Brilio.net - Kenangan orang terkasih, termasuk orang tua, umumnya lewat foto dan video. Semua memori indah terabadikan lewat dua medium tersebut dan disimpan rapi, baik dalam perangkat khusus laptop, hard disk, hingga dicetak dalam bentuk album foto. Namun ada cara yang mungkin tidak banyak terpikirkan oleh orang dan momennya kebetulan untuk mengenang orang terkasih, yakni lewat Google Maps.

Riska Ade Cyntiani lewat akun TikToknya @riskacyntia membagikan cuplikan foto mendiang kedua orang tuanya lewat Google Maps. Ya, diketahui foto yang terekam Google Maps itu terjadi pada 2015-2017, yang tak sengaja mengabadikan sosok kedua orang tuanya.

Momen wanita kenang orang tua lewat Google Maps, keharuannya nular TikTok @riskacyntia

foto: TikTok/@riskacyntia

Momen wanita kenang orang tua lewat Google Maps, keharuannya nular TikTok @riskacyntia

foto: TikTok/@riskacyntia


"Terimakasih Google Maps Aku bisa Flashback kala itu Alm. Bapak & Almh. Mama masih ada di sekitar rumah mereka masih sehat,"
tulisnya seperti dilansir brilio.net, Senin (8/8).

@riskacyntia Flashback 2015-2017 Mama Bapak Alfatihah #googlemaps #googlemapstreetview #2015 #2017 suara asli - _

 

Postingan Riska menuai beragam komentar. Tak sedikit yang mengalami hal serupa terkait nostalgia zaman dulu lewat Google Maps.

"bener!!! w jg flashback liat rmh masa kecil lwat gmaps," ujar akun cesung.

Selain itu, juga ada yang ikut terharu jika teringat orang tua.

"gue nangis denger ortu," tulis akun Novita Sari.

"gmaps emang membantu kita kembali ke masa lalu. waktu ibu masih ada :)," tambah akun Manusia Bercerita.

"sama aku juga pernah google alamat di kampung ku,ech ternyata pas di zoom jalan nya ada almh ibu lagi duduk," timpal akun Alisyahnia Store.

Bukan hanya membagikan pengalamannya mengingat kedua orang tua, Riska juga membagikan cara melihat foto-foto lama rekaman Google Maps.

Lewat videonya berjudul "Cara memutar ulang dokumentasi google maps di tahun sebelumnya", Riska bocorkan tahapannya. Mulai mencari alamat pada pencarian, kemudian klik kanan street view, lalu drag tahun sebelumnya. Lantas akan muncul foto-foto rekaman Google Maps dari waktu ke waktu.

@riskacyntia Reply to @tuty918 #googlemaps #googlemapsstreetview My Heart Will Go On (Instrumental) - Jack Ontario Soundorchestra

 

Jadi, Sobat Brilio ingin mencoba nostalgia lewat Google Maps?