Brilio.net - Dalam sebuah pernikahan ada yang namanya akad nikah sebagai prosesi inti. Akad nikah ini dimaknai sebagai perjanjian antara wali dari mempelai perempuan dengan mempelai laki-laki dengan paling sedikit dua orang saksi yang mencukupi syarat menurut syariat agama.

Biasanya momen pernikahan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu dan akan menjadi kebahagiaan bagi kedua pasangan dan keluarga. Namun tidak jarang pernikahan juga bercampur dengan momen pilu dan haru seperti video yang viral di TikTok baru-baru ini.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @shalllllsaaaaa pada 23 Mei 2022. Video yang berdurasi 1 menitan itu merekam momen haru sebuah acara akad nikah sepasang kekasih yang sekilas terlihat diadakan dengan sebagaimana mestinya. Tampak mempelai duduk berdampingan mengenakan pakaian bernuansa hitam dan putih.

"happy for u both," caption yang ditulis pemilik akun dalam video tersebut.

Momen haru akad nikah di depan ibu yang sedang sakit TikTok

foto: TikTok/@shalllllsaaaaa

Namun ada hal yang menjadi sorotan karena kehadiran seorang wanita lanjut usia yang terbaring tak berdaya di dekat mempelai. Belakangan terungkap bahwa wanita itu merupakan ibu dari salah satu mempelai yang saat ini sedang dalam keadaan sakit.

Dalam video tersebut juga terlihat seorang laki-laki paruh baya yang tak lain adalah kakak laki-laki dari mempelai wanita yang menjadi wali dan menikahkan sang adik. Kalimat ijab kabul pun berhasil disampaikan oleh mempelai pria dengan lantang dan dalam satu tarikan napas.

Dengan wajah haru, seorang ibu yang tak lain adalah wanita yang sakit tersebut menyaksikan pernikahan anaknya meski dalam keadaan terpasang alat tabung oksigen disampingnya. Usai mempelai pria selesai mengucap ijab kabul, keluarga yang menyaksikan pernikahan itupun langsung menangis haru.

(brl/lea)