Brilio.net - Pengguna media sosial Facebook saat ini sedang diramaikan dengan viralnya fenomena 'ketik #RAN' di kolom komentar. Jika hal itu dilakukan dibilang bisa memunculkan gambar ular melata di layar handphone.

"Mau lihat ular berjalan diatas telfon kalian harus LIKE SHARE trus ketik #RAN di komentar. Ingat (like and share kalau gak dia gak bisa muncul) Ayo geli -geli dimana gitu," tulis akun Nirmala Ningsih dikutip brilio.net, Selasa (25/7).

Postingan itu mendapatkan lebih dari 270 ribuan like dan telah dibagikan sebanyak 169 ribuan kali. Tak hanya itu, bahkan kolom komentar pun penuh dengan netizen yang menuliskan '#RAN'.

Lalu apakah benar jika mengetik #RAN di kolom komentar FB benar-benar bakal muncul ular di layar handphone? Ternyata itu hanya bohong-bohongan. Nggak tahu sengaja atau buat lucu-lucuan tetapi yang jelas banyak netizen yang tertipu.

ular di hp istimewa

Sementara, beberapa pengguna Facebook lain telah menyadari jika itu hanya bohongan. Mereka coba mengingatkan netizen lain yang sudah terlanjur tertipu.

"Bohong," komentar pemilik akun Lhai Muchtar Nasution.

"Hahahaha mau aja di modusin... ini mah ada di aplikasi play store juga hahaha," timpal pemilik akun Vannyy Chee Vinoyy.

ular di hp istimewa

Nah, jadi gimana caranya memunculkan ular di layar handphone?

Memunculkan ular di layar handphone dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store. Salah satunya adalah 'Snake On Screen Hissing Joke' yang dikembangkan oleh Just4Fun Entertainment.

Jika kamu menginstall aplikasi berukuran 7,63 MB ini maka dapat memunculkan animasi realistik ular piton dengan fungsi time delay, di mana dapat diatur interval waktunya. Sampai berita ditulis, aplikasi ini telah diunduh lebih dari satu juta kali dengan rating 4.4.

Adakah sobat Brilio ada yang jatuh ke perangkap 'ketik #RAN'?

Reporter: Noval Rumangun