Brilio.net - Belum lama ini warganet dihebohkan dengan sebuah video yang menampilkan seekor beruang madu dengan kondisi miris. Pada video yang diambil di Lembaga Konservasi Sinka Island Park, Singkawang, Kalimantan Barat itu terlihat beruang madu sedang berdiri di kandangnya. Kondisi tubuh beruang ini terlihat kurus kering sehingga menuai simpati pengunjung.

Rekaman tersebut pertama kali diunggah oleh akun Twitter @adhetya_kidiw. Menurut pengakuan pemilik akun Twitter tersebut, di lembaga konservasi tersebut terdapat tiga ekor beruang madu. Sebanyak dua beruang terlihat sehat dan berada dalam kandang yang sama. Sedangkan beruang kurus kering ini kandangnya dipisahkan.

"Aku gak tau penyebabnya dia dipisah karna apa, dia bisa kurus begini karna apa, karna pas aku disana gak ketemu petugas," ujar akun @adhetya_kidiw.

Pada postingan terpisah, pemilik akun tersebut juga mengunggah foto lain dari beruang madu malang ini. Kondisinya memang sangat memprihatinkan. Jauh dari kebanyakan beruang madu yang biasanya tambun dan berbulu lebat.

Sejak diunggah pada beberapa hari yang lalu, postingan itu mendapat perhatian warganet. Hingga kini video viral tersebut sudah disaksikan lebih dari 280 ribu kali.

Usai viral di media sosial, belum lama ini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat melakukan reaksi cepat untuk menyelamatkan beruang itu. Dilansir dari akun resmi Twitter BKSDA Kalbar, beberapa personel sudah turun langsung ke Sinka Island Park Singkawang untuk melihat langsung kondisi beruang madu yang kurus kering.

 

Pengecekan dilakukan oleh Plh Ka Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang bersama tujuh petugas yang terdari Polhut, pengendali ekosistem hutan (PEH) serta dokter hewan. Mereka meninjau dan memeriksa kondisi beruang madu yang kesehatannya sedang tidak baik tersebut.

"BKSDA selaku otoritas yg menangani Tumbuhan & Satwa Liar serta pembina langsung dari Lembaga Konservasi ini bertindak cepat di lapangan," demikian keterangan BKSDA Kalbar melalui akun Twitter resminya, seperti brilio.net kutip pada Selasa (11/6).

 

Sebelumnya warganet juga menyampaikan simpatinya terkait kondisi beruang madu ini. Menurut mereka, beruang madu yang kurus kering tersebut malah lebih terlihat seperti seekor anjing karena kondisinya.

"Viralin dong ini tweet-nya... sedih vanget," tulis akun @citrachec.

"Miris banget sih liatnya :( beruang kok bisa sampe sekecil dan sekurus itu :((" ujar akun @tathatwt.

"Kasian amat ya... itu tulangnya beuangnya smp keliatan gitu," kata akun @yen_tg.