Brilio.net - Kamu pasti pernah mendengar kehidupan di bawah kolong jembatan atau tol. Ada banyak faktor mengapa orang akhirnya tinggal di tempat yang tidak layak huni tersebut, salah satunya boleh jadi adalah masalah ekonomi.

Di kota-kota besar seperti Jakarta kamu bisa menemukan orang-orang kurang beruntung yang tinggal di kolong tol. Sebagaimana yang dibagikan oleh akun TikTok @melissanugraha berikut ini. Melansir dari akun tersebut, beginilah potret permukiman warga di bawah jalan tol.

pemukiman kolong tol © TikTok

foto: TikTok/@melissanugraha

Dalam video berdurasi 4 menit lebih, sekelompok ibu-ibu dan bapak-bapak tampak menyambangi pemukiman yang berada di bawah jalan tol. Mereka masuk melalui tangga menurun menuju pintu masuk sempit di kolong tol.

Untuk masuk lebih dalam ke pemukiman, orang dewasa harus berjalan sambil menunduk agar kepala tetap aman. Sekitar 5 sampai 7 meter, barulah terdapat permukiman warga.

pemukiman kolong tol © TikTok

foto: TikTok/@melissanugraha

Bangunan tempat tinggal persis berada di bawah jalan tol, sedangkan untuk jalan umum persis di tengah antara jalan tol. Kondisi di sana cukup padat dan ramai. Orang dewasa, lansia, hingga anak-anak, tinggal di permukiman ini.