Brilio.net - Saat melihat binatang besar seperti gajah sedang melintas di jalan, sikap yang seharusnya dilakukan adalah tetap tenang dan tidak menciptakan kebisingan yang dapat mengganggu mereka. Bersikap panik dan melakukan provokasi dapat menyebabkan gajah merasa terancam.

Baru-baru ini, ada sebuah insiden di mana seekor gajah menyerang sebuah mobil di Jalan Raya Timur-Barat Gerik, Perak, Malaysia. Dilansir brilio.net dari malaymail.com, Rabu (5/8), insiden mengerikan tersebut terjadi pada Minggu (02/08) pukul 19.00 waktu setempat. Dalam video yang beredar, tampak seekor gajah yang marah dan menginjak sebuah mobil.

Usut punya usut, kejadian itu bermula ketika sang gajah sedang berada di tengah jalan, menghalangi lalu lintas. Namun tiba-tiba sebuah mobil dari belakang memutuskan untuk membunyikan klakson mereka. Setelah mendengar klakson, gajah marah dan mulai menginjak kap mobil yang berisikan lima penumpang tersebut.

gajah injak mobil Facebook

foto: Facebook/Info Roadblock JPJ/POLIS

Hal ini diketahui dari penuturan seorang pengendara motor yang mengetahui insiden tersebut dari salah satu korban.

“Inilah yang terjadi, ketika gajah berada di tengah jalan mereka menghentikan mobil mereka. Tapi tiba-tiba sebuah mobil di belakang mulai membunyikan klakson. Gajah kemudian bangkit dan mengamuk, menginjak kap mobil," kata pengendara motor tersebut.

Pria yang tak disebutkan namanya itu juga menambahkan bahwa kelima penumpang tersebut selamat dan lari.

"Lima dari mereka cukup beruntung untuk keluar dari mobil dan lari, meninggalkan mobil mereka," tambahnya

Menurut penuturan pria tersebut, lima penumpang mobil tadi harus menumpang kendaraan lain dan berhenti di rest area Puncak Banjaran Titiwangsa. Istri dari pengendara mobil bahkan menangis ketika melihat mobilnya dihancurkan oleh sang gajah.

gajah injak mobil Facebook

foto: Facebook/Info Roadblock JPJ/POLIS

Kepala Kepolisian Distrik Gerik, Zulkifli Mahmood, membenarkan insiden itu ketika dihubungi. Dia mengatakan kendaraan mengalami kerusakan kecil akibat insiden itu.

"Namun, tidak ada korban," ujar Zulkifli.

Sementara itu, direktur Departemen Satwa dan Taman Nasional (Perhilitan) Perak, Yusoff Shariff mengatakan staf telah dikirim ke lokasi untuk penyelidikan dan pemantauan lebih lanjut. Dia juga menyarankan pengendara untuk tetap tenang, jangan panik dan menahan diri dari melakukan provokasi yang dapat menyebabkan gajah merasa terancam. Pengemudi juga diingatkan untuk bersabar sambil menunggu gajah menyeberang jalan.

gajah injak mobil Facebook

foto: Facebook/Info Roadblock JPJ/POLIS

“Saran saya adalah jika Anda melihat gajah di tengah jalan, pengemudi harus bersabar. Jangan gunakan lampu sinar tinggi, jangan membunyikan klaksonmu dan yang terpenting, jangan mencoba mengusir gajah," kata Yusoff.

Rupanya insiden antara gajah dan manusia ini bukanlah yang pertama di daerah tersebut. Pada bulan April 2018 lalu, seekor gajah jantan merobohkan pagar logam di puncak Banjaran Titiwangsa hingga menyebabkan pengunjung berlari ketakutan.

Video berdurasi 55 detik ini di unggah oleh akun Facebook Info Roadblock JPJ/POLIS. Berikut video selengkapnya :