Brilio.net - Setiap agama pasti memiliki tempat ibadah yang menjadi tempat suci bagi umatnya. Tak salah jika semua umatnya berusaha untuk menjaga dan melindungi tempat-tempat suci tersebut. Namun sayangnya, ada beberapa segelintir orang yang justru merusak tempat ibadah tersebut dengan mengatasnamakan sebuah agama.

Tindakan segelintir orang-orang tersebut tak hanya menodai sucinya suatu agama, namun juga menelan korban yang tak bersalah. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber kisah-kisah pilu tersebut juga pernah mewarnai 5 tempat ibadah terkenal di dunia ini, Sabtu (6/1).

1. Candi Borobudur, Indonesia.

kisah pilu tempat ibadah  © 2018 berbagai sumber

foto: wikipedia.org

Aksi pengeboman yang dilakukan oleh kelompok teroris yang dipimpin oleh Husein Ali Al Habsyie di Candi Borobudur pada tahun 1985 meninggalkan cerita pilu bagi bagi bangsa Indonesia. Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia yang masuk dalam jajaran 7 keajaiban dunia, candi tersebut juga digunakan umat Buddha untuk merayakan hari besar tertentu. Peristiwa tersebut terjadi karena adanya isu SARA yang mewarnai Indonesia saat itu, akibatnya 9 stupa yang berada di Candi Borobudur mengalami kerusakan parah.

 

2. Templo Mayor, Meksiko.

kisah pilu tempat ibadah  © 2018 berbagai sumber

foto: wikipedia.org

Templo Mayo merupakan bangunan berbentuk piramida yang terletak di ibu kota kerajaan Aztec yaitu Tenochtitlan yang kini lebih dikenal dengan Mexico City. Bangunan tersebut merupakan tempat ibadah bagi warga Aztec yang menganut agama dari para leluhur mereka. Tahun 1520 sebuah peristiwa keji menodai bangunan suci tersebut, ribuan warga tak berdosa yang sedang merayakan salah satu hari besar keagamaan mereka di bantai oleh para penakluk dari Spanyol. Tak cukup sampai disitu, bangunan tersebut juga dihancurkan. Kini tempat tersebut sudah dibangun sebuah gereja Katolik.

 

3. Masjid Agung Aleppo, Suriah.

kisah pilu tempat ibadah  © 2018 berbagai sumber

foto: istimewa

Suriah memiliki sebuah masjid bersejarah yang sudah berdiri sejak abad ke 8, masjid tersebut bernama Masjid Agung Aleppo. Tak hanya bersejarah, masjid tersebut juga dihormati oleh dua agama besar yaitu Islam dan Kristen. Dalam masjid tersebut tersimpan jasad Nabi Zakaria ayah dari Nabi Yahya yang menurut umat Kristen disebut Yohanes pembaptis. Tahun 2013 lalu, akibat serang bom pada perang saudara di Suriah mengakibatkan menara masjid yang berusia 925 tahun itu runtuh.

 

4. Patung Buddha Bamiyan, Afganistan.

kisah pilu tempat ibadah  © 2018 berbagai sumber

foto: wikimediacommons.com

Patung Buddha Bamiyan merupakan situs bersejarah unik yang dibangun pada abad ke 6 masehi, patung ini dipahat secara langsung di sebuah dinding batu yang tinggi. Patung tersebut menjadi tempat pemujaan bagi umat Buddha, namun sayang pada abad ke 21, patung tersebut dihancurkan dengan menggunakan dinamit peledak oleh militan Taliban. Aksi ini pun mendapat kecaman dari berbagai belahan dunia dan seluruh umat dari berbagai agama,

 

5. Kuil Somnath, India.

kisah pilu tempat ibadah  © 2018 berbagai sumber

foto: tourwalker.com

Kuil Somnath merupakan tempat suci yang digunakan oleh umat beragama Hindu di India. Kuil ini dibangun di Veraval yang diyakini oleh umat Hindu sebagai tempat Sri Krishna yang mengakhiri hidupnya sebagai manusia dan naik ke nirwana. Kuil Somnath menjadi sangat istimewa bagi umah Hindu di India, meskipun sering menjadi sasaran penyerangan umat muslim yang saat itu ingin menguasai territorial India namun bangunan tersebut masih berdiri kokoh hingga sekarang.