Brilio.net - Kisah bayi yang tertukar usai melahirkan di rumah biasanya hanya ada di sinetron. Namun kejadian tak biasa itu kini benar-benar terjadi di dunia nyata. Kejadian ini terjadi pada pasangan suami istri asal Malaysia.

Wanita dengan nama Siti Suriani Wahiddin membagikan kisah tentang anak pertamanya yang tertukar di rumah sakit. Lewat siaran langsung akun Facebook-nya, wanita yang dikenal dengan nama Siti Jamumall mengetahui sang anak tertukar dengan bayi lain saat sudah pulang dan bahkan sudah sampai di rumah.

Dalam siaran video langsung, Siti Jamumall menjelaskan bahwa yang dia lahirkan adalah bayi laki-laki di sebuah rumah sakit swasta di Shah Alam, dini hari (02.36) pada tanggal 11 Juni. Kemudian pihak rumah sakit mengizinkan ia dan bayinya untuk pulang ke rumah keesokan harinya pada 12 Juni.

Namun sesampainya di rumah ada keanehan pada bayi itu, karena pada label yang ada di kaki bayi itu nama ibu yang tertulis bukan namanya. Setelah mengetahui ha itu, Siti Jamumall langsung menghubungi rumah sakit.

"Kami segera menghubungi rumah sakit,” kata Siti Jamumall seperti dikutip oleh brilio.net dari World of Buzz, Selasa (15/6).

Label nama ibu di kaki bayi itu bisa ketahuan setelah ada niat dari suami Siti Jamumall, untuk memotong label itu.

“Ketika kami kembali ke rumah, suami saya ingin membuang label yang ada di kaki bayi itu. Dia hampir membuangnya. Untung dia membaca label nama dan ketika dia melihat nama ibu di label itu, dia menyadari itu adalah nama yang berbeda," tutur Siti.

Saat berangkat ke rumah sakit bersama ayah mertua dan suaminya, Siti kembali melakukan live Facebook dan membagikan momen itu. Siti berharap dapat mengembalikan bayi itu dengan selamat ke ibu kandungnya dan mengambil kembali anak kandungnya.

viral bayi tertukar bak di sinetron Berbagai sumber


foto: World of Buzz

Setibanya di rumah sakit, suami dan ayah mertuanya ke informasi dan menyampaikan bahwa terjadi insiden bayi tertukar. Setelah berkomunikasi dengan staf informasi, Siti berhasil dipertemukan kembali dengan anaknya dan sudah sempat dibawa pulang juga.

Ibu dari anak yang dibawa Siti pun tidak menyadari hal tersebut. Bahkan, Siti dan ibu dari anak yang dibawanya telah saling memberikan asi pada bayi yang tertukar tersebut.

"Saat ibu (dari bayi yang dibawa Siti) datang, matanya bengkak karena menangis. Kedua matanya bengkak. Dia sudah sayang pada anak ini dan merasa sedih karena mereka harus mengembalikannya. Aku terdiam, tak bisa berkata-kata," curhat pengusaha asal Malaysia itu.

Meski tertukar, keduanya sepakat tak akan ada masalah. Hal ini disebabkan terjadi karena sama-sama lalai.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama netizen yang mendoakan anaknya ditemukan kembali. Siti juga menganggap kejadian tersebut memiliki hikmah di baliknya.

"Saya bahkan tidak ingin marah tentang apa pun. Prioritas saya anak saya waktu itu… ada hikmah yang bisa dipetik dari kejadian ini,” kata Siti.