Brilio.net - Wisuda biasanya akan menjadi momen membahagiakan bagi kebanyakan orang. Karena momen ini, adalah saat yang paling ditunggu-tunggu ketika seseorang sedang menempuh suatu pendidikan. Oleh karena itu, momen wisuda biasanya akan mengundang orang tua atau keluarga untuk merayakan bersama.

Namun, tak semua orang bisa merayakan momen wisuda bersama keluarga dan orang tercinta karena suatu alasan. Seperti kisah santri cilik yang dibagikan oleh akun TikTok @safarvia19 pada (30/8) lalu.

Santri wisuda tak didampingi ibu TikTok

foto: TikTok/@safarvia19

Dalam video yang berdurasi 10 menit tersebut tampak seorang santri cilik yang bernama Muhammad Sulton Mahroby sedang diberi kesempatan untuk maju naik ke atas panggung guna menjalani prosesi wisuda sebagai santri. Pada awalnya ia dites membaca kitab kuning dan berhasil membacanya dengan lancar oleh sang pembawa acara.

Santri cilik yang akrab dipanggil Roby ini pun menjadi pusat perhatian, terutama saat sang pembawa acara menanyakan keberadaan ibunya. Namun, jawabannya justru membuat semua orang di tempat itu menjadi terharu.

Santri wisuda tak didampingi ibu TikTok

foto: TikTok/@safarvia19

“Ibunya datang?” tanya sang pembawa acara kepada Roby.

“Ibu tidak datang, sudah meninggal,” jawab Roby.

Bahkan, yang semakin membuat haru, ternyata dalam prosesi wisuda santri Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur tersebut, sang ayah juga tidak hadir untuk mendampingi Roby. Kemudian pembawa acara berusaha menghubungi sang ayah melalui sambungan telepon.

"Roby, sehat ya nak. Terima kasih ustaz, alhamdulillah. Roby, ayah minta maaf ya nak jika ayah malam ini tidak bisa hadir di acara wisudanya Roby karena ada kesibukan di luar kota. Roby baik-baik ya, nak," kata sang ayah melalui telepon.

Santri wisuda tak didampingi ibu TikTok

foto: TikTok/@safarvia19

Perjuangan Roby terus menjadi perhatian karena selama ini ia hanya didampingi oleh ayahnya M Yusuf Danial, yang merupakan seorang anggota Dewan Kabupaten Pasuruan.

Sontak, video unggahan tersebut mendadak viral dan hingga saat seperti yang telah brilio.net lansir dari akun TikTok @safarvia19, Sabtu (3/9) ini sudah ditonton sebanyak 4,4 juta kali dan menuai lebih dari 3.400 komentar beragam dari warganet. Banyak yang turut mendoakan dan juga mengapresiasi semangat mengaji Roby meski sudah ditinggal sang ibu.

Santri wisuda tak didampingi ibu TikTok

foto: TikTok/@safarvia19

"masyaa Allah anak pintar anak sholeh,terharu campur sedih kasihan dan tak terasa, sabar y ganteng," tulis pemilik akun @wartytiny.

"Ya Allah gak kuat lihatnya, jadi menangis .....soleh anak ganteng.... penyelamat org tua," komentar akun @dheva_cikdut123.

"ya Allah beruntung almarhumah ibunda punya anak Soleh, barakallah ya nak sing sabar nak sehat bahagia sll," ungkap pemilik akun @tryuniasih83 yang ikut bangga dengan Roby.

"terharu,, air mata q sampai netes,, moga si roby selalu sabar dn selalu jd ank yg shaleh," doa dan harapan dari akun @ameelia_putri.

@safarvia19 suara asli - safarudinadjah11

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR