Brilio.net - Kebarakan hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah kawasan di Sumatera dan Kalimantan memberikan banyak dampak. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan sebaran asap bahkan sampai ke negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura.

Banyak sekolah yang diliburkan dan jadwal penerbangan telah dibatalkan, dialihkan hingga ditunda. Dilansir dari earthobservatory.nasa.gov, merujuk dari pantauan satelit Nasa terlihat gambar asap melayang di atas pulau-pulau di Kalimantan. Adanya asap ini dapat menganggu kesehatan.

Adanya berita tentang kabut asap yang berbahaya, mereka yang sering berada di luar rumah disarankan untuk mengenakan penutup wajah atau masker khusus. Cara ini untuk mengurangi polusi atau partikel udara yang berbahaya dihirup hidung.

Tapi bagaimana jika tidak ada masker yang sesuai?

Kebingungan dan keterbatasa masker membuat orang bisa mencari cara alternatif dengan kreativitasnya. Seperti yang dilakukan seorang pria Malaysia. Dilansir brilio.net dari worldofbuzz pada Rabu (18/9), potret pria menggunakan bra atau dalaman wanita untuk melindungi wajahnya dari kabut mendadak viral di media sosial.

Loading...

masker bra Malaysia chinapress

foto: chinapress

Pada foto terlihat separuh wajahnya ditutupi oleh satu sisi bra. Bra terlihat melekat pada helmnya, sementara bagian tengah diikat dengan aman oleh tali helm. Foto itu pun beredar luas melalui WhatsApp dengan caption yang cukup nyeleneh. Foto pria unik ini membuat banyak orang tertawa di tengah-tengah kondisi kabut.

masker bra Malaysia chinapress

foto: chinapress

"Kabutnya buruk. Jaga keamanan teman-teman! Ingatlah untuk memakai pelindung."

Melihat viralnya foto pria tersebut, membuat seorang penghuni Twitter memposting sebuah tweet untuk mengklarifikasi penggunaan masker yang benar. Masker sebelah mana yang berfungsi untuk melindungi pernapasan dari kabut dan masker mana yang sebenarnya hanya memiliki sedikit pengaruh terhadap cuaca berbahaya ini.

Menurut unggahan tersebut, masker yang paling efektif melawan kabut asap dikenal sebagai N95. Jenis masker ini memberikan segel ketat hampir lengkap di sekitar hidung dan mulut, sehingga hanya memungkinkan udara masuk melalui filter. Kamu mungkin merasa agak sulit untuk bernapas saat mengenakannya, tetapi itu justru menjadi pertanda baik dan masker bekerja secara efektif.

RECOMMENDED BY EDITOR