Brilio.net - Menunaikan ibadah haji merupakan rukun Islam kelima. Bagi para muslim, ibadah haji jadi penyempurna ibadah. Sehingga, bagi umat Islam yang mampu akan melaksanakan ibadah haji ke Mekah.

Oleh sebab itu setiap umat Islam akan berusaha agar dapat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Seperti kisah pria ini yang sudah berusaha untuk mengumpulkan dana dan mendaftar. Namun, dia gagal berangkat naik haji.

Raut wajah sedih dan pasrah terlihat dari pria tersebut. Ia sudah menanti selama tiga tahun karena tertahan pandemi Covid-19. Namun, kini peraturan usia yang ditetapkan sudah berubah.

"Sudah menunggu 3 tahun penantian pasca covid. Ternyata Allah berkehendak lain. Peraturan pemerintah Saudi yang hanya memberangkatkan maksimal usia 65thn. Itu artinya hanya ibu yang berangkat," demikian keterangan di video tersebut.

pria gagal berangkat haji karena batas usia © TikTok/@ririnnadhi30

foto: TikTok/@ririnnadhi30

Video yang diunggah oleh pemilik akun @ririnnadhi30 tersebut viral di TikTok. Pemerintah Arab Saudi membuat peraturan baru mengenai batas usia jemaah haji, yaitu maksimal 65 tahun. Hanya sang istri yang dapat berangkat melaksanakan ibadah.

Dalam momen tersebut, pria ini hanya dapat mengantarkan istrinya untuk berangkat haji. Dari balik gerbang, ia hanya dapat memantau istri.

"Di sudut gerbang beliau hanya bisa memantau ibu selamat sampai titik kumpul," tulisnya, dikuti brilio.net pada Rabu (15/6).