Brilio.net - Kamu yang tumbuh di era 90-an pasti punya kebiasaan nonton anime tiap Minggu pagi. Hayo ngaku? Ada banyak serial anime yang terkenal kala itu, sebut saja seperti Doeraemon, Crayon Shincan, Detektif Conan dan masih banyak lagi.

Nah saat kamu dewasa, ternyata anime-anime itu masih tayang lho. Duh mungkin batinmu bilang, ini Nobita udah 20 tahun lebih masak masih segitu-segitu aja? Ujung-ujungnya penasaran kan, memang ada berapa episode sih? Duh, kalau dihitung nggak terkira, Tukang Bubur Naik Haji lewat deh.

Berikut ada daftar anime dengan episode terpanjang seperti yang sudah brilio.net darti meganejournal, Minggu (3/4).

BACA JUGA: Sederet artis cantik ini putuskan untuk melepas hijab, duh kenapa ya?

1. Kochira Katsushikaku Kameari, Kouen-mae Hashutsujo (373 episode)

Anime bercerita tentang kisah seorang polisi berpangkat rendah ayng ditugaskan menyelesaikan berbagai kasus di daerah Katsushika. Tayang mulai tahun 1996 hingga 2008.

2. Naruto (629++ episode)

Nah kalau ini semua pasti udah tahu dong tentang perjuangan seorang ninja dalam merebut gelar Hokage. Yap dia adalah Naruto, Anime ini tayang mulai tahun 2007 hingga sekarang.

3. One Piece (692++ episode)

Cerita tentang sekelompok bajak laut yang kocak memang asyik untuk diikuti. makanya anime ini tetap saja laris dari tahun 1999 hingga sekarang.

4. Detective Conan (781++ episode)

Yang pada doyan misteri dan tebak-tebakan pasti suka deh dengan anime ini. Ceritanya tentang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tiba-tiba mengecil karena minum sesuatu. Akhirnya dia berganti nama menjadi Conan Edogawa yang kemudian sering membantu ayah dari pacarnya Ran. Anime ini tayang mulai dari tahun 1996 dan masih mengudara hingga sekarang.

5. Crayon Shinchan (856++ episode)

Siapa sih disini yang nggak kenal Shinchan? Anak berusia 5 tahun yang nakalnya minta ampun selalu sukses bikin siapapun yang nonton tertawa terpingkal-pingkal. Karena kekocakannya itulah Crayon Shinchan bisa bertahan lama hingga episode 856 lebih sejak tahun 1992 sampai sekarang.

Film ini sudah diputar sejak hampir setengah abad lalu, apa itu? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


6. Chibi Maruko Chan (981++ episode)

Chibi Maruko Chan merupakan salah satu anime menarik yang mengajarkan keharmonisan keluarga. Anime ini juga termasuk anime tua di Jepang karena sudah ada sejak tahun 1990 dan sekarang mencapai 981 episode lebih.

7. Hoka Hoka Kazoku (1.428 episode)

Anime ini mungkin tidak terlalu terkenal di Indonesia karena tidak ditayangkan di TV. Namun di Jepang sangatlah populer, tema ceritanya berubah terus setiap episodenya. Meski begitu selalu ditunggu oleh penonton setianya. Anime ini tayang mulai tahun 1976 hingga 1982.

8. Nintama Rantarou (1.823++ episode)

Nah kalau anime ini bercerita tentang pengalaman 3 ninja cilik saat belajar di sebuah padepokan. Anime ini pernah tayang sebentar di Indonesia. Nintama Rantarou saat ini sudah mengudara sebanyak 1.823 episode lebih mulai dari tahun 1993 sampai sekarang.

9. Doraemon (2.200++ episode)

Jika kamu berpikir Doraemon adalah anime dengan episode terpanjang maka kamu salah besar. Anime yang bercerita tentang seorang anak kecil bernama nobita dan robot kucing ini ternyata hanya menempati posisi kedua. Meski begitu untuk kepopuleran, Doraemon menang di atas segalanya dan dianggap ikon anime Jepang. Anime ini mulai mengudara pada tahun 1973 sampai sekarang hingga mencapai 2.200 episode lebih.

10. Sazae-san (9.571++ episode)

Nah ini dia anime yang mengalahkan Doraemon. Episodenya tak main-main sudah 9.000-an lebih. Anime yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari keluarga di Jepang ini tayang mulai tahun 1968 hingga sekarang. Saking panjangnya bahkan sempat dinobatkan sebagai serial anime terpanjang di dunia oleh Guiness Bokk of World Record pada tahun 2013.