Brilio.net - Drama Korea menjadi salah satu produk industri hiburan yang cukup populer. Kepopuleran drama Korea dibuktikan dengan jumlah peminatnya yang semakin tahun semakin bertambah. Tidak hanya di negara asalnya, drama Korea juga mendapatkan respons positif dari para penikmat drama di Asia dan Amerika.

Beberapa judul drama Korea pun berhasil mendapatkan penghargaan di kancah internasional. Salah satunya adalah penghargaan atas jalan cerita yang menarik. Tak heran, jika setelah itu ada negara lain yang berusaha membuat versi remake dari drama Korea terkenal.

Selain ingin mendapatkan kesuksesan seperti drama aslinya, drama remake juga dibuat sebagai nostalgia dan melihat apa saja kekurangan dalam drama sebelumnya yang bisa diperbaiki. Tujuan lainnya adalah untuk menyesuaikan karakteristik penonton drama di negara lain yang mungkin berbeda dari Korea Selatan.

Dengan demikian drama remake akan menyajikan kisah yang lebih memiliki unsur 'kedekatan' dengan penonton. Jika kamu tertarik untuk menyaksikan drama asli dan versi remake-nya. Berikut 10 Drama Korea yang diremake negara lain, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (3/1).

1. Coffee Prince.

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: mydramalist.com

Coffee Prince menjadi salah satu drama Korea yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Yoon Eun-hye pada tahun 2007. Drama ini mengisahkan tentang seorang pemilik coffee shop yang mengaku sebagai gay. Ia melakukan itu karena ingin menolak perjodohan yang telah diatur oleh keluarganya. Akhirnya, ia berkencan dengan salah seorang karyawannya yang menyamar sebagai laki-laki.

Drama Korea Coffee Prince berhasil meraih kesuksesan dan diremake oleh negara lain. Salah satu yang populer adalah versi China nya yang berjudul "Prince Coffee Lab." Drama remake ini tayang pada 2018 dan memiliki episode lebih panjang dari drama aslinya. Uniknya, drama ini juga menghadirkan Yoon Eun-hye sebagai cameo yang mencuri perhatian.

2. Signal.

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com

Signal merupakan drama Korea bergenre action yang berhasil meraih rating tinggi selama penayangannya. Drama yang rilis pada 2016 ini, memiliki alur cerita yang menarik dan terus membuat penasaran. Tak heran ada negara lain yang turut membuat versi remakenya. Dengan judul yang sama, Jepang juga membuat drama berjudul Signal yang dibintangi oleh aktor Kentaro Sakaguchi.

3. She Was Pretty.

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: mydramalist.com; imdb.com

Selanjutnya ada drama She Was Pretty yang dibintangi oleh Park Seo-joon, Hwang Jung-eum, dan Choi Siwon. Drama ini mengisahkan tentang sahabat masa kecil yang bertemu dan saling jatuh cinta. Namun wajah mereka sudah mengalami perubahan. Dari yang cantik menjadi jelek, dan dari yang jelek menjadi tampan.

Nah, drama She Was Pretty juga dibuat versi remake nya oleh negara lain. Dalam versi drama Turkinya berjudul Suviyor Sevmiyor yang tayang pada 2016. Tidak main-main, drama ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Turni seperti Gokhan Alkan dan Zeynep Camci.

4. Princess Hours.

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com

Princess Hours menjadi salah satu drama yang berhasil mendongkrak kepopuleran drama Korea. Dahulu banyak dvd Princess Hours yang beredar dan laris dipasaran. Nah, drama legendaris ini juga telah diremake oleh negara lain, yakni Thailand. Namun ada beberapa perbedaan dari segi profesi sang peran utama dan scene-scene romantis yang dihadirkan lebih banyak.

5. My Love From the Star.

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com; Twitter/Sinemart Indonesia

Drama My Love From the Star mengisahkan tentang alien yang datang ke bumi dan kesusahan untuk kembali ke tempat asalnya. Ia hanya bisa pulang saat ada komet yang hanya muncul setiap 400 tahun. Namun ia justru jatih cinta pada seorang selebriti Korea dan ingin terus bersamanya.

Drama yang dibintangi oleh Kim So-hyun dan Jun Ji-hyun ini juga banyak dibuat versi remake-nya oleh negara lain, salah satunya Indonesia. Dibintangi oleh Nikita Willy dan Morgan Oey, drama remake ini diberi judul Kau yang Berasal dari Bintang dengan jumlah episode yang lebih banyak.

6. Descendats of the Sun.

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com; kapanlagi.com

Drama Korea populer selanjutnya adalah Descendats of the Sun yang dibintangi oleh Song Hye-kyo dan Song Joong-ki. Drama ini kembali dibuat versi Thailand dengan kisah dan karakter yang sama persis. Mengisahkan tentang perjalanan cinta antara dokter dan tentara, drama remake ini dinilai berhasil memukau para penggemar lho.

7. Naughty Kiss

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com

Naughty Kiss sebenarnya juga drama yang diadaptasi dari drama Jepang berjudul Itazura na Kiss. Namun karena kepopuleran drama Naughty Kiss, akhirnya Thailand juga ikut membuat remake yang berjudul Kiss Me. Beberapa scenenya pun dinilai sangat mirip dengan versi Korea. Kiss Me dibintangi oleh Mike Angelo dan Sucharat Manaying.

8. Full House.

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com; mydramalist.com

Drama Korea Full House merupakan drama populer yang dibintangi oleh Rain dan Song Hye-kyo. Drama ini mengisahkan tentang dua orang yang terpaksa tinggal dalam satu rumah dan menikah kontrak. Masih diremake oleh Thailand, versi remake nya juga dibintangi oleh pemain utama lakorn Kiss Me yakni Mike Angelo dan Sucharat Manaying.

9. The Innocent Man.

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: mydramalist.com; Facebook/Gunahkar

Drama The Innocent Man menjadi salah satu drama populer yang melambungkan nama Song Joong-ki. Drama ini mengisahkan tentang seorang pria yang mengalami sakit hati karena perlakuan pacarnya. Ia pun ingin membalaskan dendamnya dengan memanfaatkan seorang gadis yang hilang ingatan. Drama ini pun dibuat versi remake-nya oleh Turki dengan judul Gunahkar.

10. Good Doctor.

drama korea remake © 2020 brilio.net

foto: liputan6.com

Good Doctor adalah drama Korea yang berhasil mengangkat tema tentang medis dan dunia kedokteran. Drama tersebut mendapat sambutan yang baik oleh berbagai negara. Bahkan Amerika pun pernah membuat versi remake-nya dengan judul yang sama. Serial Amerika ini dibintangi oleh Frieddie Highmore, yang berperan sebagai Shaun Murphy, dokter bedah dengan sindrom autisme dan savant.


Reporter: Deta Jauda Najmah