Brilio.net - Pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan secara jarak jauh, mulai dari belajar online, bekerja dari rumah, hingga aktivitas jual beli. Dampak lain, tidak sedikit perusahaan yang kolaps, bahkan tutup. Akibatnya, gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tak bisa dihindari.  

Dalam situasi yang tidak menentu seperti sekarang, banyak orang yang akhirnya memilih banting setir, mencari penghasilan melalui internet. Nah cara dapat uang lewat internet ini banyak jalannya, mau sebagai uang tambahan atau penghasilan yang bersifat jangka panjang.

Tidak perlu repot-repot keluar rumah, cukup duduk manis di hadapan laptop, komputer atau smartphone. Kamu hanya perlu menemukan cara yang tepat. “Jika kini penghasilan per bulan terlalu sedikit, kamu tak perlu bermuram durja karena ada banyak pilihan usaha terbaik saat Covid-19," ujar Setiady dari Cryptoharian.

Berikut enam peluang bisnis yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lewat internet.

1. YouTube

Loading...

Cara dapat uang selama pandemi © 2020 brilio.net@yans_brilio

Sudah bukan rahasia lagi jika kini YouTube menjadi platform populer yang bisa digunakan masyarakat untuk menghasilkan uang. Berdasarkan data We Are Social, ada sekitar 88% penduduk Indonesia yang menggunakan YouTube. Dari sejumlah 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, 132 juta orang menggunakan YouTube.

Kesempatan mendapat keuntungan dari platform ini terbuka lebar. Hanya saja, kamu perlu memiliki penunjang lain seperti kamera atau smartphone dengan kualitas kamera yang bagus, laptop dengan spesifikasi tinggi untuk mengedit video, serta memiliki kreativitas.

Agak repot dan butuh modal yang cukup memang. Namun, penghasilan dari YouTube ini juga tak main-main. Banyak YouTuber yang kini sudah bisa membeli barang-barang mewah dari platform ini. Kamu bisa mulai dari hal-hal simpel, seperti review barang, trik bermain game, membagi resep atau vlog keseharian. “Jika dilakukan dengan gigih, penghasilan dari media tersebut akan sangat menggiurkan," kata Septiady.

2. Instagram

Cara dapat uang selama pandemi © 2020 brilio.net@yans_brilio

Instagram menjadi media favorit sebelum YouTube lebih populer saat-saat ini. Dari media sosial satu ini, lahir selebgram dan influencer yang sekarang kita kenal. Bukan hanya terkenal, mereka juga menjadi kaya berkat Instagram. Umumnya mereka mendapatkan penghasilan dari hasil endorse.

Nah, lewat selebgram ini para online shop bisa memakai jasa selebgram atau influencer untuk mempromosikan produk. Hanya saja, ada biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa mereka dan itu cukup tinggi.

Solusi lain, buatlah konten Instagram semenarik mungkin yang dapat mengundang banyak followers. Tidak harus menjadi selebgram atau influencer, membagikan tips atau hasil fotografi menarik juga.

3. Dropshipper

Cara dapat uang selama pandemi © 2020 brilio.netyakkyofy.com

Menjadi dropshipper adalah cara yang tepat bagi kamu yang tidak memiliki modal namun ingin mendapatkan uang. Bagi yang tidak tahu, dropship adalah cara penjualan namun barang yang dijual sendiri masih berada di tempat penjual tangan pertama. Jadi, kamu hanya perlu menjualkan produk dari online shop atau penjual, tak perlu memasok barang sendiri yang butuh modal besar.

Kamu bisa menjadi dropshipper barang-barang darurat atau sangat diperlukan dalam situasi seperti ini, misalnya masker, hand sanitizer atau lainnya. “Guna mendapatkan hasil memuaskan, masyarakat bisa menjadi dropshipper. Barang akan dikirim langsung ke pelanggan kamu oleh penyedia produk tersebut. Cukup mudah dan praktis karena dropshipper tidak perlu menyediakannya terlebih dahulu,” jelas Septiady.

4. Cryptocurency

Cara dapat uang selama pandemi © 2020 brilio.netnews.bitcoin.com

Nah ada nih cara dapat uang terbaik lewat internet yang bersifat jangka panjang yaitu dari investasi bitcoin ketika harga di bawah Rp 100 juta. Angka tersebut terbilang aman karena tingkat kerugian sangat minim. Namun perlu kesabaran jika berbisnis memakai metode ini.

Dalam hal ini, Cryptoharian tidak menyarankan jika kamu ingin buru-buru mendapatkan penghasilan dari metode ini. Sebab, orang-orang yang melakukan metode ini untuk investasi jangka panjang. Sebelum terjun, pastikan kamu mengetahui aturannya secara detail.

5. Jasa titip di situs e-commerce

Cara dapat uang selama pandemi © 2020 brilio.netmega.onemega.com

Jika memiliki kartu kredit, kamu bisa membuka jasa titip beli barang di situs luar negeri. Barang-barang dari luar negeri ini banyak sekali peminatnya. Namun mereka kesulitan mendapatkannya karena proses untuk membelinya sangat rumit.

Dengan membuka jasa titip barang-barang luar negeri, kamu membantu mereka mendapat barang incaran, sekaligus kamu mendapat untung dari sana. Sebenarnya, layanan jasa titip ini juga dilakukan untuk barang-barang dalam negeri, namun peminatnya tidak begitu banyak.

6. Jual foto

Cara dapat uang selama pandemi © 2020 brilio.net@yans_brilio

Kalau kamu seorang fotografer atau hobi memotret yang punya hasil jepretan cantik, jangan cuma disimpan saja di folder. Kamu bisa menjual hasil jepretan di situs-situs seperti Shutterstock, Flickr, Pixabay, Unsplash dan lainnya. Keuntungannya cukup lumayan sebagai tambahan pemasukan selama pandemi Covid-19 ini.

“Tidak harus fotografer terkenal, orang yang memiliki hobi foto pemandangan maupun produk dengan kualitas bagus dapat mencoba peruntungan ini. Umumnya, hasil penjualannya ditransfer via Paypall maupun sarana penyimpanan lainnya," kata Septiady. 

Nah itulah enam cara dapat uang lewat internet yang bisa kamu lakukan selama pandemi Covid-19, silahkan dicoba deh.

RECOMMENDED BY EDITOR