Brilio.net - Serial drama Korea sudah menjadi candu bagi penikmat drama di Indonesia. Berbagai genre dan kisah yang disuguhkan dapat membuat kita menangis dan senyum-senyum sendiri.

Drama kolosal menjadi salah satu genre yang banyak disukai oleh penikmat drama Korea. Kisah cinta yang penuh perjuangan dengan intrik kerajaan menjadikan drama ini semakin menarik.

Drama Korea kolosal merupakan cerita yang diambil dari kisah masyarakat di zaman kerajaan. Tidak hanya menyaksikan kisah cinta, dalam drama kolosal kita juga bisa menyaksikan sejarah tanpa rasa bosan. Berikut ini drama Korea kolosal terbaik yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (7/1)

1. Gu Family Book.

10 Drama Korea kolosal terbaik, sayang untuk dilewatkan © 2020 brilio.net

Loading...

foto: asianwiki.com

Drama Korea ini dibintangi oleh Lee Seung-gi dan Bae Suzy. Tayang dengan 24 episode pada 2013 lalu menceritakan "Gumiho" legendaris (Choi Kang-chi), setengah manusia dan setengah binatang yang berjuang untuk menjalani hidupnya sebagai manusia.

Kang-chi adalah putra Gu Wol-ryung, roh penjaga Gunung Jiri dan Yoon Seo-hwa, seorang manusia biasa. Choi Kang-chi kemudian dibesarkan oleh keluarga angkat. Dia tumbuh sebagai karakter yang keras.

Lambat laun dia menyadari bahwa dia adalah setengah manusia setengah binatang. Saat melewati perjuangan, ia bertemu Dam Yeo-wool yang merupakan ahli seni bela diri dan memanah. Kemudian, mereka berdua saling jatuh cinta.

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo.

10 Drama Korea kolosal terbaik, sayang untuk dilewatkan © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com

Drama sebanyak 20 episode ini diadaptasi dari novel Tiongkok, Bu Bu Jing Xin yang ditulis oleh Tong Hua. Menceritakan tentang seorang desainer yang terlempar ke era Goryeo. Ketika gerhana matahari total terjadi, Go Ha-jin yang diperankan oleh IU dari abad ke-21 dibawa kembali ke era Dinasti Goryeo.

Ha-jin bangun dalam tubuh Hae Soo yang berusia 16 tahun, seorang bangsawan yang tinggal bersama Lady Hae, sepupunya yang merupakan salah satu istri putra Raja Taejo. Dia mencoba beradaptasi dengan keadaannya sekarang. Meskipun dia tahu dia tidak boleh terlibat dalam intrik istana atas suksesi tahta, dia secara tidak sengaja menjadi pion dalam perjuangan. Lantaran beberapa pangeran jatuh cinta padanya.

3. Love in The Moonlight.

10 Drama Korea kolosal terbaik, sayang untuk dilewatkan © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com

Drama yang tayang pada 2016 lalu dibintangi oleh sederet artis ternama, Park Bo-gum, Kim Yoo-jung, Jung Jin-young, dan Kwak Dong-yeon. Berlatar di Dinasti Joseon abad ke-19, drama ini bercerita tentang Hong Ra-on yang menyamar sebagai pria dan menasihati para pria untuk berkencan.

Berkat salah satu surat cinta yang dia tulis, dia bertemu Putra Mahkota Hyo-myeong. Ra-on tidak menyadari bahwa ia adalah putra mahkota dan Hyo-myeong tidak menyadari bahwa Ra-on adalah seorang wanita. Putra mahkota tertarik pada Ra-on. Kasim-kasimnya menyadari akan hal ini dan berupaya menjadikan Ra-on menjadi salah satu dari mereka.

4. 100 Days My Prince.

10 Drama Korea kolosal terbaik, sayang untuk dilewatkan © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com

Drama yang dibintangi oleh aktor sekaligus member dari EXO, Do Kyung-soo dan aktris Nam Ji-hyun. Drama berjumlah 16 episode pada 2018 lalu bercerita tentang kisah cinta Putra Mahkota Joseon dan seorang gadis biasa.

Lee Yul adalah Putra Mahkota Joseon, seorang perfeksionis yang tampak dingin. Suatu hari, dia mengesahkan undang-undang yang menyatakan bahwa semua warga negara Korea harus menikah sebelum mereka mencapai usia 28 tahun. Ia pun bertemu Hong Shim (Kim Yoo-jung), gadis yang menyelematkannya dari percobaan pembunuhan. Mereka berdua pun terus menghadapi masalah-masalah kerajaan yang ada setelahnya.

5. My Sassy Girl.

Potret Yuni Shara nongkrong di sepeda motor ini kece bak ABG © 2020 brilio.net

foto: mydramalist.com

Tayang pada 2017 lalu, drama ini dibintangi oleh Joo Won dan Oh Yeon-soo. Drama yang berdurasi 30 menit tiap episode ini bercerita tentang sebuah kisah cinta seorang cendekiawan kota, Gyun-woo, yang dikenal sebagai "harta nasional Joseon", dan puteri mahkota, Hye-myung.

Hye-myung dikenal sebagai puteri pembuat masalah. Suatu ketika dia bertemu dengan Gyun-woo. Keduanya dalam keadaan mabuk berat yang menyebabkan mereka mengalami kejadian tidak mengenakkan. Drama ini tayang selama 32 episode. Drama ini sempat populer pada tahun 2017, selain karena adaptasi dari film My Sassy Girl (2001) drama ini juga tayang di Tiongkok dan Jepang pada waktu yang sama.

6. The Moon That Embraces The Sun.

Potret Yuni Shara nongkrong di sepeda motor ini kece bak ABG © 2020 brilio.net

foto: mydramalist.com

Drama dengan 20 episode yang tayang pada 2012 silam dibintangi oleh Han Ga-in dan Kim Soo-hyun. Menceritakan tentang kisah cinta yang tragis antara putera mahkota Lee Hwon dan puteri mahkota Yeon Woo.

Drama ini mencapai rating tertingginya dengan rating 42.2%, sehingga mendapatkan status "Drama Nasional". Drama ini juga memenangkan penghargaan Drama Terbaik dan Aktor Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-48 dan MBC Drama Awards 2012.

7. Rooftop Prince.

Potret Yuni Shara nongkrong di sepeda motor ini kece bak ABG © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com

Dibintangi oleh Park Yoo-chun dan Han Ji-min, drama yang diproduksi oleh SBS pada tahun 2012 ini berjumlah 20 episode dengan durasi 65 menit. Berlatar pada era Dinasti Chosun dan Korea modern, drama ini menceritakan tentang putera mahkota Yi Gak yang melakukan perjalanan waktu ke era Korea modern.

Dalam kehidupannya di Korea modern dia bertemu dengan orang-orang yang juga berada di jaman Dinasti Chosun. Dia bertemu dengan Park Ha dan Hong Se-na yang menuntunnya pada misteri kematian istinya di era Dinasti Chosun.

Rooftop Prince sangat layak untuk masuk ke dalam drama Kolosal terbaik sepanjang masa. Bagaimana tidak? Pada tahun 2012, drama ini meraih Best Korean Drama di German Remarkable Korean Awards. Selain itu, para pemeran utamanya juga meraih lebih dari 3 penghargaan di tahun yang sama karena bermain dalam drama ini.

8. Queen for Seven Days.

10 Drama Korea kolosal terbaik, sayang untuk dilewatkan © 2020 brilio.net

foto: mydramalist.com

Berdurasi 60 menit tiap episode, dan ditayangkan dalam 20 episode drama ini dibintangi oleh Park Min-young dan Yeon Woo-jin. Tayang pada 2017 lalu, drama ini berdasarkan pada cerita sejarah mengenai legenda Joseon yang tragis.

Drama ini tentang kisah cinta antara Raja Jung Jong dan Ratu Dan Kyung yang dimahkotai dan digulingkan dalam kurun waktu satu minggu. Mereke berupaya digulingkan karena fraksi-fraksi politik saingan yang mengendalikan pemerintahan raja.

9. The King in Love.

10 Drama Korea kolosal terbaik, sayang untuk dilewatkan © 2020 brilio.net

foto: mydramalist.com

Drama yang berdurasi 35 menit tiap episode, dan tayang selama 40 episode drama ini merupakan adaptasi dari novel yang ditulis oleh Kim Yi-ryung dengan judul yang sama. Drama ini dibintangi oleh Im Shi-wan, Im Yoon-ah, dan Hong Jong-hyun.

Drama ini menceritakan tentang persahabatan putera mahkota Wang Won dan putera bangsawan Wang Rin. Mereke kemudian bertemu dengan Eun San, gadis cantik yang merupakan puteri pengusaha kaya. Ketiganya terlibat cinta segitiga yang memicu hancurnya persahabatan sang putera mahkota.

10. Jewel in the Palace.

10 Drama terbaik, sayang untuk dilewatkan © 2020 brilio.net

foto: mydramalist.com

Cerita pada drama yang tayang pada 2003 silam ini didasarkan pada tokoh sejarah yang diceritakan dalam catatan sejarah Dinasti Chosun. Drama dengan 54 episode yang berdurasi 65 menit tiap episodenya. Drama ini berkisah tentang Dae Jang-geum yang merupakan seorang dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Chosun.

Pada saat itu, Korea memiliki struktur sosial yang didominasi oleh hierarki dan pria tidak melemahkan keahlian yang dimiliki Jang-geum. Jang-geum mengatasi serangkaian diskriminasi sosial dengan menjadi koki kerajaan sampai akhirnya dipercaya menjadi dokter kerajaan.

Reporter: Hameda Rachma

RECOMMENDED BY EDITOR