Poulter, dan Ki Hong-lee. Sekuelnya tayang pada 2015 dan sekuel keduanya berjudul The Maze Runner: The Death Cure tayang pada 2018. Film ini menceritakan tentang Thomas dan teman-temannya yang terjebak dalam sebuah labirin besar.

Film ini memperoleh beberapa penghargaan pada MTV Movie & TV Award.

Reporter: Hameda Rachma

RECOMMENDED BY EDITOR