Brilio.net - Anime memang menjadi salah satu kultur Jepang yang sudah mendarah daging pada masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis anime yang disuguhkan, mulai dari anime romantis sampai fiksi sains. Tak ketinggalan, ada anime detektif yang tidak boleh kamu lewatkan.

Anime detektif memiliki berbagai jenis cerita yang berbeda, tetapi konsepnya selalu sama, yaitu menyelesaikan sebuah kasus misterius. Ada yang memiliki kemampuan khusus, ada juga yang punya kemampuan analisis yang tajam.

Nah, tahukah kamu jika ada banyak anime detektif yang dianggap terbaik sepanjang masa? Alur ceritanya dijamin bikin deg-degan dan bikin penasaran. Seru!

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (4/1), berikut 10 anime detektif terbaik sepanjang masa.


1. Detective Conan.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Detective Conan merupakan serial yang diproduksi sejak 1996 silam dan masih menjadi kisah detektif yang banyak digemari. Menceritakan sosok Shinichi Kudo, siswa sekolah menengah ini memiliki kemampuan menjadi detektif.

Kisahnya dimulai saat Shinichi melihat dua orang mencurigakan, lalu ia memutuskan untuk mengikuti mereka. Ia secara tidak sengaja menjadi saksi kejahatan. Sayangnya, ia ketahuan, sehingga para penjahat itu memberinya obat percobaan yang dibuat oleh organisasi kriminal mereka. Bukan membuatnya mati, tetapi obat itu malah membuat tubuhnya berubah menjadi seorang anak berusia tujuh tahun.

Shinichi menyembunyikan identitas aslinya dari semua orang, termasuk teman masa kecilnya Ran Mouri dan ayahnya, Kogoro Mouri seorang detektif swasta. Ia mengganti namanya menjadi Conan Edogawa.

Bersama dengan teman-teman kecilnya, Detektif Conan mulai secara diam-diam menyelesaikan kasus-kasus senior Mouri dari balik layar dengan keahliannya yang luar biasa.


2. Zankyou no Terror.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Zankyou no Terror merupakan serial anime yang digarap pada tahun 2014. Film anime ini menceritakan tentang Nine dan Twelve, dua anak laki-laki di belakang sosok Sphinx yang bertopeng. Mereka berdiri kuat dalam dunia penipuan yang rahasia. Keduanya menaklukan kota untuk mengubur kebenaran tragis tentang kehidupan mereka sendiri.


3. Magic Kaito.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Magic Kaito menceritakan Kaito Kuroba, putra pesulap terkenal dunia, Touichi Kuroba. Anime ini tayang sampai 12 episode oleh TSM Entertainment.

Berpengalaman dalam seni tipu daya, Kaito sering mengganggu kehidupan orang-orang di sekitarnya dengan trik dan lelucon yang mencolok. Tetapi ketika Kaito secara tidak sengaja menemukan lorong tersembunyi di rumahnya, ia menemukan pakaian yang mungkin menjadi penyebab kematian ayahnya delapan tahun lalu.

Dengan mengenakan pakaian yang tak sengaja ia temukan itu, ia pun mencoba untuk mengetahui lebih banyak tentang ayahnya. Ia juga mencari Pandora Gem yang konon dapat memberikan keabadian. Akan tetapi, dia bukan satu-satunya orang yang mengincar Pandora Gem tersebut.

Memanfaatkan boneka tiruannya, penyamaran, dan pistol berbentuk kartu, Kaito berangkat untuk mencuri perhiasan yang paling berharga di dunia dan mengungkap kebenaran di balik kematian ayahnya.


4. Beautiful Bones-Sakurako's Investigation.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Beautiful Bones-Sakurako's Investigation adalah anime detektif yang menceritakan tentang Detektif Sakurako, yang dapat memecahkan misteri pembunuhan. Sakurako dapat memecahkan kasus pembunuhan dengan melihat dan merasakan tulang korban.

Di lain sisi, ada Shoutarou Tatewaki yang mana di perjumpaan pertamanya merasakan hal berbeda dengan Sakurako. Ia pun menemukan bakat terpendamnya. Bersama dengan Sakurako, keduanya pun memecahkan banyak insiden yang terjadi di sekitar mereka.


5. Danganronpa: The Animation.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Danganronpa adalah salah satu anime detektif terbaik yang patut kamu tonton. Pastikan kamu menonton Dangranronpa dari seri pertama di tahun 2013 karena anime ini memiliki beberapa seri.

Anime ini menceritakan tentang Hope's Peak Academy, sekolah menengah elit yang hanya menerima siswa paling berbakat. Siswa yang lolos akan menerima gelar unik mereka sendiri, sesuai dengan keterampilan dan sifat mereka.

