Brilio.net - Kebakaran hutan dan lahan di Riau sejak sepekan terakhir menyisahkan banyak cerita. Seperti baru-baru ini publik dihebohkan dengan video seekor ular yang mati lantaran kebakaran hutan di Riau.

Dilansir dari merdeka.com, video yang diunggah oleh Tim Subsatgas Gab II Dim 0302 Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) itu memperlihatkan kondisi ular 'berkaki' yang hangus terbakar. Diketahui, petugas menemui ular tersebut di lahan di kawasan Kelurahan Sekip Hilir, Riau.

"Ditemukan ular berkaki di lahan kebakaran di Kelurahan Sekip Hilir, ini dia kakinya," kata seseorang dalam video tersebut seperti dikutip brilio.net, Jumat (20/9).

Saat ditemukan ular sudah dalam keadaan mati secara mengenaskan dengan seluruh anggota tubuhnya hangus terbakar. Salah satu petugas mengatakan jika ular berkaki tersebut terdapat duri.

ular kaki © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

"Kaya ada duri di belakang, ularnya berduri. Kaya sisik ikan," kata seseorang dalam video tersebut.

Ular yang mati mengenaskan akibat kebakaran lahan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ditemukan dalam puing-puing pohon yang juga hangus terbakar. Ular 'berkaki' di diduga berjenis ular Cobra.

"Kayak Cobra gitu, sepertinya dia melawan itu pas nampak api," sambung petugas di sana.

Tim Satgas Karhutla, menemukan seekor ular berkaki dua mati di area kebakaran lahan. Kondisi hewan melata yang dijuluki ular tengger itu tampak kering akibat api yang membakar semak belukar tempatnya berlindung.

"Iya benar Pak. Ular berkaki dua itu dijuluki ular tengger, mati karena terbakar. Tidak terlalu gosong tapi mengering, karena semak-semak tempatnya tidur terbakar," ujar Kepala BPBD Indragiri Hulu Widodo.

Saat itu, Rabu (18/9) malam, sekitar pukul 20.00 WIB, petugas pemadam api kebakaran lahan menarik-narik ular yang disangka selang air tersebut karena situasi malam hari. Mereka baru sadar ketika yang ditariknya itu dirasa bersisik. Setelah disenter, ternyata yang dipegang adalah ular.

"Setelah disenter memakai alat penerang, petugas kaget terkejut melihat ular yang panjangnya hampir 2 meter itu memiliki kaki di kiri dan kanan. Ada dua kakinya," kata Widodo.

Menurut Widodo, warga sekitar menyebut ular itu dengan nama ular tengger. Warga juga berpendapat ular itu sejenis ular naga yang ada dalam cerita dongeng, namun berukuran kecil.

"Pada bagian punggung ular dengan ukuran sebesar lengan orang dewasa itu juga ditemukan duri kecil," jelas Widodo.