atrk

Penting nggak? Mengenal apa itu floor plan dalam sebuah produksi film

FAMOUS.ID - Proses produksi film memiliki perjalanan panjang yang harus disiapkan. Salah satu bagian yang cukup penting adalah floor plan. Aspek ini merupakan sebuah perencanaan dalam proses pra-produksi agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam tim produksi. Kali ini, Studio Antelope akan membahas mengenai apa itu floor plan dalam produksi film dalam video terbarunya.

Floor plan merupakan dokumen denah set shooting yang disusun saat proses pra-produksi yang akan digunakan sebagai panduan ketika syuting. Dengan adanya floor plan, proses syuting akan berjalan lebih rapi dan tersusun sesuai rencana.

Ada beberapa macam jenis floor plan dilihat dari isinya. Jenis pertama adalah floor plan untuk divisi kamera yang berisi denah penempatan kamera dan lighting di dalam set. Kemudian ada floor plan untuk divisi directing yang menampilkan penempatan dan pergerakan aktor dalam set. Selain itu, ada juga denah floor plan gabungan yang berisi denah penempatan kamera, lighting, dan penempatan aktor.

Untuk meminimalisir kesalahpahaman, biasanya sebuah floor plan dilengkapi dengan berbagai penjelasan denah, seperti nama karakter, jenis lampu, properti, jenis shot, angle, dan juga penempatan lampu dan kamera.

Tertarik belajar tentang dunia film? Simak penjelasan lengkapnya dalam video di halaman ini Famous People! (nfl)

Filmmaker harus tahu! Kenali alat perekam suara dalam produksi film
Wajib tonton! Rekomendasi 5 film pendek dari para kreator Indonesia
Mau belajar editing? Ini 3 tahapan dasar dalam proses editing film!
Tips Cinematografi, Pahami Jenis-Jenis Shot Ini Dalam Pembuatan Film!
Menengok Wajah Asli Ibu Kota Dalam Film "Balik Jakarta"

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0

LATEST UPDATE

MORE

VOTED BY YOU