Brilio.net - Anime dengan genre misteri menjadi salah satu pilihan untuk ditonton bagi sebagian orang. Plot twist yang mengejutkan membuat kita ikut memecahkan teka-teki dan tidak akan bosan saat menonton.

Tidak hanya dibangun oleh suasana yang tegang, kolaborasi antara drama, pembunuhan, dan kekuatan supranatural juga menjadi penyebab rasa penasaran kita yang tidak kunjung usai. Untuk membangkitkan jiwa detektif yang ada dalam diri kita, tak ada salahnya untuk menonton anime penuh misteri.

Untuk mengisi waktu senggang saat liburan, berikut brilio.net merangkum dari berbagai sumber, berikut anime misteri terbaik yang bikin penasaran.

1. Death Note.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net

Death Note merupakan anime misteri yang sangat seru. Berkisah tentang seseorang yang bernama Shinigami, dewa kematian yang dapat membunuh siapa saja asalkan mereka melihat wajah korban mereka dan menuliskan nama korban mereka di buku catatan yang disebut Death Note. Suatu hari, Ryuk, bosan dengan gaya hidup Shinigami dan tertarik melihat bagaimana manusia akan menggunakan Death Note, kemudian dia menjatuhkan satu buku ke dunia manusia.

Siswa sekolah menengah, Light Yagami menemukan Death Note. Dia menguji buku catatan yang mematikan itu dengan menuliskan nama seorang penjahat di dalamnya. Ketika penjahat meninggal segera setelah eksperimennya dengan Death Note, Light sangat terkejut dan dengan cepat menyadari betapa dahsyatnya kekuatan yang telah jatuh ke tangannya.

2. The Promised Neverland.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net

Grace Field House yang dikelilingi oleh hutan dan pintu masuk berpagar, dihuni oleh anak-anak yatim yang hidup bahagia bersama sebagai satu keluarga besar, dijaga oleh "Mama" mereka, Isabella. Meskipun mereka diharuskan mengikuti tes setiap hari, anak-anak bebas untuk menghabiskan waktu mereka sesuai keinginan mereka. Biasanya mereka bermain di luar, selama mereka tidak terlalu jauh dari panti asuhan. Itulah aturan yang harus mereka ikuti tidak peduli apa pun yang terjadi.

Namun, semua waktu yang baik harus berakhir, karena setiap beberapa bulan, seorang anak diadopsi dan dikirim untuk tinggal bersama keluarga baru. Anehnya mereka tidak pernah terdengar lagi kabarnya.

Karena suatu alasan, ketiga saudara tertua memiliki kecurigaan mereka tentang apa yang sebenarnya terjadi di panti asuhan, dan mereka akan menemukan nasib kejam yang menanti anak-anak yang tinggal di Grace Field.

3. Mirai Nikki.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelis.net

Yukiteru Amano adalah siswa sekolah menengah yang kesepian. Ia menghabiskan hari-harinya dengan menulis buku harian di ponselnya, sambil bercakap-cakap dengan dua teman yang tampaknya imajiner, Deus.

Mengungkap dirinya sebagai entitas aktual, Deus memberikan Yukiteru sebuah "Diary Acak," yang menunjukkan entri yang sangat deskriptif berdasarkan masa depan dan memaksanya menjadi bangsawan pertempuran berdarah dengan 11 pemegang buku harian masa depan yang sama kuatnya. Orang terakhir yang selamat akan ditunjuk sebagai dewa waktu dan ruang baru. Yukiteru harus menemukan dan membunuh 11 lainnya untuk bertahan hidup.

4. Kuroshitsuji.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net

Ciel Phantomhive muda dikenal sebagai "Anjing Penjaga Ratu", yang mengurus banyak peristiwa meresahkan yang terjadi di Inggris. Dibantu oleh Sebastian Michaelis, kepala pelayannya yang setia dengan kemampuan yang tampaknya tidak manusiawi, Ciel menggunakan segala cara yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Di masa lalu Ciel berada pada sebuah tragedi rahasia yang menyelimutinya dalam kegelapan abadi. Selama menghadapi salah satu momen paling suramnya, ia membentuk kontrak dengan Sebastian, iblis yang menawar jiwanya dengan imbalan balas dendam kepada mereka yang berbuat jahat padanya.

