Brilio.net - Beberapa waktu lalu, publik Tiongkok diramaikan dengan misteri hilangnya tisu toilet di sebuah toilet umum di wilayah kota Yibin, provinsi Sichuan, China. Tisu toilet yang menjadi fasilitas umum tersebut seringkali menghilang secara tiba-tiba. Para petugas kebersihan pun kerap menerima komplain terkait tisu yang selalu habis di toilet tersebut. Kendati demikian, misteri hilangnya tisu toilet umum inipun akhirnya berhasil terpecahkan.

Misteri ini akhirnya terpecahkan setelah para pekerja memeriksa rekaman kamera pengawas atau kamera CCTV yang terpasang di tempat tersebut. Hasil rekaman CCTV menunjukkan kehadiran beberapa penduduk lokal yang mengambil tisu toilet dalam jumlah banyak. Dalam video rekaman CCTV tersebut, tampak warga setempat masuk ke kamar mandi umum pada pukul 5 pagi.

Masuk ke kamar mandi, merekapun tampak berdiri di depan dispenser tisu toilet, lalu mengambil tisu dalam jumlah yang tak terkira. Tak hanya satu orang, tetapi ada tiga orang berbeda yang terlihat datang ke toilet umum tersebut khusus untuk mengambil tisu yang tersedia di sana. Pelaku pencurian tisu tersebut diketahui adalah seorang pria dan dua orang wanita.

Orang kepergok curi tisu toilet © 2019 shanghai.ist

foto: shanghai.ist

Loading...

Video pencurian tisu toilet ini pun memunculkan kemarahan publik Tiongkok. Banyak yang menyayangkan sikap orang-orang tersebut karena mencuri tisu dari toilet umum.

Sementara itu, sejumlah kota lain di China sudah mulai menerapkan dispenser toilet yang dilengkapi dengan sistem pendeteksi wajah di toilet umum mereka. Fitur pendeteksi wajah ini bekerja untuk mengenali wajah seseorang yang mengambil tisu toilet.

Masing-masing orang hanya bisa mengambil tisu dalam jumlah tertentu. Orang yang sudah mengambil tisu dari dispenser toilet tersebut kemudian tidak akan bisa mengambil lagi dalam jangka waktu tertentu.

Meski terdengar aneh, namun sistem ini dinilai cukup efektif terutama untuk mewujudkan efisiensi penggunaan tisu toilet oleh masyarakat umum.

RECOMMENDED BY EDITOR