Brilio.net - Pengendara sepeda motor di Indonesia, khususnya di Ibu Kota Jakarta seringkali menjadi sorotan. Banyak yang menganggap jika pengendara sepeda motor di sana adalah pengguna jalan yang paling sering melanggar peraturan.

Misalnya mulai dari menerobos lampu merah, parkir sembarangan, hingga menggunakan jalur TransJakarta (busway).

Baru-baru ini ada sebuah video yang diunggah oleh seorang netizen bernama Citra Palupi menunjukkan betapa tidak disiplinnya para pengendara sepeda motor di Jakarta.

Dalam rekaman tersebut, puluhan pengendara motor tampak memanfaatkan jalur khusus Bus TransJakarta untuk melawan arah menghindari kemacetan.

kelakuan pengendara motor di jalur busway © 2017 instagram

kelakuan pengendara motor di jalur busway © 2017 instagram

Namun sayangnya, puluhan pengendara tersebut malah terjebak di busway ketika Bus TransJakarta lewat di depan mereka. Mereka terlihat kebingungan.

Parahnya lagi, seorang pengendara malah terlihat menyuruh supir bus untuk menyingkir, padahal jelas-jelas itu adalah jalur untuk bus TransJakarta.

kelakuan pengendara motor di jalur busway © 2017 instagram

Dari video itu, terdengar juga beberapa penumpang TransJakarta meluapkan kemarahannya. Mereka meneriaki para pengendara motor yang melanggar tersebut.

 

A post shared by citra palupi (@citra_piencie) on

Unggahan Citra Palupi itu pun langsung menjadi viral. Tak sedikit netizen yang ikut geram melihat tingkah laku pengendara sepeda motor di Jakarta itu.

Padahal menurut pasal 287 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengendara sepeda motor yang masuk jalur busway bisa dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Namun rupanya ancaman tersebut tak membuat para pelanggar takut. Kebiasaan buruk ini seolah sudah menjadi hal yang lumrah. Mereka semakin nekat ketika pelanggaran dilakukan secara berjamaah.

Nah, kalau menurutmu gimana nih guys?