Brilio.net - Utang dan kehidupan adalah ibarat dua sahabat yang nggak terpisahkan. Hampir semua manusia pernah punya utang, perusahaan-perusahaan, bahkan negara pun punya utang. Jika utang personal besarnya mungkin hanya kisaran jutaan hingga ratusan juta, beda dengan jumlah utang sebuah negara yang bisa sampai ratusan triliun rupiah jika dikonversi dalam mata uang Indonesia.

Kamu nggak akan nyangka deh, ternyata dalam daftar 10 negara dengan rasio hutang tertinggi yang dirilis oleh World Economic Forum (WEC) pada akhir 2015 lalu terdapat nama-nama negara maju yang sepertinya kuat secara ekonomi. Hmm, kamu pastinya juga penasaran kan, Indonesia masuk nggak ya dalam sepuluh negara tersebut? Langsung saja, ini daftar yang brilio.net lansir dari WEC, Rabu (20/4) :

1. Amerika Serikat

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Nggak nyangka, negara super power yang seolah punya dana nggak terbatas apalagi di bidang militer ini punya rasio utang 104,5 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Bahaya nih!

Loading...

2. Bhutan

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Negara kecil di Asia ini punya rasio hutang 110,7 persen dari PDBnya.

3. Siprus

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Krisis di Yunani ikut berdampak pada kondisi keuangan di Siprus. Rasio utang negara yang bergantung pada kreditor internasional ini sebesar 112 persen dari PDB.

4. Irlandia

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Negara asal Boyband legendaris Westlife ini punya rasio utang 122,8 persen dari PDBnya. Tapi Irlandia di jalan yang tepat keluar dari utang yang menumpuk karena sukses melaksanakan refinancing utang di bidang perbankan.

5. Portugal

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Negara asal pesepakbola Cristiano Ronaldo ini punya rasio 128, 8 persen dari PDBnya.

6. Italia

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Negeri sepakbola ini nggak disangka-sangka punya rasio utang sebesar 132,5 persen dibanding PDB negerinya. Angka itu merupakan angka terbesar kedua di Eropa

7. Jamaika

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Tingginya tingkat kejahatan, korupsi dan pengangguran membuat lambat pertumbuhan ekonomi di negeri rastafara itu. Jamaika harus mereformasi sistem pajak untuk bisa memperkecil ratio utang yang sebesar 138,9 persen dari PDB.

8. Lebanon

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Negeri tujuan wisata ini punya rasio utang sebesar 139,7 persen dari PDBnya.

9. Yunani

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Negeri para Dewa ini perekonomiannya hampir kolaps dan harus berutang luar biasa besar. Rasio utang sebesar 173,8 persen dari PDBnya harus dikurangi denga cara-cara yang ekstrim.

10. Jepang

Utang Gedhe © 2016 brilio.net

Nggak nyangka banget kalau Jepang ternyata dalam puncak daftar negara dengan rasio utang terbesar dunia dengan 243,2 persen dari PDBnya. Standard & Poor, salah satu lembaga pemeringkat kredit terbesar dunia bahkan memangkas rating Jepang pada bulan September dan mengubah prospek dari stabil menjadi negatif.

RECOMMENDED BY EDITOR