Brilio.net - Kejadian lucu terjadi di Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu (2/9) lalu. Dua orang wisatawan diduga berasal dari China dengan lahap menyantap hidangan yang disiapkan sebuah keluarga untuk jamuan sesudah ibadah Kebaktian umat Kristen. Usut punya usut, turis tersebut mengira bahwa rumah yang sedang mengadakan ibadah itu rumah makan.

Peristiwa yang sontak bikin ger-geran tersebut diunggah oleh akun Sulut Community dan menjadi viral di media sosial setelah dibagikan lebih dari lima ribu kali. Dari tiga foto yang dibagikan, mereka terlihat mengambil makanan yang tersedia di meja keluarga itu dan membaur dengan para jemaat yang telah selesai kebaktian. Setelah selesai makan, kedua turis ini akan membayar, namun tuan rumah menolaknya.

Turis makan  © 2017 Facebook.com/Sulawesi Utara Community

"Lagi viral di dumay manado saat ini. Wisatawan asia nyasar di ibadah Kolom. Dorang pe kira Restoran,karna patah di bahasa jdi langsung makan sama2,selesai makan mo bayar pa tuan rumah tapi tuan rumah nda ambe tu doi,cuma bilang deng bahasa isyarat bahwa ini ada ibadah. Ini baru bilang, ~Torang Samua Basudara~," tulis akun tersebut dalam caption foto yang dibagikannya seperti dikutip brilio.net, Senin (4/9).

Turis makan  © 2017 Facebook.com/Sulawesi Utara Community

Warganet pun ramai mengomentari kiriman tersebut. Ada yang ngakak namun banyak juga yang merasa itu bukti sikap toleransi dari warga Manado.

"Luar biasa Ini baru bilang saling mengasihi dan berbagi berkat. Diberkati keluarga yg menerima turis tsb. Biarkan dia bawa cerita ini di negara mereka, bahwa manado saling baku2 sayang, baku bae,dan baku bantu," tulis Michael Eddy.

"Salah satu keajaiban kota Manado.... Semua bersaudara... Dikota itu tak memandang suku, ras,agama... Smua baku sayang.... Cmn dimanado dulu pernah liat ada remaja gereja baku bantu ba cor bangun mesjid.... Luar biasa.... Hai Indonesia... Berkaca di Manado Jo... Ngoni... Biar paham apa itu bhinneka tunggal Ika," sambung Agung X-Riders.