Brilio.net - Beberapa tahun lalu spa ikan sempat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Saking populernya yang menyediakan jasa ini tak hanya tempat spa saja. Jasa spa ikan sampai bertebaran di mana-mana. Tapi tahukah kamu jika sembarangan masuk tempat spa ikan bisa sangat berbahaya?

Inilah yang dialami oleh Victoria Curthoys. Cewek asal Perth, Australia ini harus rela kelima jari kaki sebelah kanannya diamputasi gara-gara ikan pemakan sel kulit mati ini.

Victoria yang sedang melakukan perjalanan ke Thailand pada tahun 2010 kebetulan mencoba salah satu tempat yang menawarkan jasa spa ikan. Dilansir brilio.net dari laman dailymail, ia tertarik karena tempat tersebut terlihat sangat bersih.

spa ikan kaki diamputasi © dailymail.co.uk

foto: dailymail.co.uk

Tapi ternyata salah satu ikan kecil tersebut ada yang terinfeksi bakteri bernama shewanella. Bakteri yang memasuki tubuh cewek 29 tahun ini kemudian membuat dirinya beberapa kali terkena demam.

Setelah demam tersebut, terjadi pembengkakan pada ibu jari kaki sebelah kanannya hingga membusuk. Hingga akhirnya jempolnya tersebut harus diamputasi pada tahun 2012. Tak berakhir di situ, penderitaannya masih belum berakhir. Infeksi yang didapat sebelumnya ternyata menyebar ke jari-jari lainnya. Sehingga tahun demi tahun jari kaki sebelah kanannya harus diamputasi satu per satu.

spa ikan kaki diamputasi © dailymail.co.uk

foto: dailymail.co.uk

Terakhir pada tahun 2017, semua jari kaki kanan telah habis diamputasi. Meski hanya memiliki lima jari kaki, namun Victoria mengaku lebih sehat daripada sebelumnya. Infeksi yang dideritanya sejak tahun 2010 itu membuat hidupnya sangat menderita.