Brilio.net - Bagi orang yang memiliki penghasilan lebih dengan kesibukan padat, biasanya akan menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART). Orang-orang ini menggunakan jasa ART guna membantu mereka mengurus rumah yang tidak bisa dikerjakan sendiri.

Saat memperkerjakan ART tentu akan ada aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi. Namun jika ada majikan menerapkan banyak aturan yang terkesan mengekang tentu akan menyulitkan sang ART. Seperti yang terlihat pada video viral saat seorang perempuan Singapura menunjukkan dia membuat 12 aturan untuk pembantunya.

Dalam video Instagram yang diunggah oleh akun Instagram @sgfollowsall pada 26 Mei lalu, majikan tersebut mengeklaim bahwa dia hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk menulis 12 aturan untuk ART-nya di papan tulis. Dalam papan tulis putih itu, si majikan juga menuliskan bahwa peraturan itu dapat diubah kapan saja.

"Saya butuh 45 menit untuk menulis semua peraturan ini dan yang harus dilakukan oleh pembantu. Bisakah saya juga melakukan panggilan random saat kamu tidak sibuk?" ungkapnya.

Majikan tulis 12 aturan untuk ART © Instagram

foto: Instagram/@sgfollowsall

12 Aturan untuk ART yang ditulis majikan di papan ini meliputi larangan, kewajiban, dan permintaan. Berikut adalah 12 aturan yang ditulisnya tersebut.

1. Dilarang menggunakan hp saat jam kerja kecuali majikan yang menelpon.
2. Dilarang membukakan pintu bagi orang asing.
3. Dilarang keluar rumah tanpa izin.
4. Selalu menjaga kebersihan rumah.
5. Mandi setelah masak dan sebelum tidur.
6. Menggunakan hp hanya saat malam hari usai anak tidur (maksimal 1 jam)
7. Tidak boleh mengunci kamar.
8. Jangan boros air dan listrik.
9. Tidur paling larut yakni pukul 21.30-22.00 dan bangun pukul 07.00 pagi.
10. Menjaga kebersihan diri.
11. Harus berada di area yang terjangkau oleh kamera ketika majikan tidak ada di rumah, kecuali untuk mandi atau melakukan pekerjaan rumah tangga.
12. Dilarang menyalakan AC tanpa izin.

Majikan tulis 12 aturan untuk ART © Instagram

foto: Instagram/@sgfollowsall