Dari lima belas kandidat yang diterima di sekolah khusus tahun itu, Makoto Naegi adalah siswa yang sepenuhnya biasa yang diterima secara kebetulan, dengan julukan 'Keberuntungan Tingkat Sekolah Super Tinggi'.

Naegi dan teman-teman sekelasnya pada awalnya sangat gembira karena dipilih untuk belajar di institusi bergengsi ini, tetapi perasaan bahagia ini berumur pendek. Mereka harus berurusan dengan kepala sekolah aneh yang mengharuskan mereka untuk membunuh teman sekelasnya sebagai syarat dari kelulusan.


6. Phycho Pass.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Anime terbaik selanjutnya ada Psycho Pass. Anime ini mulai rilis pada 2012 lalu. Psycho Pass berkisah tentang Akane Tsunemori, seorang wanita muda dengan keinginan jujur untuk menegakkan keadilan.

Namun, ketika dia bekerja bersama veteran Enforcer Shinya Kougami, dia segera mengetahui bahwa penilaian Sistem Sibyl tidak sesempurna yang diasumsikan rekan Inspekturnya.

Dengan segala sesuatu yang dia ketahui, Akane bergulat dengan pertanyaan tentang apa sebenarnya keadilan itu, dan apakah keadilan itu bisa ditegakkan melalui penggunaan sistem yang sekarang sedang berjalan.


7. Ghost Hunt.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Ghost Hunt menceritakan tentang pemburu hantu yang bernama Taniyama Mai. Saat di sekolah, Taniyama Mai dan teman-temannya suka bertukar cerita hantu. Rupanya, ada gedung sekolah yang ditinggalkan di tempat mereka yang merupakan pusat cerita hantu.

Selama bercerita, mereka disela oleh sosok laki-laki misterius. Orang itu ternyata adalah Shibuya Kazuya, yang merupakan presiden Perusahaan Riset Psikis Shibuya. Dia dipanggil oleh kepala sekolah untuk menyelidiki kisah-kisah seputar gedung sekolah yang ditinggalkan.

Keesokan harinya, dalam perjalanan ke sekolah, Mai melewati gedung sekolah yang dimaksud. Saat memeriksa kamera aneh yang dilihatnya di dalam, dia dikejutkan oleh asisten Kazuya.

Tanpa sadar Mai merusak kamera dan membuat asisten Kazuya terluka. Kazuya dengan paksa meminta Mai untuk membayar kamera dan menggantikan asistennya yang terluka. Sejak saat itu, Mai mulai belajar tentang dunia paranormal dan profesi berburu hantu.


8. UN-GO.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Berikutnya ada serial anime UN-GO yang menceritakan tentang keadaan Jepang saat masa terpuruk karena kekalahan perang. Dalam masa depan dystopian, Detektif Shinjuurou Yuuki memecahkan misteri di seluruh Tokyo.

Dibantu oleh rekannya yang aneh, Inga, wawasan Shinjuurou dan kecerdikan dalam memecahkan kasus menyebabkan banyak misteri terpecahkan dan tertangkapnya para penjahat. Namun, rekannya tampaknya memiliki beberapa niat lain yang lebih menyeramkan bagi orang yang mereka tangkap, serta kebenaran identitas dan motivasi asisten Shinjuurou penuh kerahasiaan.


9. Shinrei Tantei Yakumo.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Shinrei Tantei Yakumo adalah anime detektif yang bercerita tentang seorang siswa misterius bermata merah bernama Yakumo Saito. Dengan mata merahnya itu, memungkinkannya untuk melihat dan berkomunikasi dengan roh orang mati.

Yakumo bersama rekannya, Haruka, membantu memecahkan misteri mengenai masalah roh-roh tersebut. Mereka menggali rahasia yang terkubur dan menemukan banyak bukti tentang mayat yang kasusnya sedang digali.


10. Kindaichi Shounen no Jikenbo.

Anime Detektif Terbaik © 2020 brilio.net

foto: myanimelist.net



Hampir sama dengan kisah Detektif Conan, kisah ini menceritakan Hajime Kindaichi, seorang siswa SMA Fudo yang sangat jenius namun tidak gemar dengan matematika. Walaupun masih remaja, bisa dibilang ia adalah seorang detektif yang sangat misterius.

Dengan bantuan sahabatnya, Miyuki Nanase, dan inspektur khusus Isamu Kenmochi, Hajime melakukan perjalanan ke pulau-pulau terpencil, kota-kota yang tak menyenangkan, lautan yang tak karuan, dan lingkungan aneh lainnya. Misi hidupnya adalah untuk mengungkap kebenaran di balik beberapa misteri paling licik, melelahkan, dan mengganggu yang pernah dihadapi dunia.


Reporter: Hameda Rachma