5. Death Parade.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net

Death Parade menceritakan kehidupan setelah kematian, yang mana di sana tidak ada surga atau neraka, hanya sebuah bar yang berdiri di antara reinkarnasi dan dilupakan. Di sana, petugas akan, satu demi satu, menantang pasangan yang baru saja meninggal menjadi permainan acak di mana nasib mereka naik ke reinkarnasi atau jatuh ke dalam kekosongan akan dipertaruhkan. Entah itu bowling, panah, hoki udara, atau apa pun di antaranya, sifat sejati setiap orang akan terungkap dalam parade kematian (Death Parade) dan kenangan mengerikan.

6. Boku dake ga Inai Machi.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net

Satoru Fujinuma menemukan dirinya dikirim kembali beberapa menit sebelum kecelakaan itu terjadi, atau ketika tragedi akan menyerang dirinya. Kemampuannya ini disebut "Revival". Dia menggunakan kemampuannya tersebut untuk menyelamatkan banyak nyawa.

Ketika dia secara salah dituduh membunuh seseorang yang dekat dengannya, Satoru dikirim kembali ke masa lalu sekali lagi, tetapi kali ini ke tahun 1988, 18 tahun di masa lalu. Segera, dia menyadari bahwa pembunuhan itu mungkin terkait dengan penculikan dan pembunuhan salah satu teman sekelasnya, Kayo Hinazuki yang terjadi ketika ia masih kecil. Ini adalah kesempatannya untuk memperbaiki keadaan.

Misinya untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi 18 tahun yang lalu dan mencegah kematian teman sekelasnya sekaligus melindungi mereka yang dia pedulikan di masa sekarang telah dimulai.

7. Gosick.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net

Azuya Kujou adalah siswa asing di Saint Marguerite Academy, sebuah sekolah asrama mewah di negara Sauville, Eropa Selatan. Berasal dari Jepang, rambut hitam legam dan mata coklat gelapnya menyebabkan rekan-rekannya menghindarinya dan memberinya julukan "Black Reaper".

Pada hari seperti hari lainnya, Kujou mengunjungi perpustakaan mewah sekolah untuk mencari cerita hantu. Namun, fokusnya segera berubah ketika dia melihat gadis dengan rambut keemasan di tangga. Langkah-langkah membawanya ke sebuah taman besar dan dia bertemu dengan Victorique de Blois, gadis yang memiliki kemampuan untuk memprediksi masa depan.

Dengan lebih banyak misteri yang berkembang dengan cepat, termasuk penampilan kapal hantu dan seorang alkemis dengan kekuatan transmutasi, Victorique dan Kujou yang terikat oleh takdir dan keterampilan unik, mereka tidak punya pilihan selain mengandalkan satu sama lain.

8. Another.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net

Pada tahun 1972, seorang siswa populer di Sekolah Menengah Utara Yomiyama bernama Misaki meninggal dunia. Sejak itu, Kota Yomiyama telah diselimuti oleh suasana yang menakutkan, dari rahasia gelap yang tersembunyi.

Dua puluh enam tahun kemudian, Kouichi Sakakibara yang berusia 15 tahun pindah ke kelas 3 di Yomiyama North dan setelah itu, dia menemukan bahwa suasana aneh dan suram tampaknya menggantung pada semua siswa. Dia juga mendapati dirinya tertarik pada siswa misterius, yang mengenakan penutup mata, Mei Misaki.

9. Tokyo Ghoul.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net

Tokyo Ghoul bercerita tentang kehidupan siluman (Ghoul) pemakan manusia yang ingin menguasai dunia. Di samping itu peran utama bernama Ken Kaneki tanpa sengaja terjangkit virus Ghoul. Kaneki pun berubah jadi setengah manusia setengah siluman. Pada awalnya Kaneki sangat takut setangah mati dengan perubahannya tersebut. Namun pada akhirnya ia bertekad  untuk bisa mempersatukan Ghoul dengan manusia bisa.

10. Hyouka.

film misteri © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net

Hyouka adalah anime misteri yang menceritakan tentang seorang siswa sekolah menengah bernama Houtarou Oreki, mendaftar ke Klub Sastra Klasik atas perintah kakaknya. Kemudian dia menyadari betapa mendalamnya sejarah klub.

Dengan bingung, Oreki terseret ke dalam penyelidikan tentang misteri 45 tahun lalu yang mengelilingi ruang klub. Didampingi oleh sesama anggota klubnya, Satoshi Fukube yang berpengetahuan luas, Mayaka Ibara yang tegas dan ramah, dan Eru Chitanda yang selalu ingin tahu, Oreki harus memerangi tenggat waktu dan kurangnya informasi dengan akal dan bakat tersembunyinya, agar menemukan kebenaran yang terkubur.

Reporter: Hameda Rachma