Brilio.net - Pesan berantai melalui aplikasi chating online tak asing dalam keseharian kita. Aplikasi online ini telah menjadi sarana menyebarkan informasi yang efektif. Tak hanya itu, banyak orang memilih aplikasi chating online karena dinilai cepat dalam menyampaikan informasi.

Seiring pesatnya penggunaan aplikasi online tersebut, berbanding lurus dengan maraknya pesan palsu atau hoax. Beredar kabar mengenai penutupan jalan di Jakarta. Warga Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta menerima pesan berantai (broadcast) melalui beragam aplikasi chating.

Berikut hasil tangkapan layar pesan berantai yang brilio.net lansir dari Twitter @TMCPoldaMetro, Rabu (12/4).

klarifikasi hoax TMC © 2017 brilio.net

foto: Twitter.com/@TMCPoldaMetro

Pesan tersebut berisi sebagai berikut.

"PENGUMUMAN2
Siap- Siap Besok pagi Cawang-Mampang-kalibata-pasar minggu-buncit-Pancoran MAcet Parah..

Jl. JENDRAL GATOT SOEBROTO AKAN DITUTUP SEMENTARA, mulai Sabtu 15 April 2017

Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya akan menutup sementara Jalan Gatot Subroto, tepatnya depan Markas Besar TNI AU di Pancoran. Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Priyanto mengatakan....."

klarifikasi hoax TMC © 2017 brilio.net

foto: Twitter.com/@TMCPoldaMetro

Pihak kepolisian melalui akun resminya mengumumkan kepada khalayak luas bahwa sebaran informasi tersebut merupakan hoax. "Klarifikasi tentang informasi penutupan sementara lalin di TL Pancoran JL Jend Gatot Soebroto hari Sabtu, 15 April 2017 adalah Hoax," tulis akun @TMCPoldaMetro.

Pada cuitan akun Twitter @TMCPoldaMetro tersebut, mendapat reaksi dari netizen bernama Aditya Putra Pradana‏. Pemilik akun @adiputradana berkomentar, "semalam memang di tutup dan di arahkan kearah pasar minggu , lajur kiri depan Graha Irama juga ditutup."

Hal senada juga disampaikan oleh akun @achmadadani82. "setau saya yg di tutup itu pukul 23.00-04.00 (dini hari)."

Sementara itu akun @g4lih80 mengungkapkan rasa terima kasih pada Tim Polda Metro Jaya.  "thx infonya karena aneh masa ditutup jam 06.00 s/d 04.00wib diberita hoaxnya."