Brilio.net - Tidak ada yang ingin mengalami nasib naas. Untuk itu, banyak orang yang sering diwanti-wanti untuk selalu berhati-hati menjalani hidup. Namun, nasib malang dapat datang kapan pun tanpa terduga.

Demikian yang dirasakan oleh seorang penjaga sekolah di SD Negeri Lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo. Niat menabung untuk mendaftar naik haji, tapi kejadian naas justru menimpanya. Uang yang ada di celengan tersebut rusak dimakan rayap.

Padahal, penjaga sekolah bernama Samin itu sudah menabung selama 2,5 tahun. Ia menyimpan uang tabungannya di dalam celengan kaleng plastik berwarna hijau. Namun, pria berusia 53 tahun ini memiliki firasat buruk mengenai uang tabungan tersebut. Ia baru mengetahui uang tersebut rusak dimakan rayap ketika ia dan istrinya hendak menghitung uang tabungan tersebut.

"Awalnya saya punya keinginan daftar haji sama istri dan anak-anak, dapat rezeki sedikit demi sedikit saya masukkan ke kaleng. Itu tabungan sejak sebelum pandemi Covid-19," ujar Samin, dikutip brilio.net pada Rabu (14/9) dari Antara.

Pada Selasa (13/9), ia bersama istri hendak menghitung uang yang sudah dikumpulkannya. Saat mengambil celengan tersebut, ia kaget karena rak buku tempat Samin menyimpan celengan dimakan rayap. Kemudian istrinya membuka uang celengan tersebut, tapi muncul rayap dari dalam celengan.

Ketika celengan dibuka, kondisi pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu itu sudah rusak dimakan rayap. Kondisi uang tersebut sobek dan berlubang, bahkan ada yang sudah menjadi potongan kecil.

tabungan haji penjaga sekolah dimakan rayap © TikTok/@buisugotmandum

foto: TikTok/@buisugotmandum

"Saya kebetulan punya dua celengan, yang satu masih utuh karena celengan baru. Kalau yang rusak ini celengan lama, tapi karena sudah penuh saya pakai celengan baru. Yang satu ini isinya sebesar Rp 49,8 juta, kemungkinan celengan yang rusak ini lebih dari itu karena lebih banyak isinya," ucapnya.

(brl/jad)

RECOMMENDED BY EDITOR