Brilio.net - Kisah kehidupan seseorang yang diperlihatkan dalam sebuah drama dan serial di televisi memang selalu menarik untuk disaksikan. Apalagi jika drama tersebut memiliki alur cerita yang tidak membosankan. Bukan hanya drama Korea dan India saja, drama Turki juga mendapat sambutan baik dari penikmat drama di Indonesia lho.

Ada banyak alasan mengapa drama Turki banyak diminati di Indonesia, salah satunya adalah visual para pemainnya yang memesona. Bagaimana tidak, aktor dan aktris dari Turki seperti memiliki paras dari perpaduan wajah Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

Selain itu, Turki juga memiliki beberapa tradisi yang mirip dengan Indonesia. Mungkin salah satunya karena Indonesia dan Turki juga memiliki penduduk mayoritas beragama Islam, jadi unsur kedekatan dalam drama Turki bisa menjadi daya tarik khusus untuk masyarakat Indonesia.

Meski memiliki ratusan hingga ribuan episode, namun nyatanya drama Turki tetap tidak membosankan untuk ditonton. Bahkan selalu menghadirkan rasa penasaran akan kelanjutan episodenya. Ada banyak konflik-konflik yang ternyata mampu membuat para penonton gemas. Selain itu, drama Turki banyak memiliki alur cerita yang tidak mudah ditebak.

Karena berbagai daya tariknya, tak heran jika stasiun televisi Indonesia menayangkan drama Turki dari berbagai genre. Untuk nostalgia, berikut 10 drama Turki yang pernah tayang dan ngetop di Indonesia, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (20/11).

Loading...

1. Elif.

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @mubarak.offical

Elif merupakan drama Turki yang cukup populer di Indonesia. Sejak penayangan perdananya, drama Elif mampu menguras emosi penonton. Mengisahkan tentang kehidupan anak perempuan bernama Elif, ia harus dihadapkan pada kehidupan yang penuh intrik.

Sebelumnya, Elif harus meninggalkan rumah karena ayahnya yang jahat. Namun takdir justru membawanya bertemu dengan ayah kandungnya yang kaya. Ia tinggal dengan suasana rumah yang megah. Namun sebelum statusnya sebagai anak kandung terungkap, istri dari ayah kandung Elif berusaha menyingkirkan kehadirannya.

2. Cansu dan Hazal (Paramparca).

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@cansuhazal.indonesia

Mengisahkan kisah putri yang tertukar, drama Cansu dan Hazal juga mampu menarik perhatian publik meski kisahnya rumit. Dikisahkan bahwa keduanya tertukar saat masih bayi.

Cansu adalah anak yang dibesarkan oleh keluarga kaya dan penuh kasih sayang, namun ia juga tertekan karena merasa ibunya tak pernah puas dengan prestasinya. Sedangkan Hazal dibesarkan seorang diri oleh ibunya bernama Gulseren.

Ayahnya pergi dan meninggalkan utang sehingga Hazal hidup dengan kekurangan. Namun Hazal juga gadis yang sering memaksakan kehendak dan berlagak sombong seperti orang kaya. Karena mengetahui bahwa keduanya tertukar, muncul berbagai konflik yang seru untuk disaksikan. Drama ini bahkan ditayangkan di Indonesia hingga season 2.

3. Cinta di Musim Cherry (Kiraz Mevsimi).

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kirazmevsimistili

Serial Turki yang tak kalah populer di Indonesia adalah Cinta di Musim Cherry. Lagu opening berbahasa Indonesianya pun telah banyak dihafal dan dijadikan parodi kala itu.

Drama berjudul Cinta di Musim Cherry, berpusat cerita pada kisah Okyu dan Ayaz dalam menjalani lika-liku kehidupan cintanya. Dari penyajian cerita, color grading dan gaya dramanya disebut-sebut mirip dengan drama Korea. Tak selalu memperlihatkan adegan romantis, drama ini juga menyajikan unsur komedi yang menghibur.

4. Efsun dan Bahar(O Hayat Benim).

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: oketekno.com

Efsun dan Bahar menjadi drama Turki yang juga memiliki kisah unik. Dikisahkan bahwa Bahar adalah anak yang dititipkan oleh sang kakek ke keluarga pembantunya bernama Ilyas dan Nuran. Setelah bertahun-tahun lamanya, keluarga Bahar menginginkan anaknya kembali. Mengetahui ayah kandung Bahar adalah pengusaha yang kaya, Ilyas justru memberikan Efsun kepada mereka.

