Brilio.net - Pecinta film animasi pasti sudah tidak asing dengan film Up. Animasi hasil kerja sama Disney dan Pixar ini punya cerita yang unik. Menceritakan seorang kakek yang menolak rumahnya digusur untuk pembangunan. Seiring berjalannya waktu, rumah tuanya itu terasing daripada hunian vertikal disekelilingnya.

Ternyata cerita macam itu bukan fiksi semata. Ada juga cerita persis yang terjadi di dunia nyata. Di Malaysia, ada rumah tua yang sering disebut 'rumah keras kepala' oleh masyarakat sekitar. Julukan itu merepresentasikan sang pemilik yang punya sifat keras kepala.

Pengguna Facebook bernama Plani Syafrudin menceritakan, kalau rumah yang terletak di Chow Kit, Kuala Lumpur ini punya seorang nenek bernama Norma. Nenek ini menolak untuk menjual ruma tuanya kepada pengembang untuk dijadikan bangunan ruko.

rumah keras kepala © berbagai sumber

foto: cari.com.my

Loading...

Berbagai cara dilakukan oleh pengembang, namun Norma bersikeras menolak ambil kesepakatan. Akhirnya, rumah tua yang disebut telah berdiri sejak 1926 itu berdiri di antara bangunan tinggi.

Disebutkan kalau Norma menolak tawaran pengembang karena rumah itu punya nilai sentimentil yang tinggi. Jika dijual, rumah itu akan digusur dan digantikan oleh bangunan lain. Namun sayangnya, nenek ini meninggal.

"Selama bertahun-tahun, banyak upaya dilakukan untuk meyakinkan Nenek Norma untuk menjual rumah sampai akhirnya dia meninggal. Pada 2013, penerusnya terpaksa membiarkan rumah itu dilepaskan," tulis akun Plani Syafrudin, seperti brilio.net lansir dari postingannya pada Kamis (26/9).

rumah keras kepala © berbagai sumber

foto: cari.com.my & Facebook/hermanplani.man

Meski demikian, rumah tua itu tidak begitu saja digusur. Meski statusnya dijual kepada pengembang, namun rangka-rangka rumah itu dibeli Menteri Pariwisata Malaysia.

Kemudian, 'rumah keras kepala' ini direlokasi dengan struktur aslinya ke National Art Gallery of Malaysia di Kuala Lumpur. Rumah itu kini berdiri kokoh persis seperti saat pertama kali dibangun pada 1926 lalu.

RECOMMENDED BY EDITOR

Banyak versi cerita dari rumah tua milik Norma ini. Namun memang, keras kepalanya orang yang sudah sepuh menolak rumahnya digusur itu sangat mirip dengan cerita film Up. Hanya saja, 'rumah keras kepala' tidak terbang dengan ratusan balon yang terikat di atapnya.