Brilio.net - Bagi wanita yang sudah dewasa dan sudah masuk periode menstruasi, maka wajar rasanya bila masa menstruasi hadir setiap bulannya. Namun ternyata nggak semua wanita mendapatkan masa menstruasi yang rutin setiap bulan. Siklus haid yang nggak teratur ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor kondisi tubuh.

Dilansir brilio.net dari my.clevelandclinic.org, haid yang tak teratur sendiri bisa disebabkan oleh pikiran stres, pola hidup nggak sehat, penggunaan pil KB, dan masih banyak penyebab lainnya. Siklus haid yang tak teratur biasanya masih terhitung normal jika selama 45 hari.

Namun berbeda dengan yang dirasakan salah satu pengguna TikTok dengan akun @ria.wnp. Pemilik akun ini membagikan lewat video TikTok bahwa dia sudah mengalami kejadian aneh, yaitu dia tak bisa haid hingga 10 bulan. Sungguh nggak wajar rasanya bila seorang wanita nggak bisa merasakan haid hingga 10 bulan, karena itu waktu yang sangat lama.

tak bisa haid 10 bulan TikTok

foto: TikTok/@ria.wnp

Loading...

Keanehan ini membuat sang pemilik akun @ria.wnp jadi penasaran dan ingin melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Momen pemeriksaan itu jadi sangat menegangkan bagi sang pemilik akun karena memang mulai sejak SMP siklus haidnya tak teratur, namun belum pernah sampai 10 bulan seperti sekarang.

tak bisa haid 10 bulan TikTok

foto: TikTok/@ria.wnp

Hasil pemeriksaan dari tim tenaga kesehatan yang dikunjungi, ternyata sang pemilik akun @ria.wnp dinyatakan mengidap penyakit Polycystic ovary syndrome (PCOS). Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, menjelaskan bahwa PCOS adalah sindrom atau kumpulan gejala menyerang indung telur yang membantu proses pelepasan sel telur.

tak bisa haid 10 bulan TikTok

foto: TikTok/@ria.wnp

"Dan setelah diperiksa dokter, ternyata aku kena PCOS :') JUJUR AKU LEMES BGT SAAT ITU tapi aku yakin aku bisa laluin ini semua

Untuk semua wanita yg mungkin merasakan hal sama seperti aku, menstruasi tidak teratur, bisa cepet ke dokter spog yah," tulis @ria.wnp di akhir videonya, seperti dilansir brilio.net pada Kamis (19/11).

Gejala yang muncul pada penderita PCOS sendiri bervariasi, namun yang paling umum adalah tidak teraturnya siklus haid. Penyebabnya sendiri adalah genetik, kadar hormon laki-laki yang terlalu besar, hingga peradangan di sistem reproduksi.

Hingga berita ini ditulis, video viral tentang tak bisa merasakan haid hingga 10 bulan ini sudah mendapat tombol like hampir 300 ribu dan ditonton nyaris 6 juta kali. Bukan hanya menarik penonton yang banyak, namun juga mendapat berbagai tanggapan dari para warganet TikTok dengan berbagai komentar.

tak bisa haid 10 bulan © 2020 brilio.net

foto: TikTok/@ria.wnp

"semangat kak," tulis akun @Bacool

"kakak harus selalu semangat," tulis akun Ayam Baytutu.

"Kenapa banyak bgt ya ternyata yg kena PCOS, akupun takut soalny galancar jg," tulis akun @Linda Widyastuti.

@ria.wnp

##fyp ##pcos

original sound - Haeya Mitty - MITTY ZASIA

RECOMMENDED BY EDITOR