Brilio.net - Pernah mengalami kehabisan uang padahal akhir bulan masih jauh? Kalau pernah, kemungkinan besar perencanaan keuangan belum rapi atau ada kesalahan di dalamnya.

Meski bisa dialami siapa saja, masalah ini lebih sering mengintai mereka yang baru menghasilkan uang sendiri. Perasaan senang mendapat gaji di awal bulan kadang bikin lupa diri hingga mengabaikan apa yang seharusnya penting dan juga kebutuhan masa depan.

Saat saldo di ATM sudah tipis, baru deh, sadar diri dan merasa bersalah. Jangan dibiarkan karena, masalah ini bisa berakibat buruk jika tidak diatasi.

Biar tidak terulang, harus ada kontrol diri dan perencanaan keuangan yang lebih baik. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa foya-foya menikmati hasil kerja keras.

Foya-foya tanpa merasa bersalah ada rahasianya. Apa saja itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/10).

1. Bagi budget dengan metode 50;30;20.

bank jago_kv istimewa

foto: shutterstock.com

Metode ini dikenalkan senator Amerika Serikat Elizabeth Warren lewat buku bertajuk All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan. Inti dari metode ini adalah membagi pendapatan menjadi tiga bagian besar.

Pertama, 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari dan tagihan wajib. Kedua, 30 persen untuk hiburan dan keinginan lain seperti skincare, staycation, dan beli minuman boba.

Terakhir, metode ini mengharuskanmu menyisakan 20 persen penghasilan untuk disimpan. Baik dalam bentuk tabungan, dana darurat, atau modal investasi.

2. Tunaikan semua kewajiban.

bank jago_kv istimewa

foto: shutterstock.com

Biar foya-foya aman tanpa penyesalan, pastikan sebelumnya sudah menunaikan semua kewajiban. Seperti sudah disebut dalam metode 50/30/20, bagian paling besar dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tagihan. Mulai dari belanja bulanan, bayar tagihan listrik, sewa kos, hingga cicilan.

Selain bertanggung jawab, menyelesaikan kewajiban di awal juga akan menghindarimu dari kerugian seperti bayar denda sehingga uangnya bisa digunakan sebagai budget tambahan untuk foya-foya.

3. Manfaatkan fitur otomatisasi.

bank jago_kv istimewa

foto: shutterstock.com

Supaya perencanaan dan pengendalian keuangan jadi semakin mantap, kamu bisa coba manfaatkan fitur Rencanakan di dalam aplikasi Jago yang dimiliki Bank Jago.

Otomatisasi yang ada di dalam fitur Rencanakan ini akan membantu kamu menyelesaikan transaksi rutin seperti tagihan listrik dan air bulanan, isi pulsa, transfer uang, dan berbagai transaksi lain. Kamu juga bisa mengatur jadwal transaksi rutin, baik itu setiap minggu, bulan, tahun atau sesuai waktu yang ditentukan. Fitur Rencanakan juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menabung secara lebih teratur dan konsisten dengan transfer otomatis.

Kamu juga bisa mengatur tingkat otomatisasi transaksi dengan otomatisasi penuh atau semi-otomatis. Pembayaran otomatis juga bisa dihapus pada kemudian hari jika preferensi berubah.

Kalau sudah pakai fitur Rencanakan dari Jago, kamu bisa bebas berfoya-foya karena nggak ada lagi kata telat bayar kewajiban atau menabung.

4. Berburu tawaran menarik untuk kebutuhan rutin.

bank jago_kv istimewa

foto: shutterstock.com

Berburu tawaran menarik untuk kebutuhan rutin bakal bikin lebih hemat sekaligus mendapat berbagai keuntungan. Salah satu contohnya seperti transfer uang ke berbagai rekening bank yang berbeda yang terlihat sepele namun ternyata memakan banyak biaya admin.

Terlebih, transfer ke rekening orang tua, top up e-wallet, dan lainnya sering jadi kebutuhan rutin. Untuk itu, nggak ada salahnya memanfaatkan tawaran menarik seperti yang dihadirkan Jago.

Aplikasi yang mempermudah pengaturan keuangan ini bakal bikin kamu lebih hemat. Bagaimana tidak? Saat memakai Jago kamu akan langsung mendapat banyak keuntungan. Mulai dari gratis biaya admin bulanan, gratis biaya transfer antar bank dan top up e-wallet hingga 25x per bulan, hingga tidak ada minimum setoran awal.

5. Siapkan dana darurat.

bank jago_kv istimewa

foto: shutterstock.com

Terakhir, sebelum foya-foya jangan lupa untuk siapkan dana darurat. Uang simpanan ini berguna membiayai kebutuhan saat kondisi darurat yang tidak tahu kapan akan terjadi.

Dengan memiliki dana darurat, saat kondisi mendesak tiba kamu tidak perlu menggunakan dana kebutuhan sehari-hari atau investasi. Biar aman, pisahkan dana darurat dari rekening sehari-hari agar tidak terpakai.

Itu tadi rahasia cara berfoya-foya tanpa rasa bersalah yang bisa kamu terapkan dalam keseharian. Jangan ragu untuk memanfaatkan aplikasi keuangan seperti Jago yang mempermudah mengelola uang.

Apalagi, Bank Jago sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Uangmu juga akan aman karena Bank Jago merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Selain itu, Jago menggunakan teknologi terdepan untuk melindungi keamanan dari login dan transaksi seperti autentikasi dua faktor, autentikasi biometrik, dan pengaturan notifikasi. Klik di sini untuk download aplikasi Jago agar bisa segera menikmati kemudahan mengelola uang dalam satu genggaman.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR