Brilio.net - Seorang pedagang keliling biasanya akan memanfaatkan kendaraan pribadi untuk berjualan. Apalagi bagi para pedagang kecil yang mengandalkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apabila penjualan sedang sepi, tak jarang pedagang harus putar otak untuk memenuhi kebutuhan harian.

Kendaraan pribadi yang sering dimanfaatkan untuk berjualan adalah motor. Para pedagang tentu harus bermodal bensin terlebih dahulu, namun permasalahan baru akan muncul jika tak ada uang untuk membeli bahan bakar. Seperti kisah yang baru-baru ini viral di media sosial tentang seorang pedagang es yang menukar dagangannya dengan bensin.

Video viral tersebut diunggah oleh pemilik akun TikTok @radenhutagalung pada Rabu (6/7) lalu. Dalam video berdurasi 15 detik tersebut tampak seorang pria paruh baya penjual es loly yang mampir ke sebuah toko kelontong.

Toko kelontong tersebut menjual bensin dengan pom mini di depannya. Kala itu, pria tersebut berniat untuk membeli bensin untuk motornya. Namun karena es yang dijual belum ada yang laku, akhirnya pria tersebut memilih untuk melakukan barter. Ia membeli bensin dan membayar dengan es loly yang dijualnya.

Pedagang es ini tukar dagangannya dengan bensin TikTok

foto: TikTok/@radenhutagalung

"Bu, bisa isi minyak tukar sama es?," kata penjual es seperti dikutip brilio.net, Rabu (13/7).

"Kenapa pak?," tanya pemilik toko.

Penjual tersebut menjelaskan jika es dagangannya belum laku. Dia juga tidak memiliki uang sama sekali.

"Es saya belum ada yang laku, uang saya nggak ada bu," terang penjual es.

"Mau isi berapa pak?," tanya pemilik toko.

"10 saja," timpal si penjual es tersebut.