Brilio.net - Wisuda adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa tingkat akhir. Perasaan bahagia campur nervous berkecamuk dalam perjalanan menuju tempat upacara wisuda. Semua perjuangan yang dilakukan selama kuliah akan terbayarkan ketika tali topi wisuda dipindahkan oleh rektor dari kiri ke kanan.

Namun belum lama ini, kisah tragis dialami oleh seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Nurul Faqih. Mahasiswa Fakultas Psikologi ini harusnya diwisuda pada Minggu (1/12). Tapi nahas ia lebih dulu meninggal dunia akibat terlibat kecelakaan beberapa jam sebelum upacara wisuda dilaksanakan.

Video detik-detik nama Nurul Faqih dipanggil pada acara wisuda itu viral di media sosial. Seperti yang terlihat pada unggahan akun Instagram resmi UIN Syarif Hidayatullah, @uinjktofficial, beberapa waktu lalu. Kehadiran Nurul Faqih untuk serah terima ijazah harus diwakilkan sang kakak, Imam Rosyadi.

Dalam video itu, terdengar keterangan yang diceritakan oleh MC wisuda bahwa Nurul Faqih meninggal dunia dalam perjalanan menuju ke tempat wisuda.

"Innalillahi wa inna ilaihi roojiun..
Selamat jalan saudaraku Nurul Faqih bin Hasanudin (Fakultas Psikologi), hari ini adalah hari wisudamu, tapi Allah Yang Maha Kasih lebih dulu memanggilmu untuk menghadapNya. Semoga Allah SWT memberikan tempat bagimu di sisiNya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran.
Lahu Alfatihah," tulis akun @uinjktofficial, seperti brilio.net lansir dari unggahannya pada Senin (2/12).

 

Ketika nama Nurul Faqih dipanggil dan sang kakak naik ke atas panggung, peserta wisuda lain melakukan tepuk tangan sebagai penghormatan terakhir untuk Nurul Faqih. Imam berjalan menerima ijazah Faqih dari Rektor UIN Jakarta, Amany Lubis.

Dilansir dari merdeka.com, Kapolsek Ciputat Kompol Endy Mahandika, menerangkan, Faqih meninggal dunia usai motor yang dikendarai bertabrakan dengan motor lain di Jalan Tarumanegara, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, sekira pukul 05.00 WIB. "Kejadian pagi jam 5, adu banteng," terang Endy Minggu (1/12).

Akibat kecelakaan itu, mahasiswa jurusan Psikologi UIN itu tewas di lokasi. Sementara pengendara motor lainnya yang belum diketahui identitasnya itu mengalami luka-luka. "Jenazah dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati," lanjut Endy.