Orangutan jantan di Borneo, Kalimantan mati mengenaskan. Di tubuhnya ditemukan 130 peluru dari senapan angin. Tak hanya itu, tubuh orangutan itu juga ditemukan banyak luka bacok dan bekas pukulan benda tumpul.

Petugas dan warga menemukan orangutan itu dalam kondisi luka parah. Namun sayangnya orangutan itu tak tertolong lagi saat dalam perawatan oleh tim Center for Orangutan Protection (COP).

v © 2018 brilio.net

Kasus kematian orangutan ini merupakan kasus pembantaian orangutan paling mengerikan. "Ditemukan dari hasil rontgen paling tidak 130 peluru jenis senapan angin. Tapi kami melakukan otopsi hanya mampu mengambil 48 peluru saja. Karena ada beberapa peluru susah ditemukan, baik itu di daging atau tersangkut di tulang," kata Hamdhani, COP Habitat Protection Manager sebagaimana dikutip dari Reuters.

Orangutan adalah spesies yang dilindungi di Indonesia. Keberadaannya makin menyusut dan hampir punah. World Wide Fund for Nature memperkirakan ada 104.700 orangutan Borneo, yang dikenal dengan wajah lebar dan bulu coklat gelapnya.

Loading...
RECOMMENDED BY EDITOR