Brilio.net - Tinggal menghitung hari masyarakat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sejak saat ini masyarakat mulai mempersiapkan menyambut hari raya. Bukan hanya makanan yang menjadi khas, tapi juga pakaian yang akan digunakan di momen tersebut.

Meskipun ini tahun kedua perayaan Lebaran dilaksanakan berbeda karena pandemi Covid-19, namun tak membuat masyarakat melewatkan untuk membeli pakaian baru. Mereka tentu ingin terlihat cantik meski Lebaran di rumah saja.

Setiap jelang Lebaran, tren fashion pun terus berubah. Tak sedikit masyarakat yang ingin mengikuti tren tersebut. Co-founder #Markamarie, Franka Soeria mengatakan bahwa setiap tahunnya tren fashion selalu berganti, apalagi jelang Lebaran seperti ini. Masih dalam suasana pandemi, Franka mengatakan bahwa prediksi Lebaran 2021 ini masyarakat lebih mencari outfit yang simple.

"Karena di rumah aja, mereka cari bahan yang adem. Kalau modelnya beragam, mulai dari tunik hingga sarimbit juga masih banyak yang suka," ujarnya kepada brilio.net saat ditemui usai acara final ModestFFFund baru-baru ini.

Lantas seperti apa yah detail tren fashion untuk Lebaran tahun ini? Berikut rangkumannya, Rabu (12/5).

1. Busana Sarimbit

Outfit yang akan tren di Lebaran 2021 © 2021 brilio.net foto: Instagram/@kamiidea

Sarimbit atau pakaian family set hingga saat ini masih digemari oleh masyarakat. Pasalnya banyak keluarga yang ingin terlihat senada saat foto bersama keluarga.

2. Busana warna basic

Outfit yang akan tren di Lebaran 2021 © 2021 brilio.net foto: Instagram/@amicoid

Warna basic bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin tampil sederhana dan tidak mencolok. Kamu bisa pakai kemeja polos oversized sehingga nyaman digunakan.

3. Bahan plisket

Outfit yang akan tren di Lebaran 2021 © 2021 brilio.net foto: Instagram/@kamiidea

Plisket kembali diminati pada tahun 2021 ini, mulai dari hijab, atasan dan juga bawahan. Di hari raya tahun ini atasan plisket juga bisa kamu gunakan untuk mempercantik penampilanmu di hari raya. Aksen plisket pada outfit yang kamu gunakan bisa memberi kesan mewah pada penampilan kamu.

4. Tunik motif

Outfit yang akan tren di Lebaran 2021 © 2021 brilio.net foto: Instagram/@shiera_official

Bagi kamu yang senang dengan outfit longgar dan panjang, tunik bisa jadi pilihan. Mengingat sudah memasuki summer season, Lebaran tahun ini lebih banyak tunik dengan motif bunga.

5. Tunik ruffle

Outfit yang akan tren di Lebaran 2021 © 2021 brilio.net foto: Instagram/@raline_collection

Aksen ruffle pada pakaian bisa memberi penampilan lebih mewah dan memberi ilusi tubuh cukup berisi. Tunik bisa jadi pilihan bagi merek yang enggan mengenakan dress atau gamis.

6. Motif printing

Outfit yang akan tren di Lebaran 2021 © 2021 brilio.net foto: Instagram/@vanillahijabcatalog

Saat ini sudah banyak sekali desainer lokal yang menggunakan motif print pada setiap koleksinya. Warna-warna dari motif printing biasanya lebih ke warna-warna soft sehingga cocok digunakan oleh anak muda ataupun orang tua.

7. Flatshoes

Outfit yang akan tren di Lebaran 2021 © 2021 brilio.net foto: Instagram/@charleskeithofficial

Dikarenakan Lebaran di rumah saja, masyarakat memilih tampil sederhana dalam outfitnya. Untuk alas kaki sendiri, tren Lebaran tahun ini lebih mengarah ke flatshoes yang lebih santai. Namun bagian ujung flatshoes ini bukan lancip melainkan kotak. Flatshoes model ini lebih membuat penggunanya merasa nyaman dan juga fashionable.

8. Sling bag mini

Outfit yang akan tren di Lebaran 2021 © 2021 brilio.net foto: Instagram/@charleskeithofficial

Sling bag ini hingga saat ini masih digemari oleh masyarakat. Sling bag dengan aksen rantai berwarna emas banyak disukai karena memberi kesan mewah pada tas tersebut.