Brilio.net - Film animasi adalah tayangan yang sangat cocok untuk dinikmati oleh beragam usia. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa ketagihan menonton film-film animasi. Berbagai macam genre film diproduksi dan persahabatan menjadi salah satu tema yang banyak digemari.

Karena film dengan tema ini mengandung banyak pesan di dalamnya, sangat cocok untuk mengedukasi anak agar dapat bersosialisasi dan bagaimana bersikap dengan sesama. Teknologi photo realistic-nya juga membuat film animasi-animasi ini tampak seperti asli.

Berikut brilio.net merangkum dari berbagai sumber, 10 film animasi tentang persahabatan terbaik, Selasa (28/1).

1. Monster Inc.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Film yang rilis pada 2001 ini memiliki sekuel dengan judul Monster University yang rilis 2013 lalu. Monster Inc adalah sebuah perusahaan yang bekerja dengan menakuti anak-anak di seluruh dunia dan mengumpulkan teriakan mereka untuk digunakan sebagai energi listrik bagi kota Monstropolis.

Di sela-sela kesibukan para monster, tiba-tiba Boo, seorang anak manusia berada di Monstropolis. Hal itu membuat Sullivan dan Mike harus melalui petualangan panjang untuk mengembalikan Boo ke pintu kamarnya.

2. Doraemon Stand By Me.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Seperti kisah serialnya yang tayang di stasiun televisi, Doraemon Stand By Me yang tayang pada 2014 lalu mengisahkan persahabatan Doraemon dan Nobita. Pada film ini, diceritakan keturunan ke empat Nobita yang hidup pada abad ke-22 terlilit utang karena ulah Nobita. Ia meminta Doraemon kembali ke masa lalu dan membuat hidup Nobita bahagia demi masa depan yang lebih baik.

Setelah berhasil membuat Nobita bahagia, sesuai programnya, Doraemon harus kembali ke abadnya. Momen perpisahan membuat tangis pecah setelah banyak hal dilalui bersama.

3. Ralph Breaks The Internet.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Film yang tayang pada 2018 ini menceritakan persahabatan antara Ralph dan Vanellope. Vanellope merupakan karakter game Sugar Rush yang harus mencari cara untuk memperbaiki arcade Sugar Rush yang rusak.

Ralph sang sahabat dengan setia menemani Vanellope dan menjelajah internet untuk menemukan solusi. Di dalam internet, mereka mengalami berbagai petualangan yang menguji persahabatan.

4. Ratatouile.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Ratatouile bercerita tentang persahabatan seekor tikus, Remy dengan seorang tukang sampah bernama Linguini yang baru saja diterima bekerja di salah satu restoran Prancis. Bakat dan kegigihan Remy dalam memasak membuatnya bekerja sama dengan Linguini untuk menjadi chef andal.

Remy bersembunyi di balik topi chef Linguini untuk membantunya memasak. Namun, konflik terjadi antara mereka berdua dan membuat mereka menjauh.

5. Toy Story.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Film legend satu ini sudah tayang sejak 1995 dan memiliki tiga sekuel, di mana sekuel terbarunya, Toy Story 4 tayang pada 2019. Toy Story mengisahkan tentang Andy, seorang anak laki-laki yang memiliki banyak mainan. Mainan kesayangannya adalah Woody, boneka koboy.

Suatu hari Andy berulang tahun dan mendapatkan kado Buzz Lightyear, tokoh petualangan luar angkasa. Hal ini membuat Woody cemburu dan tanpa sengaja Buzz terlempar. Woody mencoba mencari Buzz. Kemudian mereka telibat petualangan bersama dalam misi kembali ke rumah Andy.

6. Finding Dory.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Tokoh utama dalam film ini adalah ikan lucu bernama Dory yang pelupa. Ia berkeinginan untuk menemukan keluarganya tapi ia lupa akan keberadaan keluarganya. Bersama dengan teman-teman ikannya ia mencari petunjuk tentang keluarganya.

7. Inside Out.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Inside Out yang rilis pada 2015 menceritakan tentang Riley, seorang gadis yang mencoba mengatasi emosinya. Ia harus pindah ke San Francisco meninggalkan hidupnya di Minnesota. Ia dan lima emosi dalam dirinya, Fear, Anger, Joy, Disgust, dan Sadness, merasa kesulitan menghadapi kehidupan barunya.

Masalah demi masalah terus berdatangan, membuat istana dalam emosi Riley satu per satu mulai runtuh. Kelima emosi dalam dirinya bekerja sama untuk menyelamatkan istana yang masih berdiri.

8. UP.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Film yang rilis oada 2009 ini menceritakan tentang persahabatan antara kakek dan anak kecil yang melakukan petualangan bersama. Kisah ini dimulai ketika Russel, seorang anak kecil yang diberi tugas kepramukaan, bertemu Carl, kakek pemarah yang istrinya sudah meninggal.

Carl berencana menerbangan rumahnya dengan balon ke tempat impian istrinya. Tanpa sengaja, Russel ternyata ikut terbawa dan petualangan keduanya pun dimulai. Tidak hanya soal persahabatan, film ini juga banyak mengandung pesan moral yang lain.

9. Big Hero 6.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Film animasi ini merupakan film superhero yang diangkat dari tim superhero Marvel Comics dengan judul yang sama. Film ini menceritakan Hiro, bocah jenius yang belum bisa menerima tragedi kematian kakaknya. Tidak diduga robot yang diciptakan oleh kakaknya, Baymax, aktif setelah mendengar keluhan Hiro yang kesakitan karena terjatuh. Baymax yang merupakan robot perawat kemudian menjadi sahabatnya dan melakukan banyak aksi penyelamatan.

10. Cars.

film animasi persahabatan istimewa

foto: IMDb.com

Cars adalah film animasi yang tayang pada 2006 lalu. Menceritakan tentang Lightning McQueen, mobil balap yang cukup sombong. Karena suatu kejadian, ia tersesat di daerah kota tua Radiator Springs.

McQueen tanpa sengaja merusak jalan utama kota, sehingga ia harus memperbaikinya. Ia belajar banyak hal setelah berhari-hari tinggal di kota tua itu. Cars memiliki dua sekuel, di mana sekuel ke duanya, Cars 3 tayang pada 2017 lalu.

Reporter: Hameda Rachma