5. Abad kejayaan (Muhtesem Yuzyil).

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Berlatar waktu pada masa kejayaan kerajaan Ottoman, drama ini sukses membuat penonton di Indonesia rela begadang. Itu semua demi melihat kelanjutan kisah sultan Ottoman dan para selirnya.

Melalui drama ini, penonton diajak untuk melihat betapa Islam berada di puncak kejayaan saat Kerajaan Ottoman berkuasa. Selain perebutan kekuasaan, kisah persaingan antar selir untuk mendapatkan hati sang sultan juga turut mewarnai drama Abad Kejayaan.

6. Cinta Elif (Kara Para Ask).

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: planetdp.org

Drama Cinta Elif ini menjadi drama action yang dibumbui kisah cinta. Kisahnya mengangkat polisi bernama Omer dan desainer perhiasan bernama Elif. Mereka harus bekerja sama menguak kasus yang menyebabkan kematian orang yang mereka cintai.

Dikisahkan tunangan Omer dan ayah Elif meninggal bersamaan didalam satu mobil. Keanehan tersebut membuat keduanya ingin mengungkap apa yang sebenarnya terjadi dan siapa yang tega membunuh mereka.

7. Antara Nur dan dia (Asla Vazgecmem).

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Drama Turki yang satu ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Yigit yang dihadapkan pada kebimbangan. Sebelumnya ia harus menikah dengan wanita yang dipilihkan orangtuanya bernama Iclal.

Meski telah memiliki dua orang anak, Yigit tidak mencintai Iclal dan ingin bercerai. Mereka pun terus bertengkar karena membicarakan hal itu, hingga kecelakaan mobil terjadi.

Istrinya telah mengalami koma dalam waktu lama. Yigit kemudian jatuh cinta dengan wanita lain bernama Nur. Namun setelah Yigit dan Nur memutuskan menikah, Iclal istri pertama Yigit justru terbangun dari komanya selama 3 tahun. Dari sinilah konflik drama Antara Nur dan Dia menjadi menarik.

8. Shehrazat 1001 Malam (Binbir Gece).

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Ditayangkan di Indonesia pada tahun 2014, drama Shehrazat 1001 malam juga digemari oleh masyarakat. Drama ini berpusat pada cerita kehidupan wanita bernama Shehrazat. Ia adalah arsitek yang memiliki anak perempuan yang sedang menderita leukimia dan membutuhkan transplantasi sum-sum tulang.

Karena kondisi tersebut, Shehrazat harus terus berjuang untuk mendapatkan uang demi operasi anaknya. Di tengah kebimbangannya, Onur, bos dari perusahaan kontruksi tempatnya bekerja bersedia menanggung biaya operasi dan memberikannya uang dengan satu syarat, yakni menikah dengannya.

Menyadari harus tinggal dan menghabiskan hidup dengan bosnya, justru membuat Shehrazat membenci Onur. Namun seiring berjalannya waktu, Onur mulai menyadari kesalahannya dan menunjukkan sikap yang berbeda.

9. Air Mata Anakku (Kizlarim Icin).

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: media.iyaa.com

Ditayangkan di Indonesia pada bulan Ramadan, drama Air Mata Anakku menjadi pengobat rindu bagi para penikmat drama Turki. Drama ini berpusat cerita pada lima anak yang merupakan saudara.

Selain kerap menyaksikan pertengkaran kedua orangtuanya, kelima anak ini juga memiliki masalah-masalah lain di kehidupannya. Mulai dari permasalahan pekerjaan, sekolah, dan permasalahan mental.

10. Belahan Jiwa Kahraman (Kaderimin Yazildigi Gun).

Drama Turki pernah tayang di Indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kaderiminyg

Drama Turki yang penuh scene mengharukan ini, juga menjadi drama yang diminati di Indonesia. Berkisah tentang Kahraman dan sang suami Defne yang tak kunjung mendapatkan keturunan. Mereka pun didesak oleh keluarga untuk mencoba program inseminasi dengan menggunakan rahim wanita lain. Akhirnya keluarga Defne menemukan wanita yang dirasa cocok, yakni Elif.

Karena kondisi ekonominya, Elif pun bersedia menjadi ibu pengganti dan mengandung anak dari Kahraman dan Defne. Namun hasil inseminasi mereka ternyata gagal. Akibatnya ibu Defne yang ingin segera memiliki pewaris mendesak Defne untuk berhubungan dengan Elif. Pada akhirnya Elif tidak mengandung anak dari Kahraman dan Defne, namun buah hatinya sendiri dengan Defne.

Reporter: Deta Jauda/mgg

RECOMMENDED BY EDITOR