Kelakuan pengendara sepeda motor di Indonesia, khususnya di Ibu Kota Jakarta memang kerap menjadi sorotan. Kali ini, sejumlah pengendara sepeda motor nekat putar balik melawan arus di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan. Para pengendara sepeda motor tersebut nekat putar balik diduga karena ingin menghindari tilang dari petugas kepolisian yang sudah menunggu di ujung jalan.

Dalam video amatir yang dibagikan oleh akun Facebook Eris Riswandi, sejumlah pengendara motor tampak bergerumul berusaha putar balik hingga menyebabkan kemacetan yang cukup parah. Perekam video tersebut mengatakan ada sekitar 200 pemotor yang mencoba putar balik di JLNT Casablanca tersebut.

ratusan pemotor di jalan layang balik arah © 2018 facebook

"Pemotor-pemotor yang melewati jalan layang Casablanca. Berusaha putar balik. Jumlah diperkirakan kendaraan sekitar 200 motor," ujar sang perekam video tersebut. Mobil yang melintas pun menjadi terganggu lantaran banyaknya pengendara motor yang berusaha kabur dengan cara putar balik.

ratusan pemotor di jalan layang balik arah © 2018 facebook

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan alasan utama sepeda motor dilarang melintas di JLNT Casablanca adalah masalah keamanan bagi pengendara sepeda motor itu sendiri. Selain itu, angin yang berembus di atas jalan layang juga terlalu kencang untuk pengendara motor.

Polisi sudah berkali-kali menilang pemotor bandel yang melintasi JLNT tersebut. Namun pelanggaran nampaknya masih terus terjadi.