Brilio.net - Jason Bourne akhirnya resmi dirilis di bioskop Indonesia sejak Rabu (27/7), kemarin. Film yang mengisahkan kehidupan seorang agen mata-mata CIA ini merupakan sekuel kelima Jason Bourne.

Sebelumnya, ada The Bourne Identity (2002), The Bourne Supremacy (2004), The Bourne Ultimatum (2007), dan The Bourne Legacy (2012).

Mengingat ini sekuel kelima, tentu banyak penonton yang mungkin masih dibuat kebingungan dan tidak mengenal dengan sosok Jason Bourne (Matt Damon).

Nah, daripada kamu bingung saat nonton film ini dan nggak paham jalan ceritanya, berikut brilio.net bagikan sejumlah fakta menarik seputar Jason Bourne yang dilansir brilio.net dari screenrant, Kamis (28/7).


1. Jason Bourne menguasai banyak bahasa.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

Sebagai agen rahasia, Jason Bourne memang sering ditugaskan dalam misi internasional. Itu sebabnya ia harus menguasai berbagai bahasa, di antaranya Inggris, Prancis, Rusia, Belanda, Swedia, dan Spanyol. Bahkan, dalam sebuah adegan di salah satu filmnya, ia secara tersirat juga menguasai bahasa Portugis.


2. Ia juga punya banyak identitas.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

Memiliki banyak identitas sangat penting dalam menentukan keberhasilan penyamaran sebagai seorang agen rahasia. Bourne dikenal licin mengelabui pemeriksaan keamanan saat masuk ke sebuah negara.


3. Ia telah membunuh 22 orang di semua filmnya.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

Menjadi seorang agen rahasia merupakan tugas yang berat dan memiliki banyak musuh. Namun ia juga dikenal sebagai agen yang sangat efisien dalam membunuh lawannya.


4. Ia anggota terakhir dari Treadstone.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

Treadstone merupakan salah satu program rahasia yang dimiliki CIA demi keamanan AS. Jason Bourne adalah satu-satunya agen yang tersisa dari Treadstone.


5. Usia Bourne lebih tua dalam versi novel.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

Saat Matt Damon ditunjuk memerankan Bourne di film pertama, usianya baru menginjak 31 tahun. Padahal dalam cerita versi novelnya, Bourne berusia 50 tahunan. Namun keputusan Damon menerima tawaran tersebut sangatlah tepat. Kini, sosok Jason Bourne melekat dalam dirinya dan tak tergantikan.


6. Jason Bourne awalnya diperankan oleh Richard Chamberlain.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

The Bourne Identity awalnya merupakan mini-series tahun 1988, jauh sebelum Damon memerankannya ke layar lebar. Richard Chamberlain yang semula ditunjuk memerankan Bourne dianggap kurang gagah dan necis dibandingkan dengan Matt Damon.


7. Ia menderita retrogade amnesia.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

Tak seperti amnesia pada umumnya, retrogade amnesia merupakan jenis kelainan lupa mengingat kejadian persis sebelum kecelakaan. Hal ini memungkinkan Bourne untuk membentuk kenangan baru dan secara bertahap mengingat masa lalunya tanpa merasa kebingungan.


8. Hanya tersenyum saat ia bersama Marie.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

Marie adalah sosok tak tergantikan bagi Jason Bourne. Saat Bourne dalam masa pelarian, ia bertemu Marie dan terjebak dalam romantisme. Namun sayangnya, kisah cinta Jason harus kandas saat orang yang ia cintai itu akhirnya meninggal.


9. Jason Bourne hampir diperankan oleh Brad Pitt.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

Doug Liman membutuhkan sosok pemeran Jason Bourne yang mampu mengungkapkan emosi secara liar. Salah satu opsi tersebut adalah Brad Pitt. Namun karena justru memilih membintangi Spy Game (2001). Peran tersebut akhirnya jatuh ke Matt Damon yang ternyata mampu memenuhi ekspektasi tim produksi.


10. Ia bisa mengalahkan Batman.

Jason Bourne © 2016 brilio.net

Jika dilihat dari kemampuan dan kecerdasan yang dimilikinya, Jason Bourne tampaknya bisa mengalahkan kekuatan Batman. "Jason Bourne mampu menghajar Batman," kata Matt Damon dalam sebuah wawancara.