Brilio.net - Film animasi menjadi salah satu jenis film yang digemari berbagai kalangan. Tidak hanya bagi anak-anak, namun juga orang dewasa. Tak selalu berasal dari Amerika dan Jepang, animasi Prancis juga tak kalah menarik lho.

Animasi Prancis banyak mengangkat kisah inspiratif dengan penggambaran yang unik. Bahkan beberapa film animasi Prancis juga dianggap sebagai salah satu cara menyampaikan pendapat secara kritis. Misalkan saja menyindir soal aturan yang terlalu mengekang hingga para penguasa yang diktator. Tak hanya itu, film animasi Prancis juga menyelipkan pesan positif untuk selalu bersyukur dan menilai sesuatu dengan hati-hati.

Karena kualitas tersebut, tak heran jika beberapa animasi Prancis berhasil mendapatkan penghargaan di kancah internasional. Ada pula animasi berjudul 'I Lost My Body' juga berhasil masuk menjadi nominasi Piala Oscar tahun 2020.

Nah, jika kamu tertarik menontonnya, berikut sepuluh animasi Prancis terbaik seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (29/1).

1. Asterix and Cleopatra.

Loading...

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: alchetron.com

Film Asterix and Cleopatra merupakan animasi hasil kolaborasi Prancis dan Belgia yang kisahnya diadaptasi dari komik terkenal. Film ini mengisahkan tentang Cleopatra, ratu yang ingin membuktikan bahwa Mesir adalah bangsa yang hebat.

Ia pun meminta arsitek untuk membuat istana baru dalam waktu tiga bulan. Asterix dan kawan-kawannya pun pergi ke Alexandria dan menyiapkan ramuan khusus untuk mempercepat pembangunan.

2. The Triplettes of Belleville.

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film yang disutradarai oleh Sylvai Chomet asal Prancis ini mengisahkan tentang upaya penyelamatan cucu dari Madam Souza, bernama Champion. Ia telah diberi sepeda untuk mewujudkan impiannya menjuarai balap sepeda Tour de France, diculik oleh sekelompok mafia untuk tujuan perjudian.

Madam Souza yang sangat menyayangi cucunya itu dibantu oleh kelompok musik jazz terkenal era 1930-an, Triplettes of Believes. Film yang dirilis tahun 2003 ini, juga telah masuk kedalam nominasi Academy Awards, kategori film dengan musik asli terbaik, dan fitur animasi terbaik.

3. Miraculuous: Tales of Ladybug and Cat Noir.

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Animasi Miraculuous: Tales of Ladybug and Cat Noir merupakan animasi series asal Prancis yang populer di dunia. Berlatar tempat di Paris, animasi ini berpusat pada tokoh bernama Marinette dan Adrien.

Dalam waktu yang berbeda, keduanya mendapatkan kekuatan secara misterius setelah menolong seorang kakek. Marinette menjadi ladybug setelah mendapatkan sepasang anting. Sedangkan Adrien mendapatkan cincin. Menariknya, Marinette juga dikisahkan jatuh cinta dengan Adrien.

4. The Little Prince/Le Petit Prince.

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film The Little Prince ini diambil dari dongeng karangan Antonio de Saint-Exupery yang terkenal di kalangan anak-anak seluruh dunia. Film ini mengisahkan seorang pilot cilik bernama The Aviator yang bertemu pangerang dari planet lain.

Namun setelah The Aviator menua, ia bertemu dengan gadis kecil yang hidupnya penuh kedisiplinan atas didikan sang ibu. Namun petualangan dimulai ketika gadis kecil tersebut bertemu The Aviator dengan pesawat uniknya. Film ini sangat menarik untuk ditonton karena menyisipkan banyak pesan moral yang berharga.

5. Arthur and The Minimoys.

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film yang di sutradarai oleh Luc Besson ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Arthur yang dilanda masalah dengan neneknya. Rumah yang ditinggali oleh Arthur dan neneknya berusaha diambil alih oleh Dovido.

Namun ia menemui jalan keluar dengan membaca petunjuk peninggalan kakeknya. Secara ajaib, Arthur pun tersedot ke dalam dunia Minimoys. Petualangannya pun dimulai ketika ia diberi misi untuk mengalahkan Maltazard dan mendapatkan harta karun peninggalan kakeknya.

6. Les Malheurs de Sophie.

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi Les Malheurs de Sophie merupakan animasi lama yang rilis pada 1998. Meski demikian, animasi ini memiliki kisah yang mengharukan dan menguras emosi.

Berpusat cerita pada karakter utama bernama Sophie, ia adalah anak perempuan berusia 7 tahun. Pada awalnya, Sophie menjalani kehidupan normal layaknya anak-anak, namun semua berubah setelah keluarganya memutuskan untuk mengarungi lautan dan tinggal di Lousiana. Karena badai besar, ibu dan sepupu Sophie pun meninggal. Hanya ia dan ayahnya saja yang selamat dalam musibah tersebut.

7. Persepolis.

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Diadaptasi dari novel grafis karya Marjane Satrapi Iran, film Persepolis mengisahkan bagaimana ia menjalani kehidupannya di Iran dan Eropa. Dikisahkan Marjane sempat berpikir untuk menjadi revolusioner, sementara ia dan keluarganya adalah saksi negara yang telah menjadi Republik Islam yang ketat.

8. A Cat in Paris.

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Berpusat pada karakter kucing bernama Dino, ia memiliki ketangkasan untuk memanjat gedung-gedung tinggi dan mencuri barang berharga. Ia tinggal bersama gadis kecil bernama Zoe.

Sejak ayahnya tewas dibunuh, Zoe selalu murung dan kehilangan semangat. Namun pada suatu hari, Dino mempertemukan Zoe dengan Nico, seorang buronan polisi yang ternyata punya sisi baik dalam hatinya.

9. Robinson Crusoe/The Wild Life.

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi yang rilis pada tahun 2016 ini juga merupakan hasil kerjasama antara Prancis dan Belgia. Nah, animasi Robinson Crusoe ini mengisahkan tentang burung Beo bernama Mac yang hidup di pulau terpencil. Ia ingin sekali berkeliling dunia. Sementara itu, Robinson dan anjingnya terdampar di pula tersebut.

10. I Lost My Body.

Film animasi Prancis terbaik © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film I Lost My Body ini merupakan animasi Prancis yang berhasil masuk nominasi Oscar tahun 2020. Mengangkat kisah yang unik, film ini berpusat pada tangan yang terputus. Tangan itu keluar dari laboratorium dan mencoba mencari tahu mengapa ia terpisah dengan anggota tubuh lainnya.

Dalam perjalanannya, satu persatu memori pun berhasil ia ingat. Namun ia hanya mengingat sang kekasih bernama Gabrielle. Dari pertemuan itulah, si tangan berusaha mencari tahu kebenaran apa yang membuatnya terjebak dalam kondisi ini.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR