Brilio.net - Pemerintah sudah mencanangkan akan mewajibkan seluruh pembayaran jalan bebas hambatan atau tol menggunakan uang elektronik. Hal ini diharapkan bisa memotong kemacetan di gerbang tol. Pengguna hanya tinggal mendekatkan kartu E-toll ke terminal yang disediakan. Saldo yang berada di kartu tersebut akan secara otomatis berkurang.

Banyak pengendara yang tidak siap dengan kebijakan ini. Tapi ternyata ada juga yang berusaha memanfaatkan celah ini sebagai modus penipuan. Dilansir dari akun Facebook Runny Belle, Kamis (19/10) kejadian ini sendiri terjadi pada tanggal 14 Oktober 2017. Saat itu, dia dan suami memasuki gerbang tol dari arah Puncak, Bogor ke Jakarta.

Awalnya seorang pengendara di depannya meminta untuk meminjam kartu E-tollnya karena kartu miliknya habis. Runny kemudian meminjamkan kartunya tersebut. Namun, sang pengendara tersebut malah menipu dan tancap gas setelah selesai menggunakan kartu tersebut. Sempat terjadi kejar-kejaran antara Runny dan pengendara tersebut. "Lgs Di kejar dong kaya fast and furious ama laki gw, akhirnya dpt jg tuu mbl di tol mau msk ke cikampek," tulis Runny dalam postingan Facebooknya.

 

etol dua kali © 2017 brilio.net
foto: Facebook/@runnybelle


Pengendara tersebut akhirnya mengembalikan kartu E-toll milik Runny. Namun Nahas, saat hendak digunakan kartu yang harusnya masih mempunyai saldo sebanyak Rp 150 ribu itu hanya tinggal Rp 2 ribu saja. "Pertama pegang tuu etoll laki gw dh pny feeling "di tuker nihh" dan benerr aja dong pas kita keluar tol pondok kelapa dan msk lg di tol bintara itu etoll dr 150rb tinggal 2000rupiah," tambah Runny.

 

Postingan Runny tersebut viral dan sudah dibagikan 20 ribu lebih. Runny Belle kepada brilio.net mengatakan bahwa ia hanya ingin mengingatkan pengendara lain. "Pada dasarnya sih saya nggak mau memperpanjang masalah ini ke pihak yang berwajib. Hanya ingin mengingatkan kepada para pengguna jalan saja," katanya.

Banyak warganet yang ikut mengomentari insiden ini.

"Di laporkan aja ke Polisi Mba...mungkin sudah jadi modus baru.." ujar akun Facebook @saeputmarjan.

"Punya mobil kok gapunya saldo e-toll, mending mobilnya dijual buat ngisi saldo e-toll xD," kata akun Facebook @ulfiandriyanti.

"Memang jaman sekarang susah membedain nya niat mau nolong malah kepentung," ucap akun Facebook @lauswiehok.