Brilio.net - Air merupakan kebutuhan yang paling penting bagi kehidupan makhluk hidup. Tanpa air, semua makhluk hidup di bumi akan mati. Selain untuk minum ataupun mengolah makanan, banyak hal lainnya yang bisa didapat dari air, misalnya seperti mandi, mencuci pakaian atau peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat manusia harus menjaga lingkungannya agar air bersih tetap ada.

Di daerah Lembah Klang dan Selangor, Malaysia sudah beberapa hari ini mengalami krisis air bersih lantaran pencemaran minyak dari sebuah kilang. Hal ini pun menjadi masalah serius bagi masyarakat daerah tersebut. Masyarakat terpaksa membeli air bersih dari pasar ataupun menumpang di saudara ataupun teman yang rumahnya tidak krisis air.

Di tengah situasi krisis air, muncul video viral yang menunjukkan seorang pegawai restoran sedang mengambil air hujan yang menggenangi di pinggir jalan. Pegawai restoran yang diketahui lelaki tersebut pun mengambil genangan air hujan dan kemudian diwadahkan di sebuah ember.

Video tersebut pun seketika menuai reaksi dari warganet. Sebagian besar warganet curiga perihal tujuan lelaki tersebut mengambil air hujan. Video berdurasi satu menit tersebut sudah dilihat 75,6 ribu warganet dan dibagikan sebanyak 2,6 ribu.

"Aku tidak tahu restoran mana. Semoga beruntung bagi pelanggan mereka," ujar @Duurianne pada Sabtu (5/9).

 

Meski belum diketahui secara pasti tujuan si pegawai restoran tersebut dalam mengambil air hujan yang tergenang di jalanan. Namun warganet mengaitkannya dengan krisis air yang melanda Lembah Klang dan Selangor. Warganet meresahkan kebersihan di restoran tersebut, terlebih jika air tersebut digunakan untuk memasak ataupun mencuci peralatan dapur.

Pekerja restoran ambil air hujan Berbagai sumber

foto: mstar

Dilansir dari mstar, sebelumnya juga viral video dua pegawai restoran yang sedang membersihkan peralatan memasak dengan air bekas hujan yang tertampung di jalanan. Bahkan restoran tersebut seketika ditutup sampai waktu yang belum ditentukan karena melakukan pelanggaran. Kaitan antara dua kejadian tersebut pun menuai reaksi dari warganet.

"Ni klu minum nii automatik jadi tikus jadian," tulis @izzashafie.

"Ni baru street food... literally," tulis @99Hazwan.

"bila bukak kedai makan takleh buat camni kotor. kalau kena report auto tutup," tulis @hzqqyym.

"Basuh pinggan pun takkan pakai ayaq hujan dah lopak atas jalan. Kalau tadah takpa lagi," tulis @AhmvdSyvfiq.

"Macam nak husnudzon. Untuk basuh lantai or cebok bontot kot," tulis @Syamilrafee.