Brilio.net - Ada beberapa alasan mengapa drama Korea banyak diminati. Mulai dari alur ceritanya yang menarik, visual aktor dan aktris yang menawan, hingga pemilihan soundtrack yang tepat di setiap adegan. Selain itu, banyak pesan inspiratif yang sebenarnya berusaha ditunjukkan dalam sebuah drama Korea.

Kadang kala ada informasi baru juga lho yang bisa kita dapatkan saat menontonnya dengan seksama. Tidak selalu mengisahkan lika-liku cinta, banyak drama Korea memperlihatkan gambaran setiap profesi dan tugasnya. Salah satunya adalah profesi sebagai jurnalis.

Tidak banyak yang tahu bagaimana proses pencarian berita yang dilakukan para jurnalis. Demi menjalankan pekerjaannya mengungkap suatu fakta, jurnalis menemukan banyak rintangan yang tidak mudah.

Untuk lebih memahami, berikut 10 drama Korea bertema kehidupan jurnalis yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (16/10).

1. Two Cops

Loading...

drama korea jurnalis istimewa

foto: dramabeans.com

Bukan hanya mengisahkan tentang misi detektif, drama ini juga memperlihatkan sosok jurnalis bernama Song Ji-an, yang diperankan oleh Lee Hye-ri. Melalui drama ini, kita diperlihatkan bahwa rasa keadilan harus ada dalam diri jurnalis.

Tanpa rasa keadilan, jurnalis akan dengan mudah menyalahgunakan pekerjaannya. Dalam drama ini karakter wartawan wanita bernama Song Ji-an juga digambarkan sangat tekun dalam proses pencarian berita. Ia juga memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa menguatkan fakta.

2. Healer

drama korea jurnalis istimewa

foto: dramabeans.com

Drama ini akan memperlihatkan bahwa pekerjaan jurnalis tidak semudah yang terlihat. Demi mengungkap fakta, jurnalis harus punya mental baja dan tidak menyerah pada situasi terburuk sekalipun.

Dalam drama ini, aktor tampan Ji Chang-wook harus berperan layaknya agen yang siap mencari data. Selain itu, ada karakter bernama Cha Yeung-shin yang diperankan oleh Park Min-young. Ia juga berprofesi sebagai jurnalis online di stasiun tv.

3. Big Issue

drama korea jurnalis istimewa

foto: mydramalist.com

Bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang fotografi jurnalistik, drama ini mungkin akan cocok untuk menjawab rasa penasaranmu. Dikisahkan Han Seok-joo yang diperankan oleh Joo Jin-moo adalah seorang jurnalis pemburu foto.

Ia dikenal sebagai paparazzi ulung yang selalu mendapatkan foto-foto selebriti ternama. Melalui foto yang ia ambil, banyak skandal seleb yang akhirnya terkuak melalui media.

4. Pinocchio

drama korea jurnalis istimewa

foto: dramabeans.com

Drama populer yang tayang tahun 2014 ini juga mengambil tema jurnalistik. Selain punya pesan inspiratif, drama ini juga diperankan aktor dan aktris berbakat yaitu Park Shin-hye dan Lee Jong-suk.

Dikisahkan Choi In-ha yang diperankan Park Shin-hye adalah reporter yang memiliki sindrom pinocchio. Karena sindrom inilah, Choi In-ha akan cegukan apabila ia berbohong. Selama menjadi reporter, Choi In-ha selalu bertekad terus jujur dalam membawakan berita.

5. The Producers

drama korea jurnalis istimewa

foto: dramabeans.com

Drama ini mengangkat tema jurnalistik di bidang broadcasting. Tokoh utama dalam drama ini adalah junior producer yang bernama Baek Seung-chan yang diperankan Kim Soo-hyun. Pekerjaannya sebagai produser membuatnya harus menangani banyak masalah. Ia harus memastikan show di televisi berjalan lancar dan ia pun harus siap meladeni para selebriti yang kadang kala menolak diberi arahan.

6. Argon

drama korea jurnalis istimewa

foto: dramabeans.com

Mengisahkan tentang wartawan bernama Kim Baek-jin yang diperankan Kim Ju-hyeok, drama ini juga memberikan gambaran bagaimana kegiatan jurnalistik di kantor redaksi. Dikisahkan Kim Baek-jin adalah wartawan profesional yang sudah biasa melakukan investigasi untuk menghasilkan berita. Sebagai senior, ia juga berusaha membuat wartawan kontrak benama Lee Yeon-hwa paham akan tugasnya sebagai jurnalis.

7. While You Were Sleeping

drama korea jurnalis istimewa

foto: castko.com

Drama ini menampilkan sosok reporter berita bernama Nam Hong-joo yang diperankan Bae Suzy. Dalam drama ini, kita dapat melihat bahwa berita di media memiliki kekuatan untuk membentuk opini publik. Maka banyak oknum yang berusaha memberikan tawaran menggiurkan agar seorang jurnalis mau membuat berita yang bisa menguntungkan bagi dirinya.

8. She Was Pretty

drama korea jurnalis istimewa

foto: dramabeans.com

Tidak melulu wartawan media cetak atau televisi, drama ini mengangkat tema jurnalisme di majalah fashion. Aktor dan aktris yang membintangi drama ini adalah Park Seo-joon, Hwang Jung-eum, Choi Si-won dan Koh Joon-he. Melalui drama ini, kita akan diperlihatkan gambaran para jurnalis majalah yang secara khusus mengurus tentang konten.

9. Radio Romance

drama korea jurnalis istimewa

foto: dramabeans.com

Seperti judulnya, drama ini mengankat tema jurnalistik radio. Mengisahkan tentang perjuangan Song Geu-rim yang diperankan oleh Kim So-hyun, ia adalah penulis program radio yang sering dipandang sebelah mata. Hasil tulisannya selalu dinilai tidak menarik. Namun ia berhasil mempertahankan programnya yang hampir dibubarkan karena sepi peminat. Semua itu berkat usaha Song Geu-rim meyakinkan aktor terkenal bernama Ji Soo-ho yang diperankan oleh Yoon Doo-jun untuk mengisi acaranya.

10. Jealouse Incarnate

drama korea jurnalis istimewa

foto: dramafever.com

Meski banyak menampilkan adegan-adegan yang mengundang tawa, drama berjudul Jealose Incarnate ini sebenarnya berpusat pada kisah penyiar berita di televisi yang bernama Lee Hwa-shin yang diperankan oleh Jo Jung-suk. Uniknya, Lee Hwa-shin dikisahkan memiliki penyakit kangker payudara meski ia adalah seorang pria.

reporter: mgg/deta jauda

RECOMMENDED BY EDITOR