Brilio.net - Jujur dan tanggung jawab merupakan salah satu sikap yang sudah diajarkan sejak kita masih kecil. Bukan tanpa alasan, perilaku jujur memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Contohnya orang yang berperilaku jujur akan mudah dipercaya oleh orang dan hidup juga lebih damai.

Selain jujur, manusia juga seyogyanya bisa bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Jika memang berbuat kesalahan, maka jangan enggan meminta maaf terlebih dahulu dan berusaha sebaik mungkin untuk memperbaikinya. Dengan demikian, kamu lebih dihargai oleh orang lain.

Refleksi dari dua sikap tersebut bisa dilihat dari kejadian berikut ini. Seorang pria bernama Indar membagikan pengalaman tak terduganya lewat akun TikTok miliknya. Dalam video tersebut Indar menjelaskan bahwa mobilnya yang sedang terparkir tiba-tiba tertabrak motor dari belakang.

"Kemarin malam ketika mobil di parkir tau" ditabrak motor dari belakang," kata Indar dalam keterangan video.

kembalikan uang ganti rugi © TikTok

foto: TikTok/@skye_86

Dilihat dari cuplikan video, mobil berwarna merah itu memang tampak penyok di bagian belakang mobil, tepatnya di bawah lampu. Selain penyok terdapat goresan yang cukup kentara.

Indar yang mengetahui mobilnya ditabrak pun meminta pertanggungjawaban dari si pengendara motor. Dia pun akhirnya memberikan uang ganti rugi yang ada di dompetnya.

"Saya minta untuk tanggung jawab untuk ganti rugi, dan akhirnya diberikan uang semua yg ada di tasnya," katanya.

kembalikan uang ganti rugi © TikTok

foto: TikTok/@skye_86

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR