Brilio.net - Budaya pergi ke klinik untuk memeriksakan gigi tampaknya harus mulai digalakkan. Mengingat penyakit yang tak terduga bisa timbul kapan saja. Termasuk penyakit yang bersarang pada bagian gigi atau mulut. Tak hanya karang dan jamur, masalah gigi ternyata bisa merembet kepada penyakit serius seperti tumor.

Remaja berusia 15 tahun di Hangzhou, China ini sakit gigi selama lebih dari setahun. Dikutip brilio.net dari China Press, Jumat (13/9), awalnya ia tersebut tak merasakan pengaruh dari sakit yang ia derita. Namun, setelah satu tahun berjalan, ia baru memutuskan ke dokter gigi.

Setelah dilakukan pemindaian tomografi, ternyata terdapat ameloblastoma. Penyakit tersebut adalah nama lain dari tumor rahang. Tumor tersebut lebih rawan bersarang di rahang bawah dari pada rahang atas.

remaja sakit gigi ternyata tumor China Press

foto: China Press

Loading...

Para dokter melihat rahang remaja telah "dimakan" oleh tumor. Ia menderita kerusakan pada tulang yang sangat parah, sehingga membuat lubang besar.

Dokter menjelaskan walaupun ameloblastoma tumbuh lambat, tumor bersifat sangat invasif dan jika tidak menghilangkan menghilangkan tumor sepenuhnya,tomor bisa tumbuh kembali. Ameloblastoma adalah sejenis tumor yang tidak menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis).

Untungnya, operasi remaja berjalan dengan baik. Sang pasien perlu mendapatkan beberapa implan di kemudian hari agar bisa makan dan hidup normal.

RECOMMENDED BY EDITOR